Cara Ganti Akun COC di Satu HP Android

Sesuai judul diatas, kali ini kita akan membahas mengenai cara ganti akun COC, tapi sebelumnya kita ulas dan kasih tips terlebih dahulu mengenai game yang lagi ngetrend ini ya. Simak selengkapnya!!!

Di jaman yang sudah semakin modern ini, hampir setiap kalangan masyarakat sudah memiliki gadget mulai dari orang dewasa, remaja hingga anak-anak. Bahkan, anak-anak lebih ahli menggunakan gadget ketimbang memainkan permainan tradisional seperti anak-anak generasi tahun 90-an.

Anak-anak generasi tahun 90-an atau anak-anak yang lahir pada tahun 90-an masih memainkan dan mengenal berbagai permainan tradisional, seperti petak umpet, gobak sodor, dan lain sebagainya. Selain dapat bermain bersama, permainan tradisional tersebut juga dapat melatih tubuh anak menjadi semakin aktif karena dapat bermain sambil belajar dan berolahraga.

Memainkan permainan tradisional anak juga dapat mengajarkan mereka tentang tata cara berinteraksi dan berbagi dengan teman-temannya sehingga dapat memupuk jiwa sosial anak sejak usia dini. Tak hanya itu saja, permainan tradisional juga dapat melatih otot-otot motorik anak agar tubuh mereka dapat berkembang dengan baik dibandingkan dengan anak-anak yang lebih suka bermalas-malasan saat bermain game modern lewat gadget.

Sementara untuk anak-anak generasi tahun 2000-an atau anak-anak kecil jaman sekarang cenderung melupakan permainan tradisional dan beralih pada permainan modern, yaitu bermain game. Pada jaman yang semakin canggih ini, game juga sudah berkembang menjadi semakin baik sehingga banyak game yang diciptakan untuk gadget agar lebih mudah untuk dimainkan mengingat bahwa manusia pada jaman sekarang tidak bisa terlepas dari gadget walaupun dalam waktu 3 hari.

Game atau permainan modern lebih disukai oleh anak-anak dibandingkan dengan permainan tradisional. Pasalnya, game pada gadget atau game digital lainnya dianggap lebih seru untuk dimainkan meskipun hanya dimainkan oleh satu orang saja mengingat bahwa game-game tersebut telah didesain sekedemikan rupa agar menarik untuk dimainkan. Sedangkan, untuk permainan tradisional cenderung lebih melelahkan dan akan terasa membosankan apabila dimainkan oleh satu orang saja.

Salah satu game yang sedang populer dan banyak dimainkan saat ini adalah game Clash of Clans atau yang lebih dikenal dengan COC. Menurut, id.Wikipedia.org Clash of Clans merupakan permainan video game strategi kelas freemium pada perangkat bergerak yang dikelola dan dikembangkan oleh Supercell, yaitu sebuah perusahaan video game yang berasal dari Helsinki Finlandia. Kabarnya, permainan ini dirilis untuk platform iOS sekitar tanggal 2 Agustus 2012 lalu. Sementara untuk OS Android, peluncuran awal COC  dilaksanakan di Finlandia dan Kanda pada tanggal 30 September 2013. Kemudian, pada tanggal 7 Oktober 2013, permainan ini mulai dirilis secara Internasional di Google Play. [1]

Permainan ini tak hanya digandrungi dan dimainkan oleh anak-anak saja, melainkan menjadi permainan favorit untuk segala usia dari anak-anak hingga dewasa. Hal ini disebabkan karena Clash of Clans atau COC dianggap sebagai permainan yang menyenangkan dan dapat melatih kemampuan berpikir untuk orang yang memainkannya.

COC atau Clash of Clans merupakan sebuah game multiplayer online, dimana pemainnya dapat membangun atau menciptakan pasukan, melatih pasukan, kemudian dapat menyerang pemain lain supaya mendapatkan emas, elixir dan dark elixir. Tak hanya itu saja, pemain juga dapat membangun benteng pertahanan untuk melindungi pasukan dari serangan pasukan musuh. Pemain dapat melatih dan meningkatkan jumlah dan kemampuan pasukan. Game dari Finlandia ini telah dilengkapi dengan adanya kampanye pseudo, dimana pemain diharuskan untuk menyerang benteng-benteng desa milik goblin.


Mengenal Game Clash of Clans bagi Pemula

Bagi para pemain pemula, sebaiknya ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum bermain. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bangunan

Agar emas, elixir dan dark elixir dapat disimpan, pemain harus membangun bangunan berupa tambang emas, kemudian menyimpannya pada kolektor elixir serta penyimpanan elixir. Elixir dapat digunakan dalam beberapa hal seperti melatih pasukan, membangun dan meng-upgrade bangunan serta dapat digunakan untuk melakukan penelitian di laboratorium untuk meng-upgrade pasukan. Secara keseluruhan bangunan digunakan untuk menyerang basis pemain lawan.

2. Pasukan

Di dalam permainan Clash of Clans atau COC, pasukan yang digunakan ada beberapa jenis pasukan diantaranya adalah Tier 1, Tier 2, Tier 3, Pasukan Dark Elixir dan Heroes. Tier 1 merupakan pasukan yang terdiri dari barbarian, cPemanah dan Goblins. Tier 2 merupakan pasukan yang terdiri dari Wall Breakers, Giants, Balon dan Wizard. Kemudian, Tier 3 merupakan pasukan yang terdiri dari Dragon, PEKKA dan Healer. Sementara Paukan Dark Elixir terdiri dari Minion, Golem, Witches, Hog Riders, dan Hog Riders. Sedangkan, Heroes merupakan pasukan dari Raja Barbarian dan Ratu Archer.

cara ganti akun coc
Sumber Gambar:
https://www.flickr.com/photos/85217387@N04/8639162878

3. Perang Clan

Sesuai dengan namanya, cara bermain game ini adalah dengan bertempur melawan clan lainnya. Setiap Clan diberi satu hari persiapan dan satu hari perang. Setiap kerusakan yang terjadi pada clan lawan akan menghasilkan bintang untuk clan pemain, sehingga clan yang mengumpulkan bintang paling banyak dinyatakan sebagai pemenang. Kemudian, pemenang juga akan mendapatkan bonus rampasan perang yang akan 
tersimpan di clan castle.

4. Gems

Apa itu Gems? Gems juga merupakan mata uang yang akan diberikan setelah menyelesaikan prestasi tertentu dan secara acak diberikan pada saat membersihkan rintangan tertentu pada kompleks pemain. Ada cara lain yang dapat dilakukan untuk memperoleh Gems, yaitu dengan menggunakan dibeli lewat aplikasi dengan menggunakan uang dunia nyata. Gems sangat perlu didapatkan untuk mempercepat setiap aspek dari permainan ini.

Setelah mengetahui bagian-bagian apa saja yang terdapat pada permainan ini, bagi yang masih kebingungan untuk memainkannya khususnya bagi para pemula di sini juga akan dijelaskan mengenai tata cara bermainnya.

Pada awal permainan, pemain akan diberikan tanggung jawab untuk memimpin sebuah kota yang dibangun dengan menggunakan elixir dan emas yang didapatkan dari tambang. Untuk mengambil emas dan elixir tersebut, pemain mempunyai dua pekerja untuk membangun kota kemudian pemain juga dapat memilih letak bangunan yang dianggap sesuai. Setelah beberapa bangunan sudah jadi, pemain bisa menciptakan pasukan untuk menyerang kota atau klan lainnya. Namun, jika kota yang akan diserang sedang aktif maka tidak dapat diserang dan baru bisa diserang saat kota tersebut tidak aktif atau tidak sedang membukanya. Kota atau clan lainnya juga bisa melakukan penyerangan di kota yang sudah pemain bangun. Jika kota sudah diserang hingga tidak ada satupun bangunan yang tersisa, maka pemain akan mendapatkan gratis bonus shield yang setara dengan prosentase kehancuran kota. Namun, resikonya pemain akan kehilangan resource dan trophy.


Tips Bermain COC bagi Pemula

Sebenarnya, walaupun butuh kesabaran tinggi, permainan ini memang cukup mudah dan simple untuk dilakukan karena pemain cukup membangun kota, membangun pasukan, menyerang kota lain dan membangun clan secara bersamaan dengan cepat dan efisien. Menurut dee-nesia.com dan berdasarkan pengalaman dari penulis, ada tips untuk memainkan game Clash of Clans bagi para pemula. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut : [2]

1. Bermainlah dengan Sabar

Hal pertama yang harus dilakukan ketika bermain COC adalah bermain dengan sabar. Simpanlah gems yang sudah dikumpulkan karena gems bisa digunakan untuk banyak hal, termasuk digunakan untuk membuat bangunan yang terbatas waktu ketersediaanya.

2. Cobalah untuk Menyerang saat Sudah Mempunyai Pasukan

Sebaiknya, jangan terlebih dulu mementingkan tambang level tinggi dan menunggunya untuk menghasilkan gold maupun elixir. Sebaiknya, mulailah menyerang kota lain saat sudah mendapatkan tipe pasukan yang pas.

3. Menciptakan Pertahanan Kota yang Bagus

Sebelum mendapat serangan, perhatikan pertahanan kota yang sudah dimiliki. Sebaiknya letakkan bangunan penyimpanan gold dan elixir di tempat yang dianggap paling terlindungi, pakailah mortar sebagai senjata utama (tempatkan di bagian tengah), kemudian gunakan canon dan tower di sekeliling kota untuk menangkal serangan, buatlah tembok untuk melindungi setiap bangunan (bukan tembok melingkar untuk semua bangunan, usahakan untuk memposisikan senjata pertahanan sebanyak mungkin, letakkan senjata yang dirasa lebih kuat di tengah kota dan yang terakhir letakkan bangunan yang kurang penting di bagian luar agar sistem pertahanan punya waktu untuk memperbaikinya.

4. Membuat Aliansi dengan Kota Lain

Setelah mempunyai level kota yang sudah bagus dan sudah menyelesaikan level single player, bangun ulang castle dan bangunlah aliansi dengan pemain lainnya. Cara ini tidak hanya berguna untuk menambah banyak teman tetapi juga dapat menambah banyak musuh. Namun, dari sini pemain akan mendapat banyak keuntungan salah satunya juga mendapat bantuan dari kota aliansi dan sebaliknya pemain juga harus membantu kota aliansi ketika mereka mendapat serangan.

5. Memperhatikan Kota yang Akan Diserang

Sebelum memilih kota lawan yang akan diserang sebaiknya perhatikan beberapa hal, seperti level kota tersebut, pertahanan kota dan jumlah pasukan yang dimiliki. Jangan terlalu agresif dengan asal-asalan menyerang sebelum mengetahui kondisi kota lawan karena justru akan merugikan. Jika, sudah diketahui kondisi kota yang akan diserang pemain dapat meningkatkan kemampuan pasukan sebelum melakukan penyerangan.

Jalantikus.com mengungkapkan bahwa tantangan terbesar saat bermain game Clash of Clans atau COC adalah mendapatkan mata yang premium yang disebut dengan Gems. Gems memang bisa didapatkan secara gratis setelah menyelesaikan setiap misi yang ada tetapi hal tersebut sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, jangan gunakan gems pada awal permainan karena di awal permainan pemain sudah mendapatkan 2 builder secara gratis tetapi untuk yang ketiga membutuhkan 500 Gems. [3]

Berdasarkan pengalaman penulis, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hadiah berupa Gems yaitu dengan menyelesaikan Achievements yang ada di dalam permainan ini. Biasanya di dalam Achievements terdapat tantangan yang bermacam-macam seperti memenangkan peperangan, mendapatkan 100 bintang dan lain sebagainya.

Selanjutnya ada tips umum umum bermain COC dari para pemain yang sudah senior. Langkah awal yang harus dilakukan saat bermain yaitu meng-upgrade semua bangunan yang berdurasi dalam hitungan menit atau jam, lalu bangunlah Builder Hut sebanyak mungkin dan turunkan trophy agar mendapatkan lawan yang mudah.

Ketika ingin menyerang, sebaiknya pilihlah lawan berdasarkan jumlah trophy mereka punya dan carilah lawan yang mempunyai banyak elixir dan gold, minimal 100 ribu. Kemudian, setelah camp penuh dengan pasukan buatlah pasukan lagi agar tidak perlu menunggu terlalu lama ketika ingin menyerang lagi. Sebelum memutuskan untuk melakukan penyerangan, aturlah strategi terlebih dahulu supaya dapat memenangkan peperangan.

Jauh sebelum itu semua ada hal yang penting untuk dilakukan ketika memainkan permainan ini. Disarankan untuk menghubungkan akun email yang dimiliki dengan game Clash of Clans ini. Cara ini berguna sebagai antisipasi agar tidak melanjutkan permainan dari awal saat bermain pasa gadget atau smartphone yang berbeda.

Tapi bagaimana jika akun email yang disambungkan dengan game COC bermasalah seperti lupa password, terblokir dan lain sebagainya? Nah, bila mengalami hal ini disarankan agar mengganti akun email. Sebenarnya mengganti email COC mempunyai 2 arti yang berbeda, yaitu dengan maksud mengganti email baru untuk membuka akun baru atau akun COC lainnya dan mengganti email baru tanpa mengubah COC yang sudah dimainkan.


Cara Ganti Akun COC

Untuk lebih jelasnya, artikel ini akan menjelaskan mengenai tata cara mengganti email kedua opsi ini yang dianalisir dari sumber caranesia.com. [4]

I. Mengganti Email COC untuk Membuat Akun Baru

  • Pastikan bahwa akun COC dengan akun gmail sudah terhubung yang ditandai dengan adanya tulisan “Connected” di bagian pengaturan game agar akun COC tidak hilang. 
  • Tambahkanlah alamat email berupa Gmail baru dengan masuk ke pengaturan – akun – tambahkan akun – pilih google kemudian masukan alamat gmail baru dan bersihkan data yang ada di aplikasi dengan klik setting – advance setting – apps – clash of clans lalu clear data. Setelah itu barulah bisa membuka aplikasi COC dan ikuti saja perintah yang ada untuk membuat nama akun COC. Janganlah lupa untuk menyambungkan akun baru tersebut ke google+ agar akun tersebut tidak hilang.
  • Untuk pindah akun, pastikan bahwa sudah memiliki 2 akun yang sama-sama sudah tersambung dengan email / akun Google+, lalu putuskan terlebih dahulu sambungan akun pada akun Google+ hingga muncul tulisan diconncted, jika sudah klik “Link a Device” dan pilihlah email lain untuk menghubungkan ke akun COC lainnya, kemudian muncul peringatan bahwa akun akan terload ke akun lain, ketik CONFIRM menggunakan huruf kapital, secara otomatis aplikasi akan terload dan sudah berhasil berpindah akun.


II. Mengganti Email Akun COC Baru

Untuk cara ganti akun coc yang ini diperlukan keberuntungan yang sangat tinggi karena tidak semua permintaan akan dikabulkan oleh supercell, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya terlebih dahulu yaitu dengan mengirim aduan ke pihak supercell dengan klik pengaturan – Help – And support – My Account – Save Your Progress With Google+ - Klik fitur pojok kanan atas dan isikan dengan kalimat berikut ini :
“Dear supercell 
I want to replace the G + my email account because the email that I connected with business email, I feel less safe and I hope you can grant my request. 
Best Regards”
Sebagai informasi tambahan yang mengutip dari wongtamfan.blogspot.co.id, bisa juga langsung mengirimkan pesan seperti ini : [5]
"Dear supercell, i want to change email from (alamat email Anda yang lama) to (alamat email yang baru) because the email that i connected with business email, i feel less safe and i hope you can grant my request"

Jika sudah dikirim, tunggu kemudian, biasanya akan muncul balasan seperti ini :

Hello Chief, 

Thanks for writing in and please accept my apologies for this delay 
I understand that you wish to switch thr Google+ account linked to your village "joker". In these cases, I need to make sure that the rightful owner of the game who wishes to switch the Google+ account. To verify this, I would like to ask you few question to confirm that this account is yours and was created by you: 
When (month & year) did you star playjg on this account ? 
Where (which city) did you create the account? 
What device (model#) do you use to play the account ?
Regards,

Sebagai balasaanya selanjutnya, kirimkan pesan seperti ini :

I start playing the game about (kapan anda buat clash of clannya, bulan & tahun), in (kota anda waktu membuat COC). I'm sorry to forget exactly month i create it, i play this village in (merk hp dan model yang Anda gunakan)

Untuk konfirmasi selanjutnya, pihak dari supercell biasanya akan membalas dengan:

Thanks for replying back! 
I had cleared your Google+ account connected to yout game, now you will be able to link your game to your desired Google+ to save your game progress. 
To connected your village to Google+: 
1. Close Clash of Clans 
2. Logout from old Google+ 
3. Login with your desired Google+ 
4. Open Clash of Clans and go to the in-game setting. 
Press the Google+ sign in button to connect your village to Google+ 
If you would like to know anything else about using Clash of Clans with Google+ please do not hesitate to ask 
Have a good day! 

Setelah mendapatkan balasan seperti itu, biasanya akan disconnected dengan sendirinya, kemudian tinggal klik disconnected an pilihlah email baru yang akan dibuat. 


Meskipun terlihat mudah, di beberapa kasus ada pemain yang mendapatkan balasan yang cukup lama dari pihak supercell sehingga mereka harus menunggu lebih lama dengan metode cara ganti akun COC tersebut. Ada pula yang mengirimkan pesannya secara berulang-ulang setiap harinya hingga mendapatkan balasan yang diinginkan. Jadi,  meskipun sebenarnya cara ganti akun COC ini tidak menjamin 100% berhasil, setidaknya perlu mencoba cara ganti akun COC tersebut kan?

Ada saran juga, walaupun bermain game COC sangat menyenangkan, jangan sampai permainan ini berdampak buruk pada aktivitas di dunia nyata, seperti berkurangnya waktu untuk belajar, pekerjaan, berkumpul dengan orang-orang terdekat dan lain sebagainya. Batasan waktu ideal yang digunakan untuk bermain game hanya sekitar 1 hingga 2 jam per harinya. kemungkinan besar, jika melebihi itu semua akan berpengaruh pada kemampuan untuk berinteraksi dan akan menganggu kesehatan tubuh terutama untuk kesehatan mata,

Sebaiknya, mainkan permainan ini ketika sedang memiliki banyak waktu luang sehingga dapat digunakan sebagai hiburan yang menyenangkan. Tidak memainkannya setiap saat juga memiliki keuntungan sendiri untuk pemain, yaitu agar tidak bosan menunggu waktu pembangunan yang lama.

Khusus untuk anak-anak, sebaiknya kenalkan permainan tradisional bagi mereka agar mereka mengerti bahwa permainan tradisional tidak kalah menyenangkan dengan permainan modern. Kemudian, batasilah penggunaan gadget untuk anak dan sebagai gantinya berikan permainan lainnya seperti bola, hula-hoop, loncat tali, skipping atau ajak mereka untuk bersepeda bersama supaya otot-otot motorik di dalam tubuhnya terbiasa bergerak. Biasanya, anak yang lebih aktif bergerak tidak rentan terkena penyakit karena sudah mempunyai sistem imunitas yang kuat.

Demikianlah, informasi seputar game Clash of Clans atau COC, mulai dari pengertian, cara bermain, strategi bermain hingga cara ganti akun COC. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi pencinta game COC. Mohon maaf juga bila ada kesalahan atau kekurangan. Terima kasih!

Referensi:
[1] Dee-nesia, “Clash of Clans: Tips Trik Cara Bermain” diakses dari http://www.dee-nesia.com/clash-of-clans-tips-trik-cara-bermain/ 09 Oktober 2015
[2] Wikipedia, “Clash of Clans” diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Clash_of_Clans 09 Oktober 2015
[3] Em Yopik Rifai, “Kiat Bermain Clash of Clans yang Wajib Kamu Ketahui” 07 September 2015, diakses dari https://jalantikus.com/tips/kiat-bermain-clash-of-clans-yang-wajib-kamu-ketahui/ 09 Oktober 2015
[4] Caranesia.com “Tutorial Cara Mengganti Email Akun COC Di Android” 09 April 2015, diakses dari http://caranesia.com/tutorial-cara-mengganti-email-akun-coc-di-android/ 09 Oktober 2015
[5] Felix Prihantoro, “CARA MENGGANTI EMAIL COC Terbaru 2015”  30 Mei 2015, diakses dari http://wongtamfan.blogspot.co.id/2015/05/cara-mengganti-email-coc-terbaru-2015.html 09 Oktober 2015

Advertisement:

Baca Juga Artikel Ini: