Baju untuk Kondangan Muslim: Wanita & Anak Muda

Pada artikel kali ini, kita akan mengulas mengenai baju untuk kondangan bagi wanita muslim, terutama bagi anak muda. Tapi tentu saja yang usianya sudah tak muda lagi, bisa jadi akan tampil lebih muda bila memilih model yang tepat.

Sesuai dengan perintah Allah SWT, setiap umat muslim wajib dan diharuskan untuk selalu menutup auratnya baik untuk laki-laki maupun perempuan. Selain pahala, banyak manfaat yang didapatkan dari kebiasaan menutup aurat khususnya bagi para perempuan, yaitu dapat menjauhkan diri perempuan dari mata jahat dan menghindari tatapan penuh syahwat dari kaum laki-laki. Oleh karena itu, Nabi Muhammad SAW juga meminta istri-istrinya dan kaum muslimah lainnya untuk menutup auratnya. Hal ini dapat dijadikan contoh bagi umat-umatnya sampai saat ini.

Dahulu, menutup aurat dengan cara berhijab dipandang sebelah mata bagi perempuan karena mereka beranggapan dengan menggunakan hijab mereka tidak dapat tampil cantik dan trendy. Di samping itu, pada jaman dahulu berhijab dianggap sebagai tampilan fashion yang kuno dan tidak nyaman digunakan karena membuat wanita menjadi kegerahan, belum lagi karena proses pemakaiannya yang dianggap ribet atau merepotkan. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan jaman hingga sekarang anggapan tersebut lama-lama memudar karena saat ini banyak muslimah yang tetap tampil fashionable dengan hijabnya dan cara pemakaiannya pun sudah praktis.

baju untuk kondangan
Sumber Gambar:
https://www.flickr.com/photos/pantouwjr/14079819209
Menggunakan hijab sesuai dengan hukum islam bukan berarti seorang muslimah tidak dapat tampil cantik dan fashionable pada setiap kesempatan. Pasalnya, di jaman yang sudah modern ini menggunakan hijab tidak hanya berguna untuk menutup aurat saja karena item fashion hijab bisa dipadu padankan dengan item fashion lainnya agar memberikan tampilan yang trendy.

Di ranah maya banyak sekali sumber informasi yang dapat dijadikan referensi fashion saat berhijab agar tetap terlihat cantik, anggun dan fashionable di setiap kesempatan, baik formal maupun non-formal. Walaupun demikian, tetap harus disesuaikan dengan ukuran tubuh yang dimiliki, tetap harus mementingkan tingkat kenyamanan ketika menggunakannya, dan harus menyesuaikan tata aturan berhijab dengan benar sesuai dengan hukum agama islam.

Setiap wanita pasti ingin selalu tampil cantik setiap saat, khususnya saat ingin menghadiri acara khusus seperti pesta ataupun kondangan. Hal ini disebabkan karena pada acara kondangan tentunya akan banyak orang yang hadir sehingga seorang wanita ingin tampil maksimal di hadapan orang-orang. Bagi wanita berhijab, khususnya bagi wanita yang baru saja berhijab datang ke acara kondangan menjadi PR tersendiri baginya karena mereka cenderung kebingungan memilih fashion hijab yang tepat.

Kebanyakan pesta atau acara kondangan biasanya tidak terlepas dengan kesan mewah dan glamour. Namun, sebaiknya gunakanlah pakaian yang sesuai dengan tema acara yang akan didatangi agar dapat terlihat sesuai dengan para tamu undangan lainnya. 

Selain itu, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan sebelum memilih baju muslim yang akan digunakan untuk menghadiri pesta atau acara kondangan adalah, jangan memilih baju untuk kondangan yang terlalu ketat, jangan menggunakan baju yang terlalu banyak hiasannya karena akan memberikan kesan yang norak dan sebaiknya gunakanlah warna baju yang cocok dengan warna kulit yang dimiliki.

Tips Memilih Baju untuk Kondangan Wanita Muslim Modern

Sebagai bahan pertimbangan dan agar lebih jelasnya, berikut ini akan diberikan beberapa informasi mengenai cara memilih model baju muslim pesta untuk wanita berhijab. Mari simak tips di bawah ini, yang dikutip berdasarkan informasi dari fashionmodelku.com. [1]

1. Warna 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, warna baju menentukan tampilan seseorang sehingga juga perlu untuk diperhatikan. Disarankan agar tidak memilih warna yang terlalu gelap atau warna yang terlalu tua pada acara pesta maupun acara kondangan terutama jika mempunyai kulit sawo matang. Untuk kulit sawo matang, sebaiknya pilihlah warna lembut seperti marun, biru muda, peach dan lain sebagainya.

2. Motif

Jika sudah mendapatkan warna baju yang sesuai dengan warna kulit yang dimiliki, perhatikan motif yang dimiliki oleh baju. Jika terdapat motif bunga-bunga, polkadot ataupun garis-garis masih bisa digunakan untuk acara pesta. Namun, lain lagi jika ingin menggunakan motif dengan gambar-gambar animasi kartun yang lucu. Sebaiknya, jangan coba-coba untuk menggunakan baju dengan motif kartu jika tidak ingin menjadi bahan tertawaan tamu undangan lainnya.

3. Kerapihan Jahitan

Perhatikan kerapihan jahitan dari baju yang akan digunakan untuk pergi ke pesta atau acara pesta. Hal ini berguna untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan karena bisa saja pada acara tersebut tamu undangan diwajibkan untuk mengikuti permainan yang ada. Apabila menggunakan baju dengan jahitan yang berantakan bisa saja baju tersebut sobek saat pemakainya banyak bergerak.

4. Hijab

Hijab atau kerudung merupakan item fashion terpenting bagi para muslimah. Oleh karena itu, saat ingin menghadiri acara pesta atau acara kondangan gunakan hijab yang disesuaikan dengan baju. Jika, sudah menggunakan baju dengan banyak aksen maka gunakan hijab dengan sedikit motif atau hiasan dan bisa juga menggunakan hijab polos agar tidak memberikan kesan yang heboh. Kemudian, disarankan agar tidak terlalu banyak menggunakan jarum pentul ketika menggunakan hijab agar lebih leluasa untuk bergerak dan tidak tertusuk jarum.

5. Rok / Celana

Jika ingin menggunakan pakaian yang terdiri dari atasan dan bawahan, sebaiknya pilihlah rok / celana yang tidak memiliki ukuran yang terlalu ketat dan yang terlalu tipis. Jika memutuskan untuk memakai celana, sebaiknya gunakan atasan panjang yang menutupi pinggul dan paha. Apabila ingin menggunakan rok, disarankan agar menggunakan celana legging sebagai dalaman agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kesalahan yang tidak disengaja saat duduk.

6. Bahan

Yang selanjutnya adalah bahan, disarankan agar memilih baju dengan bahan yang gampang jatuh. Tidak disarankan untuk menggunakan baju dengan bahan yang terlalu ringan karena akan mudah tersingkap saat terkena angin serta tidak disarankan untuk menggunakan baju dengan bahan yang tipis. Bahan yang cocok digunakan untuk pesta diantaranya adalah bahan satin, sutra atau lace sehingga dapat memberikan kesan yang anggun dan elegan bagi pemakainya.

7. Model Baju

Untuk menghindari kesan yang tidak menyenangkan ketika datang ke pesta atau acara kondangan, sebaiknya perhatikan dan pilihlah model baju untuk kondangan yang sesuai. Bukan masalah jika ingin mengenakan longdress, gaun panjang atau model atasan yang dipadukan dengan bawahan asalkan dapat menunjang penampilan menjadi lebih anggun. Hindarilah pemakaian jeans karena dapat mengurangi kesan resmi pada acara pesta yang didatangi.

8. Mix and Match

Selain memilih model baju yang tepat, penting juga untuk mengetahui cara mix and match baju dengan tepat. Agar tidak memberikan kesan yang terlalu norak dan heboh sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan pakaian dengan banyak aksen atau hiasan yang mencolok. Jika sudah menggunakan atasan dengan banyak motif, maka sebaiknya gunakan bawahan tanpa motif atau polos.

9. Sesuaikan dengan Ukuran Tubuh

Sesuai dengan hukum agama islam, saat menggunakan busana muslim disarankan agar menggunakan 1 nomor lebih besar dari ukuran tubuh asli agar menutupi lekukan tubuh. Bagi wanita yang memiliki tubuh yang gemuk sebaiknya pilihlah pakaian dengan motif yang tepat, seperti motif garis vertikal atau memilih pakaian dengan motif berukuran kecil.

10. Tingkat Kerapihan

Pastikan agar menggunakan baju yang sudah rapi dan sudah disetrika karena sebagus apapun baju yang digunakan akan mempengaruhi nilainya jika baju terlihat tidak rapi ataupun kumel. Walaupun terlihat sederhana, kerapihan dan kebersihan juga dapat mempengaruhi penampilan seseorang.

11. Item Fashion Lainnya

Yang terakhir adalah item fashion lain yang dijadikan sebagai penunjang penampilan, seperti sepatu, tas dan aksesoris lainnya (bros, gelang, kalung, dll). Gunakanlah item fashion tersebut yang sepadan dengan tampilan hijab dan pakaian yang digunakan agar tetap mendapatkan kesan elegan serta anggun.

Setelah mengetahui tips untuk memilih busana hijab untuk pergi ke pesta atau ke acara kondangan. Namun, bagi pembaca yang masih kebingungan untuk memilih dan menentukan pakaian apa yang akan digunakan. Pada kesempatan kali, ini juga akan direkomendasikan beberapa model busana muslim yang cocok digunakan untuk acara pesta seperti kondangan.

Contoh Model Baju untuk Kondangan Keren Terbaru

Beberapa model busana muslim ini merupakan trend terbaru yang sudah banyak digunakan di sepanjang tahun 2015 lalu, dan kemungkinan akan berlanjut di tahun 2016. Dianalisir dari trendbajubusanamuslim.info, berikut ini adalah beberapa model busana muslim yang cocok digunakan untuk pesta atau acara kondangan. [2]

A. Maxi Dress

Semua wanita termasuk wanita muslim pasti sudah mengenal maxi dress. Busana ini memang sedang menjadi trend bagi kaum hawa untuk saat ini. Maxi dress merupakan jenis busana yang cocok digunakan untuk acara pesta seperti kondangan dan acara-acara resmi lainnya. Modelnya pun sudah bervariasi dengan aneka warna yang beragam sehingga hanya tinggal di mix and match dengan item fashion lainnya.

B. Longdress

Berbeda dengan maxi dress yang memiliki lengan buntung, longdress memiliki lengan panjang sehingga tidak perlu lagi dipadukan dengan inner kaos panjang atau cardigan. Apabila ingin digunakan untuk menghadiri pesta atau acara kondangan, pilihlah longdress yang memiliki desain elegan kemudian padukan dengan hijab dan item fashion lainnya yang sesuai.

C. Dress Batik Modern

Batik merupakan salah satu icon fashion negara Indonesia dan pada saat ini batik sudah berkembang menjadi aneka batik modern yang dapat diaplikasikan menjadi aneka pakaian seperti dress. Dress batik modern juga merupakan salah satu model busana hijab yang cocok digunakan untuk menghadiri acara pesta atau acara kondangan. Hal ini disebabkan karena batik memiliki kesan semi resmi dan dapat menampilkan kesan elegan saat dipadu padankan dengan item fashion yang tepat.

D. Fetch

Fetch merupakan dress dengan model yang simple, yaitu A-line dan bagian atasnya dress ini memiliki kain payet yang dikombinasi dengan rok kain sifon. Biasanya, dress ini hadir dengan warna peach yang membuatnya terlihat lebih elegan. Busana ini menjadi favorit mengingat rata-rata kaum muslimah lebih menyukai model yang lebih simpel.

E. Busana Muslim dengan Hijab Instant

Di toko-toko baju, mall dan pasar sudah menjual banyak busana muslim (long dress) satu paket dengan hijabnya. Busana jenis ini juga dapat digunakan untuk pergi ke pesta maupun acara kondangan terutama bagi mereka yang tidak bisa menggunakan hijab pashmina. Jika ini menggunakan busana jenis ini, maka harus memilih warna yang memberikan kesan elegan seperti gold kemudian tambahkan aksen lain seperti bros untuk mempermanis penampilan.

F. Longdress dengan Rok Mermaid

Pada saat ini banyak sekali longdress yang memiliki model rok mermaid. Pakaian atau baju untuk kondangan jenis ini cocok digunakan untuk pergi ke acara pesta maupun kondangan selain desainnya yang menutupi lekukan pantat dan paha, busana jenis ini juga memberikan kesan yang elegan dan anggun jika digunakan. Jika, ingin memberikan kesan glamour tinggal melengkapinya dengan item fashion lain dengan warna yang lebih bling-bling, seperti menggunakan sepatu berwarna silver atau menggunakan dompet / tas berwarna gold (emas).

G. Longdress Semi Kebaya

Longdress yang dipadukan dengan aksen kebaya juga banyak digunakan untuk wanita berhijab saat menghadiri pesta atau acara kondangan. Busana jenis ini tidak perlu ditambahkan aksen apapun sudah memberikan kesan yang anggun dan elegan. Untuk kombinasi hijabnya sendiri, sebaiknya gunakan hijab polos atau motif dengan sedikit aksen hiasan seperti bros atau kalung. Jika ingin dipercantik lagi, gunakanlah sepatu heels berwarna putih atau warna lainnya yang dirasa cocok dan sesuai dengan warna longdress semi kebaya yang digunakan.

H. Biru Pastel dan Dusty Pink

Jika digunakan dress biru pastel berbahan kaos dapat memberikan kesan yang sangat manis. Biasanya dress dengan warna ini memiliki model yang minimalis dan memberikan kesan yang lebih elegan untuk pemakainya. Dress ini akan lebih menarik jika dipadukan dengan kerudung dan sepatu heels berwarna dusty pink.

I. Perpaduan Warna Merah dan Putih

Bagi pembaca yang ingin bereksperimen dengan mencoba tampil yang berbeda. Sebaiknya, cobalah untuk menggunakan atasan dengan model puplum warna merah dan aksen warna putih pada bagian tangannya. Kemudian, untuk bagian bawahnya gunakanlah rok mermaid yang matching dengan atasannya. Gaya busana ini akan memberikan tampilan yang segar, anggun dan elegan bagi pembaca yang bosan menggunakan warna bold saat ingin menghadiri acara kondangan. 

Namun, jika tidak mempunyai atau tidak bisa mendapatkan salah satu jenis busana tersebut sebaiknya gunakan saja busana seadanya. Dengan mengandalkan kemampuan untuk mix and match baju yang tepat agar mendapatkan kesan yang lebih elegan. Kemudian, mintalah pendapat dari orang-orang terdekat untuk mengomentari tampilan fashion yang akan dikenakan untuk pergi ke pesta atau acara kondangan. Apabila masih terasa kurang puas dengan pendapat mereka, datanglah ke fashion stylish pilihanmu untuk memperbaikinya.

Sebenarnya, agar terlihat cantik dan elegan seorang wanita tidak membutuhkan baju-baju mahal, item fashion yang mendukung dan kombinasi pakaian yang tepat. Jauh dari itu semua adalah rasa percaya diri dan rasa nyaman. jika seorang wanita percaya diri serta merasa nyaman dengan penampilannya, maka inner beauty atau kecantikan mereka dari dalam mudah terlihat. Percuma saja jika sudah mengikuti trend fashion hijab tetapi tetap merasa tidak nyaman dengan apa yang sudah digunakan. Hal ini akan berpengaruh pada mood dan penampilan secara keseluruhan. 

Tetapi, lakukanlah perubahan bila dirasa perlu untuk mempercantik diri dan agar tidak terlihat kuno karena mengikuti trend fashion juga tak kalah penting. Tetaplah adopsi trend fashion yang dirasa perlu dan sesuai dengan kepribadian yang dimiliki. Jadi, jangan menggunakan gaya pakaian yang memberikan kesan seperti dipaksakan seperti menggunakan pakaian dengan kesan metal untuk mereka yang memiliki selera yang glamour. 

Nah, itu tadi beberapa informasi mengenai baju untuk kondangan wanita muslim yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat sebagai sumber referensi fashion hijab bagi pembaca. Terima kasih sudah bersedia mampir dan membaca artikel ini.

Referensi:
[1] Fashion Model, “ Tips Jitu Memilih Model Baju Pesta Muslim Modern ” diakses dari http://fashionmodelku.com/tips-jitu-memilih-model-baju-pesta-muslim-modern/ 07 Oktober 2015
[2] trendbajubusanamuslim.info, “ Model Busana Muslim Untuk Kondangan “ diakses dari http://www.trendbajubusanamuslim.info/2015/07/model-busana-muslim-untuk-kondangan.html 07 Oktober 2015

Advertisement:

Baca Juga Artikel Ini: