Cara Flash Oppo R821 dengan Flashtool

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara flash Oppo R821 atau cara menginstal ulang untuk Oppo R821, akan lebih baik jika terlebih dahulu mengetahui informasi tentang smartphone. Sebagian besar pasti sudah mengetahui pengertian smartphone walaupun tidak secara spesifik karena mereka berpikiran yang penting sudah tahu bagaimana cara menggunakan perangkat tersebut.

Smartphone merupakan perangkat ponsel yang menyediakan banyak fitur yang berbeda dan di atas kemampuan dari ponsel sederhana. Hal ini dianggap karena ponsel ini lebih canggih sehingga tercetuslah nama smartphone yang memiliki arti sebagai ponsel pintar. Sebelum dikenal oleh masyarakat luas, terdapat produk yang berbeda yaitu ponsel dan personal digital assistant (PDA).

PDA merupakan semacam alat yang dapat digunakan sebagai asisten pribadi atau digital organizer yang digunakan untuk menyimpan kontak dan agenda harian yang dapat disambungkan dengan perangkat komputer. Kemudian, seiring dengan perkembangan waktu dan jaman sudah tercipta banyak ponsel yang memiliki fitur PDA.

Menurut sumber informasi yang dikutip dari amazine.co, selain fitur PDA, smartphone juga mempunyai beberapa fitur lainnya. Adapun beberapa diantaranya adalah : [1]

1. Sistem Operasi

Setiap smartphone dijalankan oleh sistem operasi untuk mengakses berbagai aplikasinya, sistem operasi tersebut diantaranya seperti Microsoft Windows Phone, OS Android, operasi iOS, OS Blackbbery, dan WebOS HP.
cara flash Oppo R821
Sumber Gambar:https://pixabay.com/id/smartphone-telepon-ponsel-810440/

2. Apps

Kemudian, setiap smartphone mempunyai beberapa layanan aplikasi yang dapat diakses dengan cara mendownload dan menginstalnya terlebih dahulu. Biasanya smartphone baru sudah membawa beberapa layanan aplikasi di dalamnya seperti GPS, mesin pencari Google dan lain sebagainya.

3. Keyboard QWERTY

Secara umum, smartphone sudah dilengkapi dengan keyboard QWERTY yang biasa berbentuk fisik maupun virtual, yaitu keyboard yang dapat diketik melalui layar sentuh atau yang lebih dengan touchscreen.

4. Massaging

Baik ponsel sederhana maupun ponsel pintar / smartphone masing-masing sudah mempunyai kemampuan untuk mengirim dan menerima pesan teks. Namun, ada yang membuat smartphone lebih unggul daripada ponsel sederhana yaitu mempunyai kemampuan untuk menangani e-mail dan smartphone dapat dihubungkan dengan akun e-mail tersebut sehingga dapat meningkatkan kinerjanya.

5. Web Access

Selanjutnya, smartphone dapat mengakses internet dengan kecepatan yang lebih tinggi. Bahkan, saat ini sudah ada beberapa jenis dan tipe smartphone yang mempunyai jaringan 4 G dan jaringan 3 G serta dukungan Wi-Fi untuk banyak sambungan.

Bila hanya mengetahui tata cara penggunaannya saja namun belum mengetahui bagaimana asal smartphone, rasanya hal ini cukup egois karena tidak sesuai dengan ungkapan kata “tak kenal, maka tak sayang” karena kebanyakan orang cenderung memiliki smartphone tersebut dan sayang kepadanya tanpa mempedulikan sejarah serta asal usulnya.

Berdasarkan informasi yang diambil dari sridianti.com, di tahun 1992 telah dirancang sebuah ponsel pertama yang dipertimbangkan sebagai smartphone oleh IBM yang diberi nama Simon. Perangkat ini membuat penampilan di COMDEX dan mulai ditawarkan kepada publik di tahun berikutnya, yaitu tahun 1993. Awal mulanya Simon hanya mempunyai layanan diantaranya seperti kalkulator, buku catatan sederhana, kemampuan mengirim dan menerima faks serta memiliki komponen untuk email. Kemudian, dalam waktu singkat perangkat ini mampu menyediakan beberapa game dan fitur jam dunia. [2]

Di sisa tahun 90’an berbagai ponsel canggih mulai bermunculan di pasaran, hingga muncul perangkat dengan layar sentuh yang berhasil menggantikan keysets banyak ponsel pintar, kemudian game dan fungsi email di dalamnya juga menjadi lebih canggih, ditambah lagi dengan kemampuan speakerphone yang dapat menyaingi kualitas speakerphone handset. Kemudian hingga saat ini, kehadiran smartphone menjadi lebih canggih dengan banyaknya fitur yang mendukungnya dan kemungkinan besar perubahan ini akan terus terjadi.

Untuk saat ini masyarakat sudah dapat memiliki dan menggunakan smartphone atau ponsel pintar. Tak hanya berguna untuk berkomunikasi, bahkan sekarang smartphone dapat digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari salah satunya dapat digunakan sebagai stopwatch ketika berolahraga, dapat digunakan untuk mengakses informasi lewat internet, dapat memberikan hiburan bagi penggunanya dan masih banyak lagi kegunaannya.

Konsumen juga dapat memilih smartphone sesuai dengan keinginan mereka karena sudah tersedia banyak pilihan mulai dari merek, versi dan jenis yang berbeda-beda. Salah satu merek smartphone yang terkenal di pasar internasional adalah Oppo. Vendor Oppo merupakan perusahaan smartphone yang berasal dari negeri Tirai Bambu, China. 


Smartphone Oppo Find Muse R821

Baru-baru ini, vendor Oppo telah merilis dan meluncurkan produk yang dikenal dengan Oppo Find Muse R821. Hal ini dapat dijadikan sebagai bukti bahwa salah satu vendor dari China ini semakin melebarkan sayapnya dalam menciptakan produk-produk smartphone andalannya agar mereka dapat bersaing di pasar internasional di ranah gadget yang semakin ketat.

Sesuai apa yang sudah dijelaskan dalam sumber hargaoppo.com, untuk spesifikasinya Oppo Find Muse R821 mengusung layar LCD  berukuran 4 inchi yang didukung dengan capasitive touchscreen yang menghasilkan 16 juta warna. Dengan layar tersebut kemungkinan besar penggunanya dapat mengoperasikan smartphone ini dengan sangat nyaman. Sementara untuk sistem operasinya, Oppo Find Muse R821 dijalankan dengan OS Android versi 4.2.2 (Jelly Bean) dan didukung oleh dapur pacu CPU 1.2 GHz Dual Core yang dapat mengoperasikan semua fitur beserta aplikasi Android di dalamnya. Sedangkan, untuk urusan grafis Oppo Find Muse R821 didukung oleh GPU Mali 400. [3]

Sebagai tambahan yang dianalisir dari hargaopposmartphone.web.id, sektor kamera smartphone Oppo Find Muse R821 dilengkapi dengan kamera belakang berkekuatan 3 MP. Walaupun memiliki kamera belakang dengan resolusi yang kecil, kamera tersebut dirasa cukup digunakan untuk berfoto selfie. Kapasitas penyimpanannya didukung dengan adanya memori internal sebesar 4 GB dan tersedia pula kapasitas memori eksternal slot microSD yang dapat diperluas hingga batas maksimum sebesar 32 GB. Secara keseluruhan, untuk mendukung fitur dan jaringannya smartphone ini dilengkapi dengan Dual SIM GSM/WCDMA seperti generasi sebelumnya, yaitu Oppo Find Piano. [4]

Karena diperuntukkan di pasaran kelas menengah, smartphone pabrikan Oppo ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu, sekitar Rp 1.599.000 untuk harga baru. Sedangkan, untuk harga bekasnya dibanderol dengan kisaran harga Rp 950.000. Nominal harga tersebut rasanya sebanding dengan spesifikasi dan performa yang dimilikinya. Namun, harga tersebut tidak dapat dijadikan sebagai patokan mengingat harga di setiap tempat dan wilayah berbeda-beda.


Cara Flash Oppo R821

Walaupun sudah mempunyai spesifikasi yang dianggap sudah mempuni, bukan berarti dapat dijadikan sebagai jaminan bahwa smartphone Oppo Find Muse R821 tidak akan mengalami masalah ketika digunakan. Biasanya, masalah yang sering terjadi pada smartphone adalah smartphone yang kinerjanya menurun atau menjadi lemot.

Flashing ulang tidak hanya dilakukan untuk mengembalikan kinerja smartphone yang lemot karena flash ulang juga dapat dilakukan ketika pengguna lupa kata sandi, smartphone mengalami hang logo, aplikasi berat, kesalahan rooting, lupa pola kunci dan beberapa kendala software lainnya.

Untuk mengatasi hal ini ada cara yang dapat dilakukan, yaitu dengan melakukan flashing ulang atau menginstal ulang agar kinerjanya menjadi segar dan optimal seperti sedia kala. Bagi yang tidak ingin membuang uang untuk menggunakan jasa flash ulang smartphone, sebaiknya lakukan sendiri di rumah. Namun, sebelum melakukannya disarankan agar mengerti tata caranya dengan benar. 

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melakukan cara flash oppo r821, yakni melalui Flashtool. Bagi pembaca yang belum mengetahui tentang Flashtool akan dijelaskan sedikit informasi tentang software tersebut yang dikutip dari dadroidrd.blogspot.co.id. Flashtool merupakan sebuah software PC yang berfungsi untuk melakukan kegiatan flashing. Adapun langkah-langkah untuk menginstalnya adalah sebagai berikut : [5]

1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendownload Flashtool pada situs resminya
2. Setelah berhasil di download, kemudian install aplikasi tersebut
3. Namun, Flashtool tersebut belum bisa langsung digunakan karena harus menginstal software drive Flashtoolnya di dalam Folder Driver
4. Setelah driver tersebut berhasil untuk diinstal, centang semua kolom yang ada atau instal salah satu kolom yang sesuai dengan merek dan tipe smartphone
5. Kemudian, tunggu saja hingga prosesnya selesai. Jika, koneksinya lancar maka hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menitan saja lalu di dalam prosesnya akan selalu muncul popup, tekan Yes dan tunggu hingga proses selesai

Cara flash oppo r821 menggunakn SP Flashtool karena mengalami kendala seperti hang logo, kesalahan rooting, aplikasi berat, lupa pola kunci atau atau lupa password bahkan hingga hard brick. bisa di lakukan update firmware selama handphone masih bisa terdeteksi oleh computer. terkadang masalah seperti ini juga bisa di atas dengan melakukan recovery mode untuk mereset handphone. tapi ada beberapa kasus yang memang membutuhkan install ulang program.

Menurut zonexsoftware.blogspot.com, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan cara flash oppo r821, adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut : [6]
  1. Flashtool Versi 5 
  2. Mtk droid tool and root 
  3. MT65xx usb driver
  4. MT6577 usb vcom driver
  5. Stock Rom Oppo R821  (Pass : oppomobile.vn)
  6. All Stock Rom Firmware Oppo

Setelah menyiapkan ke enam bahan tersebut, kemudian lanjutkan langkahnya seperti berikut ini :
  • Install Driver 
  • Extrak Stock Firmware Oppo R821
  • Jalankan Flashtool.exe
  • Pada Scatter Loading file, arahkan ke file scatter yang terdapat di stock ROM yang tadi di pilih download dan sudah diextrak menggunakan Winrar
  • Preloader jangan di centang
  • Klik download pada SP flash Tool
  • Matikan Oppo R821, lalu hubungkan ke komputer dengan kabel USB
  • Tunggu proses loading jalan di Flashtool hingga ada lingkaran hijau tanda Selesai

Ada hal penting yang harus dilakukan sebelum melakukan Flashing firmware, yaitu pastikan terlebih dahulu bahwa Baterai Android sudah terisi sedikitnya 50 %  kemudian pastikan bahwa sudah mendownload firmware sesuai dengan tipe Android yang akan diinstal ulang. Setelah selesai mendownload driver dan firmware, barulah dapat dilakukan tutorial berikut ini :

Cara Flashing Stock Firmware Via SP Flash Tool:

  • Download dan Install Usb Driver mediatek di dalam computer 
  • Matikan Handphone dan lepaskan batre dan pasang lagi 
  • Download Stock firmware Mediatek sesuai dengan tipe Android Anda, dan Extrack di dalam computer
  • Download dan Extrack SP Flash Tool di computer, kemudian buka SP Flash Tool 
  • Pilih Scater Loading di sebelah kanan dan arahkan ke Firmware yang Anda download tadi dan pilih Android Scatter
  • Setelah memilih Scatter loading Firmware maka SP flash tool akan menyiapkan file 
  • Pilih Download pada SP Flash tool  
  • Sambungkan Handphone Anda menggunakan Cable usb tanpa batre atau memakai baterai sambil menekan volume up atau volume down dan biarkan Computer driver mendeteksi perangkat android hingga proses flashing berjalan 
  • Setelah Flashing Selesai akan muncul tanda centang hijau menandakan handphone sudah berhasil di flash
  • Tutup SP Flashtool di computer dan kemudian Cabut sambungan USB dari android , setelah hidupkan Handphone 

Namun, jika sudah melakukan semua cara tersebut dan belum berhasil juga atau kondisi smartphone jadi semakin bermasalah kemungkinan terjadi masalah lain pada bagian hardware sehingga harus dilakukan pengecekan ulang.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukan cara flash oppo r821 sendiri pastikan terlebih dahulu bahwa smartphone tersebut tidak mempunyai masalah lain di bagian hardware nya. Apabila tidak bisa melakukannya sendiri atau takut jika mengalami resiko kerusakan / kegagalan disarankan agar mengeluarkan sedikit biaya untuk menggunakan jasa orang yang dapat mem-flashing smartphone.

Ketika memilih tempat untuk memflashing ulang smartphone juga harus benar-benar berhati-hati, karena di luaran sana terdapat banyak tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab demi meraub keuntungan. Pastikan bahwa pembaca sudah memilih tempat atau counter yang bisa dipercaya. 


Tips Mencegah Penurunan Kinerja Smartphone

Alangkah baiknya, jika terus memperhatikan dan merawat smartphone agar fungsi serta kinerjanya tetap optimal. Mengutip informasi dari maxmanroe.com, berikut ini ada beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah menurunnya kinerja smartphone : [7]

1. Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Menggunakan live wallpaper memang berguna untuk memperindah tampilan smartphone tetapi hal ini justru akan menurunkan kecepatan smartphone ketika digunakan. Oleh karena itu, gunakanlah image yang sederhana sebagai wallpaper.

2. Jangan Menjalankan Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

Menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan justru akan menurunkan performa dan kecepatan kapasitas RAM, sehingga disarankan agar tidak menjalankan terlalu banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Sebaiknya, tutuplah aplikasi yang sudah tidak terpakai.

3. Instal Aplikasi di Dalam Memori Eksternal

Ketika pengguna menginstal sebuah aplikasi atau game pada perangkat Android, secara otomatis akan masuk ke dalam memori internal sehingga hal ini akan mempengaruhi kecepatan smartphone. Untuk mengatasi hal ini disarankan untuk menginstal aplikasi di dalam memori eksternal saja.

4. Jangan Gunakan Layanan yang Tidak Perlu

Smartphone sudah dilengkapi dengan banyak layanan dan fitur yang canggih, salah satu cara yang dapat dilakukan agar tidak memperlambat kecepatan smartphone adalah tidak menggunakan layanan yang tidak begitu perlu seperti rotate layar dan menggunakan auto brightness yang berlebihan.

5. Memakai Memori Eksternal atau Slot MicroSD

Dengan menambahkan sebuah kartu memori eksternal berguna untuk memberikan ruang yang lebih lega pada kapasitas penyimpanan smartphone dan tidak akan membebani RAM sehingga kinerjanya menjadi lebih optimal untuk digunakan.

Itulah beberapa informasi yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini, semoga aplikasi seputar cara flash Oppo R821 dan informasi pelengkapnya di atas bermanfaat sebagai sumber referensi pembaca khususnya di bidang teknologi komunikasi untuk smartphone. Mohon maaf kalau ada kesalahan maupun kekurangan, terima kasih sudah membaca!

Referensi:
[1] Amazine.co, “Apa itu Smartphone? 5 Perbedaan Smartphone dengan Ponsel” diakses dari http://www.amazine.co/23760/apa-itu-smartphone-5-perbedaan-smartphone-dengan-ponsel/ 13 Oktober 2015
[2] Sridianti, “Apa Pengertian Smartphone dan Sejarah” 10 September 2015, diakses dari http://www.sridianti.com/apa-pengertian-smartphone-dan-sejarah.html 13 Oktober 2015
[3] Ririn Dwi Anggraini, “Harga Oppo Find Muse R821 Terbaru Oktober 2015 - Review Spesifikasi” diakses dari http://www.hargaoppo.com/2015/02/oppo-find-muse-spesifikasi-dan-harga.html 13 Oktober 2015
[4] Pengandaran, “Harga dan Spesifikasi Oppo Find Muse R821 Oktober 2015” 3 Oktober 2015, diakses dari http://www.hargaopposmartphone.web.id/2013/09/harga-dan-spesifikasi-oppo-find-muse.html 13 Oktober 2015
[5] Marshall Green, “ Cara Install dan Kegunaan Flash Tool” 12 September 2014, diakses dari http://dadroidrd.blogspot.co.id/2014/09/cara-install-dan-kegunaan-flashtool.html 13 Oktober 2015
[6] Zonex software, “ Cara Flashing Oppo Muse R821 Via Flashtool” 10 Juni 2015, diakses dari http://zonexsoftware.blogspot.com/2015/06/cara-flashing-oppo-muse-r821-via.html 13 Oktober 2015
[7] Maxmanroe, “[TIPS] Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lambat / Lemot” diakses dari https://www.maxmanroe.com/tips-cara-mengatasi-smartphone-android-yang-lambat-lemot.html 13 Oktober 2015

Advertisement:

Baca Juga Artikel Ini: