Cara Flash Oppo R1001 - Flashtool

Kali ini kita akan mengulas tentang cara Flash Oppo R1001, nah berubung karena mengulas seputar teknologi gadget, mari kita bahas sejenak terlebih dahulu mengenai perkembangan teknologi komunikasi.

Bagi orang yang lahir di tahun 70’an maupun 80’an pasti bisa merasakan perubahan yang terjadi di masa sekarang. Semua orang tentu sudah mengetahui bahwa perubahan ini terjadi karena era Globalisasi sehingga jaman menjadi semakin maju dan semakin modern. Salah satu perubahan yang bisa dirasakan saat ini adalah televisi yang dulunya hanya hitam putih, sekarang televisi sudah hadir dengan banyak warna yang lebih jernih.

Kemudian, di dunia modern yang serba canggih ini sudah diciptakan banyak perangkat untuk menunjang kehidupan manusia, mulai dari perangkat elektronik, transportasi hingga perangkat komunikasi yang sudah dapat diakses dengan mudah.

Perangkat transportasi diciptakan untuk menunjang kebutuhan manusia ketika bepergian ke suatu tempat. Pada sarana transportasi, di tahun 2015 sudah tersedia transportasi masal cepat seperti kereta KRL yang ada di Jakarta. Kemudian, kabarnya kota-kota besar lainnya seperti Surabaya dan Malang juga akan segera menghadirkan angkutan masal cepat tersebut.

Sementara perangkat komunikasi diciptakan untuk memudahkan manusia berinteraksi, seperti menghubungi keluarga terdekat lewat telepon, memberikan informasi hingga dapat mengabarkan sesuatu berita yang penting lewat telepon.

Coba bayangkan, jika di jaman sekarang belum ada telepon yang digunakan untuk berbicara dengan kerabat atau orang-orang yang berada jauh. Hal ini pasti akan membuat manusia merasa kelelahan dan kerepotan saat ingin menyampaikan sesuatu, karena pada jaman dulu untuk menyampaikan informasi dari jarak jauh manusia membutuhkan waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan untuk mengirimkan surat lewat kurir atau lewat bantuan hewan seperti burung merpati.

Seiring dengan perkembangan jaman, telepon menjelma menjadi sebuah perangkat yang semakin pintar. Yang dulunya merupakan telepon yang hanya bisa digunakan menggunakan kabel sekarang berubah menjadi telepon yang dapat dibawa kemana-mana tanpa kabel, atau yang lebih tepatnya dikenal dengan nama Handphone. Tak hanya dapat digunakan untuk menghubungi seseorang yang jauh lewat suara, Handphone juga dapat digunakan untuk mengirim pesan singkat atau yang disebut dengan SMS. 

Kemudian, di abad ini Handphone menjadi semakin unggul karena terus berkembang sebagai perangkat pintar canggih yang disebut dengan smartphone. Smartphone atau ponsel pintar merupakan ponsel yang telah dilengkapi dengan banyak fitur yang canggih, diantaranya seperti browsing internet, mengirim email, chatting, video call, sms, menelepon, berfoto selfie, mendengarkan musik, bermain game, mendownload, mengambil video, dan lain sebagainya

Walaupun mempunyai banyak fungsi, smartphone mudah untuk digunakan dan mudah untuk dipelajari karena menu yang dimilikinya dapat diubah menjadi berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Hal ini sudah terbukti dengan adanya anak-anak usia dini yang sudah mahir menggunakan smartphone miliknya. 

Masyarakat dapat membeli dan memiliki smartphone sesuai dengan apa yang mereka inginkan karena ada berbagai smartphone yang dapat dijadikan pilihan, mulai dari jenis, warna, ukuran, sistem operasinya, hingga merek. Beberapa merek smartphone yang terkenal di dunia khususnya Indonesia adalah, Apple, Samsung, Nokia, Oppo, LG, Lenovo dan masih banyak lagi.

Oppo Smartphone

Jika sudah berbicara tentang merek smartphone, tentunya pembaca sudah mengetahui topik artikel kali ini akan mengarah kemana karena pada kesempatan kali ini akan membahas salah satu smartphone dari vendor Oppo. 

Namun, sebelumnya akan dibahas terlebih dahulu mengenai beberapa informasi tentang Oppo. Menurut www.oppo.com, Oppo merupakan salah satu penyedia layanan elektronik dan teknologi yang sudah menciptakan perangkat seluler terbaru dan tercanggih di 20 negara lebih, termasuk Indonesia. Jika dilihat setiap tahunnya Oppo selalu menyelipkan inovasi terbarunya pada perangkat yang diciptakan. 

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Oppo.gif
Masih berasal dari sumber informasi yang sama, kabarnya Oppo sedang berusaha keras untuk terus mengejar teknologi terkini dengan menggunakan standar kualitas perangkat lunak tertinggi supaya dapat mewujudkan pengalaman pengguna yang terbaik. Pada tahun 2004 Oppo diluncurkan di negara tirai bambu China dan berhasil memasuki pasar ponsel internasional pada tahun 2008. Kemudian, Oppo mulai melebarkan sayapnya untuk memasuki pasar Internasional yang lebih jauh lagi pada tahun 2010 dan hingga sekarang salah satu vendor ternama dari China ini sudah berhasil memasuki 21 pasar smartphone di seluruh dunia. [1]

Sebelum menciptakan smartphone dengan fitur yang canggih, Oppo telah menciptakan MP3 untuk pertama kalinya di tahun 2005 dan menciptakan MP4 di tahun 2006, kemudian mulai berinovasi dan menciptakan smartphone pada tahun 2008 hingga sekarang. Salah satu smartphone besutan dari Oppo adalah Oppo Joy R1001.

Salah satu produk smartphone Oppo pertama yang terkenal di dunia  Internasional adalah Oppo Find 5 di tahun 2013. Oppo Find 5 merupakan generasi penerus dari Oppo Find 3 di tahun 2012 dan Oppo Find Me di tahun 2011. Hingga sekarang, vendor Oppo masih terus berkembang dan berinovasi untuk menciptakan smartphone terbaru serta berkualitas tinggi.

Harga dan Spesifikasi Ponsel Pintar Oppo R1001

Oppo Joy R1001 merupakan salah satu smartphone yang baru saja dirilis beberapa saat yang lalu. Smartphone ini diciptakan agar dapat bersaing di kelas menengah atau yang dikenal dengan kelas low entry dengan harga yang relatif terjangkau. Walaupun kehadiran Oppo Joy R1001 tidak begitu fenomenal seperti Oppo Find 5, namun penjualannya di pasaran dunia tidak mengecewakan. Hingga saat ini, smartphone ini sudah bisa didapatkan pada berbagai tempat yang menjual smartphone di seluruh wilayah Indonesia.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari gadgetfrontal.com, Oppo Joy R1001 hadir dengan desain yang sederhana tetapi elegan dan enak untuk dilihat. Selain itu, smartphone juga nyaman untuk digenggam.  Kabarnya, Oppo Joy R1001 didukung dengan layar berukuran 4 inchi jenis WVGA Capacitive Touchscreen berteknologi Gloves Mode, artinya tetap bisa disentuh walaupun menggunakan sarung tangan. Di samping itu, smartphone ini juga telah dilengkapi dengan dual sim slot dan didukung dengan jaringan 3G pada SIM 1 dan 2G pada SIM 2. Sementara untuk daya pacunya telah dipersenjatai dengan prosesor bertenaga Dual Core 1,3 Ghz beserta kapasitas RAM sebesar 512 MB. [2]

Bursatekno.com, mengungkapkan bahwa ponsel pintar Oppo Joy R1001 dijalankan oleh sistem operasi OS Android versi 4.2.2 dan masih bisa diupgrade lagi menjadi versi 4.3. Walaupun sudah disediakan kapasitas RAM sebesar 512 MB, disarankan untuk tetap menggunakan memori slot eksternal mengingat bahwa OS Android v 4.2.2 mempunyai kelemahan. Dari sektor kamera smartphone ini didukung oleh kamera utama berukuran 3 MP. Sementara untuk kapasitas penyimpanannya tersedia memori internal sebesar 4 GB dan memori eksternal slot microSD kapasitas maksimum 32 GB. [3]

Jika pada beberapa waktu yang lalu tepatnya baru dirilis, Oppo Joy R1001 dibanderol dengan harga kurang dari 2 jutaan rupiah. Sedangkan untuk bulan ini, smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 1.300.000 (untuk harga baru), dan sekitar Rp. 800.000 (untuk harga bekas). Akan tetapi, patokan harga tersebut tidak berlaku untuk seluruh wilayah di Indonesia karena pasti setiap tempat bahkan di setiap toko mempunyai kisaran harga relatif berbeda.

Cara Flash Oppo R1001

Bagi pembaca yang sudah mempunyai smartphone Oppo Joy R1001 dan ingin meningkatkan performanya agar kembali seperti semula adalah dengan melakukan flash ulang. Jasa untuk flash ulang untuk smartphone biasanya juga terdapat pada counter-counter terdekat. Namun, buat apa mengeluarkan uang lebih hanya untuk melakukan flash ulang smartphone jika pembaca bisa melakukan cara flash Oppo R1001 sendiri.

Apabila ingin melakukan cara flash Oppo R1001 sendiri dengan agak mudah ada beberapa bahan dan alat yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan langkah-langkahnya, seperti yang dikutip dari sumber mz-flasher.com. [4]

Alat dan Bahan:

  • MTK Driver bisa 
  • Usb vcom auto instaler 
  • Firmware/Stock Rom  
  • Alat flashing SP FLASH TOOL V.3.1332
  • Langkah awal dalam cara flash Oppo R1001 yang harus dilakukan adalah menginstal Drive dengan mencari file yang berformat EXE ke dalam folder Drive, kemudian tancapkan HH ke PC sambil menekan volume ke bahwa atau ke atas jika ingin keluar MTK, maka Driver harus sudah komplit.

Tutorial Langkah-langkah cara flash Oppo R1001 

  1. Pastikan terlebih dahulu extract firmware dan extract beserta spflashtoolnya
  2. Pastikan bahwa Handphone memiliki daya baterai minimal 50%
  3. Jalankan Flash_Tool.exe (untuk win7, klik kanan run as administrator)
  4. Kemudian, klik scatter loading dan isi dari scatter ke dalam folder firmware yang sudah didownload
  5. Pastikan bahwa semua sudah tercentang, kecuali secro cache dan usrdate (jika tidak ada juga tidak masalah)
  6. Untuk Prealoder sebaiknya jangan dicentang dahulu, apabila gagal cobalah untuk mencetangnya
  7. Klik download only namun jika tidak bisa cobalah firmware upgrade dan sambungkan ke HH ke PC sambil menekan volume bagian bawah atau atas
  8. Jika prosesnya sudah berjalan akan terdapat warna kuning dan tunggu hingga keluar proses lingkaran hijau “OK”, apabila sudah berhasil gunakanlah SP FLASH TOOL V.5.1415.00 kemudian coba hidupkan Handphone

Selain cara flash Oppo R1001 tersebut, ada cara flash Oppo R1001 lain yang dapat digunakan untuk flash ulang smartphone Oppo Joy R1001 yang informasinya diambil dari sumber localtechno.blogspot.co.id yang tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah sebelumnya. [5]

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendownload Drive, ROM dan Flash Tool nya terlebih dahulu. Kemudian, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi yaitu dengan menginstal Driver terlebih dahulu dan menginstal Flashtool v.3. Nah, bagi pembaca yang belum mengetahui cara untuk menginstal, berikut tekniknya:

Tips menginstal driver

  • Klik start
  • Klik kanan pada "computer" pilih manage
  • Masuk ke device manager > klik kanan aiqin-PC > add legency hardware
  • Langsung next > pilih yg advance > next > next
  • Pilih havedisk > browse > pilih di folder driver yg di install td seperti di gambar 1.0
  • Open > ok > Next > next, tunggu prosesnya > OK
  • Finish.

Setelah mengetahui berhasil menginstal Driver, lanjutkan dengan melakukan langkah-langkah di bawah ini :
  1. Masuk ke recofery mode di hp Oppo ori tahan dan tekan tombol  volume down dan tombol power secara bersamaan
  2. Pilih masuk ke mode USB, jika terdeteksi Sd Card dan memori internal di PC, langsung eject saja lewat PC , tetapi jika tidak terdeteksi maka lanjutkan installasi driver nya
  3. Kemudian tekan back, sampai ke mode oppo recovery original yang pertama kali dibuka tadi
  4. Tunggu sebentar ,maka PC  akan menginstall driver baru,  tunggulah hingga selesai jika selesai klik close(biarkan android di mode recovery)
  5. Setelah itu buka aplikasi flash toll v3
  6. Pilih scatter loading, pilih lokasi room yang telah di download tadi pilih file yang bernama "MT6572_Android_scatter"
  7. Boleh dicentang boleh tidak untuk "UBOOT" dan "USRDATA"
  8. Lalu pilih download  dan pilih yes.
  9. HP yang masih berada  di recovery mode gantilah dengan memilih turn off
  10. Sebaiknya copot lah baterai, lalu sambungkan dengan HH ke pc  (biarkan tanpa baterai)
  11. Jika HH bergetar-getar,  tekan volume up + power secara bersamaan, kemudian tahan
  12. Secara otomatis flashtool akan memproses dan tunggu hingga 100 % (warna kuning)

Untuk menjalankan semua langkah-langkah ini, password atau kata sandi yang digunakan adalah oppomobile.vn. Password tersebut hanya bisa digunakan untuk flash ulang smartphone dengan merek Oppo saja sehingga tidak berlaku jika digunakan untuk merek lainnya, seperti Samsung, Blackberry, Apple dan lain sebagainya.

Sebelum melakukan semua proses tersebut disarankan agar melepaskan memori eksternal slot microSD terlebih dahulu untuk mencegah agar data-data di dalamnya tidak hilang. Namun, jika sebagian besar data tersebut tersimpan di dalam memori internal sebaiknya pindahkan atau salin ke dalam memori eksternal.

Jika salah satu cara berhasil untuk diterapkan untuk melakukan flash ulang ponsel Oppo R1001, tentunya ponsel menjadi segar dan tidak lemot seperti sedia kala, sehingga enak untuk digunakan. Ketika melakukannya ada beberapa hal yang harus diingat, lakukanlah salah satu langkah tersebut dengan teliti dan hati-hati agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Selamat Mencoba!

Namun, bagi pembaca yang masih merasa ragu-ragu untuk melakukan dan mencobanya sendiri karena takut salah ataupun gagal ataupun takut bila smartphone menjadi rusak, sebaiknya serahkan saja hal ini langsung kepada ahlinya.

Meskipun sudah diserahkan langsung kepada ahlinya, ada beberapa hal yang harus dilakukannya. Sebelumnya, ada pengalaman dari penulis, bahwa pada saat itu penulis tidak mengerti tentang cara menginstal ulang atau cara melakukan flash ulang smartphone. Kemudian, penulis memutuskan untuk memakai jasa seseorang untuk melakukannya karena hari itu bertepatan dengan hari yang sibuk, akhirnya membiarkan smartphone tersebut untuk di tinggal begitu saja.

Di sore harinya saat ingin mengambil smartphone, ternyata belum selesai. Padahal, smartphone tersebut hanya lemot dan tidak mengalami masalah lain yang lebih serius dari itu. Walaupun tidak paham cara flash ulang smartphone tetapi setidaknya penulis mengetahui seberapa lama waktu yang digunakan untuk prosesnya. Alhasil, untuk beberapa hari setelah mengambilnya dengan cara yang sedikit memaksa ternyata smartphone tersebut malah rusak parah (tidak bisa dihidupkan). Pihak counter XXX tersebut juga tidak  bertanggung jawab dengan kerusakan yang mereka perbuat karena pihaknya beralasan bahwa kejadian ini terjadi karena telat untuk diambil, sungguh alasan yang tidak masuk akal untuk digunakan.

Setelah memberikan berbagai alasan yang tidak masuk akal, kejadian yang paling mengelikan adalah pihak dari counter tersebut mematok harga sendiri untuk kerusakan yang mereka timbulkan. Dengan sedikit mengancam akhirnya penulis dapat mengambil smartphone tersebut tanpa biaya sedikit pun.

Kemungkinan besar, pihak counter XXX  melakukannya karena ingin mencari keuntungan yang lebih besar agar penulis mengeluarkan biaya servis yang lebih besar. Karena penuh rasa curiga Kemudian, smartphone tersebut penulis bawa ke counter AAA untuk di servis. Menurut orang di counter AAA itu, smartphone tersebut terkena tindakan malpraktek sehingga seluruh mesin ori di dalamnya di ganti menjadi mesin-mesin Kw. 

Setelah smartphone tersebut selesai di servis, memang sudah dapat dihidupkan dan digunakan kembali walaupun kinerjanya tidak optimal seperti biasanya. Tak hanya itu saja, untuk kapasitas daya baterainya pun juga tidak bisa bertahan lama seperti sebelumnya.

Dari pengalaman tersebut dapat diambil menjadi pelajaran bahwa ketika ingin menggunakan jasa seseorang untuk flash ulang smartphone sebaiknya tunggulah hingga prosesnya benar-benar selesai karena jika prosesnya cepat, maka tidak lebih dari 1 jam. Apabila ada penjaga counter mengatakan bahwa smartphone yang akan di flash ulang akan jadi dalam beberapa hari sebaiknya jangan percaya dan carilah counter lainnya. 

Jangan sampai hal ini terjadi dan dialami oleh para pembaca karena mencari mesin dalam original smartphone Oppo dan merek smartphone cukup sulit. Walaupun bisa menjumpainya, harganya juga terbilang mahal yaitu hampir setara dengan membeli smartphone baru.

Berikut ini, adalah beberapa tips yang harus dilakukan ketika ingin melakukan jasa flash ulang smartphone di counter-counter terdekat :
  1. Ketika sudah datang ke Counter tanyakan terlebih dahulu, kapan perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk Flash ulang smartphone.
  2. Jika, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam maka tunggulah dengan sabar
  3. Ketika menunggu perhatikan setiap prosesnya
  4. Namun, bila tidak mempunyai cukup banyak waktu untuk menunggulah sebaiknya mintalah tolong kepada teman atau orang-orang terdekat untuk menunggu prosesnya hingga selesai
  5. Tetapi jika tidak ada orang yang dapat membantu, sebaiknya pilihlah Counter yang sudah benar-benar di percaya seperti sudah mengenal pemiliknya, Counter teman, Counter saudara dan lain-lain
  6. Dan yang terakhir jangan lupa untuk membawa struk atau kwitansi tanda bukti ketika ingin mengambilnya
  7. Namun, bila mengalami hal serupa seperti yang dialami penulis sebaiknya jangan takut untuk bersikap tegas dan meminta smartphone walaupun tidak dalam keadaan utuh karena jika ingin diperkarakan smartphone tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu bahan bukti
  8. Jangan tergiur apabila mereka ingin menyediakan jasa servis ulang karena bisa saja mereka akan melakukan penipuan kembali dengan mematok harga yang jauh lebih mahal
  9. Pergilah ke Counter lain yang bisa dipercaya untuk membenahi smartphone tersebut, disarankan agar memilih Counter sesuai dengan rekomendasi orang-orang terdekat
  10. Kemudian, peringatkan dan berceritalah kepada orang-orang terdekat agar Counter culas tersebut tidak memakan korban yang lebih banyak lagi.

Beberapa cara tersebut berguna untuk mencegah terjadinya hal-hal yang lebih serius lagi dan berguna untuk membuat para pelakunya jera, karena di luaran sana cukup banyak tenaga servis atau teknisi Handphone yang ingin meraup keuntungan dengan merugikan para konsumen atau pelanggannya. Jadi, sebagai konsumen masyarakat dituntut dan diharuskan menjadi konsumen yang cerdas atau be smart costumer. 

Itulah sedikit banyak informasi mengenai tata cara melakukan flash ulang smartphone Oppo R1001 sendiri di rumah dan beberapa informasi lainnya sebagai pelengkap. Semoga semua informasi yang terdapat di dalam artikel ini berguna dan bermanfaat bagi pembaca. Hal yang perlu diketahui adalah beberapa pembahasan artikel ini diambil dari sumber-sumber yang sudah disebutkan sebelumnya sebagai bahan referensi. Terima kasih sudah mampir dan sudah bersedia untuk membaca artikel cara flash Oppo R1001, kalau ada kesalahan atau kekurangan mohon maaf. Selamat mencoba!

Referensi:
[1] Oppo.com, “Tentang OPPO” diakses dari http://www.oppo.com/id/about-us/  10 Oktober 2015
[2] Gadgetfrontal.com, “Oppo Joy R1001 Kelebihan dan Kekurangan” diakses dari http://gadgetfrontal.com/kelebihan-kekurangan-oppo-joy-r1001/ 10 Oktober 2015
[3] Bursatekno.com, “Spesifikasi dan Harga Oppo Joy R1001” diakses dari http://www.bursatekno.com/2014/05/spesifikasi-dan-harga-oppo-joy-r1001.html 10 Oktober 2015
[4] Mz-Flasher.com, “CARA FLASH OPPO JOY R1001” diakses dari http://mz-flasher.com/2015/04/cara-flash-oppo-joy-r1001.html 10 Oktober 2015
[5] Localtecno.blogspot.co.id, “Cara Flash ulang OPPO Joy R1001 dijamin Work 100%”  diakses dari http://localtechno.blogspot.co.id/2015/04/cara-flash-ulang-oppo-joy-r1001-dijamin.html 10 Oktober 2015

Advertisement:

Baca Juga Artikel Ini: