Apa Arti GWS untuk Orang Sakit dalam Bahasa Indonesia?

Sesuai judul, dalam artikel ini kita akan membahas tentang Apa Arti GWS yang sering diucapkan di sosial media maupun sms. Namun sebelumnya kita akan bahas terlebih dahulu mengenai masa remaja dan singkatan bahasa gaul unik lainnya.

Perkembangan jaman yang semakin maju tak hanya membawa perubahan teknologi yang semakin modern. Pasalnya, perubahan jaman yang ada pada masa sekarang juga mempengaruhi kehidupan dan pola pikir manusia menjadi lebih modern. Salah satu bukti yang nyata akibat perkembangan jaman yang semakin modern adalah kehidupan para remaja atau para generasi muda. Jika sudah membahas tentang remaja pasti ada saja tingkah laku mereka yang menjadi pusat perhatian, baik dalam hal positif maupun negatif. 

Masa Remaja: Trend Kata-Kata, Singkatan dan Bahasa

Masa remaja juga disebut-sebut sebagai proses menemukan jati diri. Akan tetapi tidak sedikit dari mereka yang melakukan tindakan-tindakan negatif untuk mendapatkan perhatian ataupun hanya sekedar untuk mendapatkan pengakuan. Salah satu tindakan negatif yang dilakukan oleh remaja adalah, membolos sekolah, mengendarai kendaraan bermotor tanpa SIM (Surat Ijin Mengemudi) mengabaikan nasehat orang yang lebih tua dan bersikap tidak sopan kepada orang tua.

Kemudian, tindakan remaja yang sudah masuk pada tahap yang lebih ekstrim bahkan kriminal seperti tawuran, berjudi, melakukan pesta miras (minuman keras), mengkonsumsi narkoba, balap liar, merampok, mencopet, membunuh dan melakukan tindakan kriminal lainnya. Dari banyaknya para remaja yang ingin mendapatkan perhatian atau pengakuan dengan melakukan tindakan negatif, namun tak sedikit dari mereka yang melakukan tindakan positif dalam bidang prestasi akademik maupun non-akademik. Biasanya, remaja yang seperti ini adalah mereka yang mempunyai pengetahuan dan wawasan yang lebih luas karena mereka cenderung selalu memikirkan serta mempertimbangkan semua resiko dari apa yang akan mereka lakukan. 

Tak hanya ingin mendapatkan perhatian dan pengakuan lewat bidang prestasi, remaja yang berwawasan luas dan mempunyai kepribadian yang baik lebih menyukai membuat kelompok belajar atau membuat kelompok dan komunitas hobi tertentu dalam kegiatan yang positif, seperti komunitas sepeda, komunitas sepeda motor, komunitas skateboard dan lain sebagainya.

Biasanya, menurut para remaja yang memiliki kelakuan buruk mereka menganggap bahwa dirinya keren, gaul dan mengikuti perkembangan jaman. Sementara bagi para remaja tersebut, teman-temannya yang rajin belajar dianggap sebagai remaja yang kurang pergaulan, kutu buku dan lain sebagainya. Padahal, bukan jaminan bahwa remaja yang rajin belajar merupakan remaja yang kurang pergaulan karena banyak remaja yang berprilaku baik yang mengikuti perkembangan jaman, tetapi mereka lebih mengetahui cara memilih dan menyaring apa yang boleh mereka terapkan serta mana yang tidak. 

Beralih ke kehidupan para remaja, semua orang pasti sudah mengetahui bahwa kehidupan para remaja jaman sekarang merupakan kehidupan yang selalu mengikuti trend, mulai dari gaya hidup, cara berpakaian, hobi, selera hingga cara bicara mereka. Ditelisik dari gaya hidup para remaja, terutama remaja-remaja yang ada di negara Indonesia. Jika dilihat kehidupan remaja Indonesia memang mengikuti perkembangan jaman, hal tersebut terlihat dari cara berpakaian mereka yang selalu mengikuti trend berbusana hingga trend item fashion lainnya. 

Pada umumnya, remaja masa kini lebih menyukai budaya barat atau luar negeri jika dibandingkan budaya asli negaranya sendiri. Sebagai salah satu contohnya, kini banyak sekali remaja Indonesia yang menyukai lagu-lagu asing, barang-barang dari luar negeri, makanan yang berasal dari luar negeri atau western dan masih banyak lagi. 

Remaja masa kini sepertinya, selalu mengikuti trend fashion atau item fashion lainnya. Kemungkinan besar mereka tak ingin dianggap sebagai orang yang ketinggalan jaman karena tidak bisa mengikuti trend yang ada. Selain trend fashion, penampilan mereka juga berkiblat dengan trend yang sedang booming untuk saat ini, seperti perempuan yang lebih menyukai rambut pendek, laki-laki yang lebih menyukai rambut panjang, penampilan rambut dengan warna ombre dan lain sebagainya.

Sebenarnya, boleh saja selalu mengikuti trend yang ada dan berkembang saat ini. Namun, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah saring dan sesuaikan dengan kepribadian. Jika hanya sekedar mengikuti trend semata, maka akan terlihat aneh bahkan akan memberikan kesan yang dipaksakan. 

Walaupun demikian, tidak semua remaja yang bersikap acuh dengan kebudayaannya. Ada sebagian dari mereka yang tetap peduli dan terus melestarikan kebudayaan di Indonesia agar tidak direbut dan diakui oleh negara lain. Dan masih ada dari mereka yang tetap menyukai dan menggunakan produk-produk Indonesia.

Gaya Bahasa Remaja

Selain itu, gaya bahasa remaja masa kini menjadi lebih gaul dan terdengar aneh bagi para orang dewasa yang tidak mengetahuinya. Kebanyakan dari mereka mengadopsi bahasa lain dan menyingkatnya, dan ada pula bahasa yang merupakan bahasa Indonesia tetapi dipersingkat dengan menyebut inisial huruf depannya saja. Bahasa gaul tersebut juga banyak dipengaruhi oleh Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Sebelum menjadi bahasa internasional seperti sekarang ini, Bahasa Inggris mempunyai kisah sejarah yang cukup panjang. 

Mengutip informasi dari odebhora.wordpress.com mengatakan bahwa, pada awalnya  Bahasa Inggris merupakan bahasa pertama di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Antigua, Australia dan beberapa negara lainnya serta Bahasa Inggris juga dijadikan sebagai bahasa resmi di organisasi Internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) hingga Komite Olimpiade Internasional. Kemudian, Bahasa Inggris dapat menyebar karena adanya pengaruh politik dan imperialisme Inggris.

Dari sumber informasi yang sama juga dikatakan bahwa, tata Bahasa Inggris mempunyai variasi dalam struktur dan penggunaannya. Namun, hal tersebut tergantung pada tradisi yang digunakan oleh suatu negara yang dipengaruhi oleh bahasa asli dari negara tersebut. Inilah alasan mengapa Bahas Inggris dijadikan sebagai bahasa Internasional : [1]
  1. Inggris merupakan negara yang paling banyak dijajah oleh bangsa lain di seluruh dunia, sehingga banyak negara yang telah menjajah Inggris berbicara bahasa tersebut di negara asalnya
  2. Inggris merupakan salah satu negara yang maju
  3. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang mempunyai tata bahasa yang rapi, lengkap dan mudah untuk dipelajari
  4. Banyak orang lain yang suka bepergian ke luar negeri dan menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi 

Itulah beberapa alasan mengapa Bahasa Inggris mudah diterima oleh masyarakat dunia hingga dijadikan sebagai bahasa Internasional. Namun, tak hanya itu saja alasannya karena dari sumber yang berbeda, yaitu dari pascapbi.uad.ac.id mengungkapkan alasan lainnya mengapa Bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional. Menurut situs tersebut, Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa tertua di dunia. Bahasa ini berasal dari dataran Britania sejak abad ke-8, Bahasa Inggris mempunyai perkembangan kosa kata yang sangat pesat. Kabarnya, menurut tim riset gabungan peneliti Havard University dan Google telah mencatat penambahan kosa kata bahasa tertua di dunia ini, yaitu mencapai 8.500 kata per tahunnya, kini jumlahnya sudah mencapai 1.022.000 kata. Oleh karena itulah, yang menjadi patokan yang layak mengapa Bahasa Inggris dijadikan sebagai bahasa Internasional. [2]

Dengan adanya Bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional, membuat masyarakat dunia termasuk anak-anak dan remaja yang merupakan generasi penerus bangsa Indonesia diharuskan untuk belajar Bahasa Inggris. Hal ini sudah terbukti sangat efesien karena semua lembaga pendidikan di Indonesia telah mengajarkan anak didiknya tentang pelajaran Bahasa Inggris.

Di negara Indonesia, bahasa Inggris dijadikan sebagai salah satu bahasa yang modern. Sebagian dari masyarakat Indonesia juga mengatakan bahwa, hanya orang-orang cerdas sajalah yang bisa berbicara dan berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris. Memang, untuk beberapa orang di Indonesia berbicara menggunakan Bahasa Inggris memang terbilang cukup sulit apalagi mereka yang terbiasa menggunakan logat atau bahasa daerah. Namun, jika mereka mempunyai niat dan ingin berusaha belajar maka bukan tidak mungkin mereka dapat menguasai Bahasa Inggris.

Penggunaan Bahasa di Jejaring Sosial

Seiring dengan perkembangan Bahasa Inggris yang semakin dikenal oleh masyarakat dunia, terdapat beberapa jejaring sosial yang sudah banyak digunakan. Adapun beberapa jejaring sosial yang terkenal adalah, Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Jejaring sosial tersebut mempunyai fungsi yang sama, yaitu dapat digunakan sebagai layanan komunikasi jarak jauh, dapat digunakan untuk membagikan setiap moment sang pemilik akun seperti foto dan video. 

Jejaring sosial tersebut juga mudah diakses oleh masyarakat dunia, karena tampilannya bisa diatur menjadi bahasa sesuai dengan jenis bahasa yang diketahui atau yang sudah dikuasai oleh pemilik akun. Namun, bagi pemilik akun yang tidak menguasai berbagai bahasa yang ada dalam jejaring sosial tersebut mereka masih bisa menggunakan Bahasa Inggris, mengingat bahwa Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional jadi sedikit banyaknya mereka sudah mengetahuinya. 

Seiring dengan perkembangan waktu, jejaring sosial atau media sosial yang awalnya hanya berfungsi untuk berkomunikasi dan membagikan foto hingga video saja. Namun, sekarang nampaknya telah beralih fungsi menjadi buku diary atau tempat untuk menulis curahan hati pemilik akun. Dengan menulis curahan hati di salah satu media sosial, orang lain dapat melihatnya dan tentu saja mereka akan memberikan solusi. Jadi, sebelum memposting sesuatu penting untuk mempertimbangkan terlebih dahulu apakah postingan tersebut akan mendapatkan respon positif dari pengguna jejaring sosial lainnya.

Salah satu jejaring sosial yang terkenal, khususnya di Indonesia adalah Facebook. Jejaring sosial Facebook diciptakan oleh Mark Zuckerberg. Berdasarkan informasi yang diambil dari tahupedia.com, sebelum terkenal seperti sekarang Facebook juga mengalami kisah perjalanan yang panjang. Pada bulan Oktober tahun 2003, Mark Zuckerberg yang merupakan salah satu mahasiswa dari psikologi Universitas Harvard mulai bereksperimen dengan menciptakan Facemash.com. Facemash yang memperbolehkan pengunjungnya untuk membandingkan 2 gambar mahasiswa di kampusnya yang lebih cantik atau yang lebih keren. Mark Zuckerberg  mendapatkan gambar-gambar tersebut dari me-hack database Universitas Harvard. Setelah mendapatkan banyak reaksi protes, di tahun 2004 Mark Zuckerberg mendaftarkan domainfacebook.com yang terinsiprasi dari insiden Facemash dan dimodelkan dari Friendster. Di tahun 2005, situs tersebut berubah nama menjadi Facebook. Kemudian, Facebook mendapatkan banyak investor dan bekerja sama dengan Microsoft dan Apple. Pada tahun 2009 Facebook menjadi dikenal oleh masyarakat dunia hingga sekarang. [3]

Kebanyakan orang lebih senang menggunakan Facebook karena alasan lebih mudah digunakan dan lebih mudah untuk dipelajari. Karena mudah untuk digunakan dan mudah untuk dipelajari, pengguna Facebook saat ini tidak hanya remaja dan orang dewasa saja, bahkan anak-anak juga sudah mahir menggunakan Facebook. Meskipun demikian, bukan berarti bahwa media sosial lainnya seperti Instagram dan Twitter kalah bersaing dengan Facebook karena pada dasaranya semua orang memiliki ketiganya sekaligus, entah untuk mengikuti trend atau memang benar-benar dibutuhkan. 

Dengan menggunakan jejaring sosial, orang-orang tak hanya dapat melakukan komunikasi jarak jauh bahkan mereka juga bisa mendapatkan teman baru dari jejaring sosial. Terlebih lagi untuk mereka yang sudah bisa berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris pasti bisa mendapatkan kenalan atau teman baru yang berasal dari negara lain. Walaupun tak saling bertemu dan berkomunikasi secara langsung, melakukan chatting di dunia maya juga dapat menambah kemampuan berbahasa Inggris menjadi lebih baik lagi.

Meskipun pengguna jejaring sosial banyak diberikan keuntungan dan kemudahan untuk berkomunikasi hingga melakukan transaksi. Tetapi mereka tetap diharuskan untuk berhati-hati, mengingat bahwa semakin banyak dan semakin marak kejahatan di jejaring sosial dengan modus penipuan. Kasus ini akan jauh lebih rumit untuk diselesaikan karena pelakunya akan lebih sulit untuk ditemukan. Kebanyakan dari mereka tidak memberikan identitas aslinya, ketika membuka atau membuat akunnya. Orang yang terlanjur menjadi korban tentu pasti akan merasa kebingungan, terlebih lagi jika tidak didukung dengan adanya bukti yang kuat. Tak hanya belajar dari pengalaman diri sendiri, belajar dari pengalaman orang lain juga penting untuk dilakukan.

Singkatan Bahasa Gaul Anak Muda di Indonesia

Beralih ke Indonesia, selain mengenal Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional, di tanah air sendiri terdapat berbagai bahasa daerah yang ada pada seluruh wilayah Indonesia. Keanekaragaman budaya, kebiasaan dan adat istiadat di Indonesia membuat bahasanya juga beragam. Akan tetapi semua perbedaan dan keanekaragaman tersebut tetap membentuk serta menghasilkan suatu kesatuan yang indah.

Bahasa kesatuan negara Indonesia adalah Bahasa Indonesia. Di tanah air, Bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa formal. Bahasa ini identik dengan menggunakan pengucapan yang sopan dan halus, oleh karena itu banyak orang asing yang tertarik untuk belajar Bahasa Indonesia. Tak hanya digunakan untuk lebih mengenal kebudayaan di Indonesia, orang asing juga tertarik untuk mempelajari bahasa Indonesia karena mereka ingin berkomunikasi dengan masyarakat Indonesia yang terkenal dengan keramahannya. Selain  itu, beberapa dari mereka juga belajar bahasa Indonesia karena ingin berdomisili di negara Indonesia dalam beberapa waktu.

Walaupun sekilas terlihat mudah, tetapi mempelajari bahasa Indonesia tidaklah mudah seperti yang dibayangkan sebelumnya. Bahasa Indonesia mempunyai kosa kata yang lebih rumit dengan arti yang lebih banyak pula, sehingga dianggap jauh lebih susah untuk dipelajari dibandingkan dengan mempelajari Bahasa Inggris. Terlebih lagi banyak aturan yang harus diketahui ketika mempelajari bahasa Indonesia, diantaranya seperti memperhatikan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) dan harus sesuai dengan KBI (Kaidah Bahasa Indonesia) yang baik dan benar.

Tak hanya mempunyai berbagai bahasa daerah dan satu bahasa formal, Indonesia juga kaya dengan bahasa lain yang dianggap sebagai bahasa khas anak muda atau yang disebut dengan bahasa gaul. Beberapa diantaranya dari bahasa gaul tersebut merupakan bahasa Indonesia yang memang sengaja dipendekkan atau disingkat. Adapun, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Baper : Bawa Perasaan
  • PHP : Pemberi Harapan Palsu
  • PJ : Pajak Jadian
  • KepSek : Kepala Sekolah
  • PD : Percaya Diri
  • SKSD : Sok Kenal, Sok Dekat
  • MAPA LA : Mama, Papa Larang
  • CLBK : Cinta Lama Bersemi Kembali
  • Dll

Apa Arti GWS for Me / for You yang sering ditulis di SMS atau Facebook (FB)?

Sumber Gambar:
https://pixabay.com/en/get-well-soon-autumn-tree-trees-264506/
Selain, menggunakan Bahasa Indonesia yang telah dipendekkan atau disingkat, bahasa gaul juga mengadopsi bahasa Inggris untuk disingkat. Salah satu bahasa gaul yang terkenal dan sering digunakan di SMS, Facebook, Twitter dan media sosial lainnya, adalah GWS. Apa Arti GWS? Kata GWS sendiri merupakan kepanjangan dari kalimat bahasa Inggris, yaitu Get Well Soon yang berarti cepat sembuh. Jadi kalau ada kata GWS for you, artinya cepat sembuh buat kamu, atau kalau sebaliknya GWS for me berarti cepat sembuh buat aku. 

Kalimat tersebut sering digunakan untuk menunjukkan rasa empati kepada orang lain sekaligus berguna untuk mendoakan orang lain. Oleh karena itu, kata GWS sering digunakan sebagai status orang-orang yang memiliki akun di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, BBM dan lain sebagainya. Biasanya kata GWS sering ditulis atau diungkapkan untuk orang-orang terdekat, seperti orang tua, saudara, pasangan, sahabat dan teman. 


Apa arti GWS dan OTW, LOL, BTW dan lain-lainnya?

Semakin banyak orang yang mengetahui arti kata ini, menjadi semakin banyak pula orang yang menggunakannya. Seiring dengan berkembangnya waktu, kata GWS menjadi semakin populer terutama di dunia maya. Namun, tak hanya kata GWS saja yang sering digunakan di dunia maya karena ada beberapa kata lain yang banyak digunakan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini : 
  • OMG (Oh My God) : Oh Tuhanku
  • TFL (Thanks For Like)      : Terima kasih untuk sukanya
  • TFC (Thanks For Confirm) : Terima kasih sudah dikonfirmasi
  • TFQ (Thanks For Request) : Terima kasih untuk permintaanya
  • HBD (Happy Birthday)    : Selamat ulang tahun
  • WATB (Wish You All The Best) : Semoga Anda diberikan yang terbaik
  • GBU (God Bless You)     : Tuhan Memberkatimu
  • LOL (Laugh Out Loud)         : Tertawa terbahak-bahak
  • BM (Bad Mood)         : Suasana hati yang buruk
  • OTW (On The Way) : Sedang di perjalanan
  • LDR (Long Distance Relationship) : Pacaran Jarak Jauh
  • BTW (Bay The Way) : Ngomong-ngomong
  • FYI (For Your Information) : Informasi untuk Anda
  • Dsb

Penting sekali untuk mengetahui arti dari singkatan kata-kata atau kalimat tersebut, karena akan terlihat dan terdengar aneh jika menggunakannya tanpa mengetahui artinya. Dampaknya, pembaca menjadi salah mengerti bahkan salah menggunakannya sehingga menjadi bahan ejekan dan bahan tertawaan oleh banyak orang termasuk oleh orang-orang terdekat. Jadi, sebaiknya cari tahu artinya sebelum memutuskan untuk menggunakan atau mengucapkannya. 

Hanya inilah segelintir informasi yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi pembaca, terutama bagi pembaca yang haus pengetahuan mengenai apa arti GWS. Sekedar untuk mengingat, pada artikel kali ini telah dijelaskan mengenai perkembangan jaman, sejarah Bahasa Inggris, Beberapa alasan mengapa Bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional. Seputar mengenai jejaring sosial, mengenai Facebook, bahasa gaul Indonesia dan artinya, arti kata GWS, yang terakhir singkatan bahasa Inggris beserta artinya.

Terima kasih sudah bersedia singgah sejenak dan membaca artikel Apa Arti GWS hingga selesai. Bila ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan mohon maaf sebesar-besarnya. Penulis berharap, pembaca dapat menambah wawasan informasi setelah membaca artikel tentang Apa Arti GWS ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan ya!

Referensi:
[1] Odebhora, “Sejarah Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional” diakses dari https://odebhora.wordpress.com/2012/05/21/sejarah-bahasa-inggris-menjadi-bahasa-internasional/ 31 Oktober 2015
[2] Pasca PBI, “BEBERAPA ALASAN MENGAPA BAHASA INGGRIS MENJADI BAHASA INTERNATIONAL” diakses dari http://pascapbi.uad.ac.id/beberapa-alasan-mengapa-bahasa-inggris-menjadi-bahasa-international/ 31 Oktober 2015
[3] Tahupedia, “Sejarah dan Awal Mula Facebook” diakses dari http://www.tahupedia.com/content/show/147/Sejarah-dan-Awal-Mula-Facebook 31 Oktober 2015

Advertisement:

Baca Juga Artikel Ini: