Cara Ganti Sandi Gmail yang Lupa dengan Mudah

Di artikel ini, kita akan mengulas tentang cara ganti sandi Gmail, akan tetapi sebelum masuk ke pembahasan utama, mari kita ulas tentang komunikasi melalui email terlebih dahulu ya!

Semua orang yang masih ada hingga massa sekarang pasti sudah mengetahui bahwa ada banyak hal yang berubah secara signifikan bahkan semua perubahan tersebut menjadi lebih dominan saat ini. Dari semua perubahan tersebut memiliki dampak tersendiri, mulai dari dampak positif maupun dampak negatifnya. Salah satu dampak positif yang ditimbulkan adalah dapat menunjang bahkan dapat memanjakan manusia di massa sekarang. Sementara dari segi dampak negatifnya, manusia menjadi ketergantungan dengan semua layanan canggih, perangkat pintar dan segala sesuatunya yang berhubungan dengan teknologi modern.

Di jaman sekarang yang merupakan jaman modern, masyarakat dimanjakan dengan segala fasilitas yang begitu memadai. Pasalnya, sudah banyak perangkat canggih yang mendukung dan menunjang kebutuhan sehari-hari. Namun, agar tidak salah untuk menerimanya masyarakat harus menggunakannya dengan baik agar lebih bermanfaat.

Salah satu perangkat canggih yang dapat menunjang kehidupan manusia, diantaranya adalah sarana komunikasi. Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa masyarakat jaman dahulu banyak yang merasa kesulitan ketika ingin berkomunikasi dengan kerabatnya yang jauh. Biasanya untuk menghubungi orang-orang yang jauh, masyarakat jaman dahulu menggunakan jasa kurir untuk mengirimkan pesan.

Seiring dengan berkembangnya jaman akses untuk berkomunikasi jarak jauh menjadi semakin mudah karena sudah tersedia telepon rumah, telepon umum hingga Handphone yang bisa digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh. Kemudian, Handphone semakin berkembang menjadi perangkat yang lebih pintar sehingga dapat digunakan dalam beberapa hal seperti browsing, chatting, mengirim email dan lain sebagainya.

Sebagai pendukung teknologi tersebut terciptalah teknologi lainnya, seperti mesin pencari Google, layanan untuk mengirim pesan atau email seperti Yahoo mail, Gmail, Hotmail dan lain sebagainya. Hal ini membuktikan bahwa di jaman modern in masyarakat semakin mudah untuk berkomunikasi meskipun jarak jauh sekalipun bahkan mereka juga dapat berkenalan dan berkomunikasi dengan orang-orang yang belum mereka kenal sebelumnya.


Gmail: Layanan Email Gratis dari Google

Bagi yang belum mengetahui tentang Gmail, akan dijelaskan sedikit informasi tentang Gmail. Menurut tutorialinternet.wordpress.com, Gmail atau Google Mail merupakan layanan email berbasis web yang disediakan oleh Google secara gratis. Layanan ini diluncurkan pada tanggal 21 Maret 2004 lalu. Kabar kedatangan secara perdana sempat menghebohkan banyak kalangan karena Gmail langsung menyediakan kapasitas email sebesar 1 GB yang dianggap sebagai hal yang sangat tidak wajar pada saat itu. [1]

cara ganti sandi gmail
Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Gmail_logo.png

Kemudian, pada awal kehadirannya untuk pendaftarannya tidak dibuka untuk umum tetapi harus melalui undangan dari orang yang sebelumnya telah mendapatkan account, sehingga hanya segelintir orang saja yang bisa mendapatkan account Gmail. Kemudian, untuk menghargai pengguna Gmail maka setiap detik kapasitas layanan ini harus terus bertambah.

Informasi lainnya datang dari ddyusupblogger.wordpress.com, yang mengungkapkan bahwa Gmail mampu menyediakan kapasitas penyimpanan lebih dari 7538 MB dan jumlah tersebut akan terus bertambah setiap waktu. Gmail juga telah mengadopsi teknologi dari Google sehingga memudahkan penggunaannya untuk mencari sesuatu dari email mereka dan dapat menampilkan iklan berdasarkan email yang diterima oleh pengguna. Tak hanya itu saja, Gmail juga dapat mengirimkan attachment atau lampiran hingga 20 MB per email dan email tersebut juga dapat diurutkan dalam bentuk percakapan.


Langkah-Langkah Membuat Akun Gmail Baru bagi Pemula

Bagi yang belum mengetahui tentang tata cara membuat Account Gmail, dari sumber informasi yang sama juga telah menjelaskan langkah-langkah untuk membuat Account Gmail baru.  [2]

Langkah-langkah Membuat Account Gmail :
  1. Siapkan koneksi internet, kemudian masuklah ke http://gmail.com. Jika sudah berhasil masuk maka akan tampil sebuah gambar dan pilihlah atau klik create an account atau buat akun
  2. Kemudian, isi semua formulir pendaftaran yang sudah disediakan
  3. Setelah itu lakukan verifikasi nomor telepon dengan mengisi kolom yang sudah disediakan. Setelah itu pihak Gmail akan memberikan sms kode verifikasi,
  4. Masukkan kode verifikasi tersebut di dalam kolom Gmail yang sudah disediakan
  5. Apabila kode verifikasi yang dimasukkan sudah benar, maka ikutilah semua perintah selanjutnya seperti mengupload foto dan langkah-langkah berikutnya
  6. Setelah itu, klik tombol lanjut ke Gmail dan akan ada tampilan antar muka Dashboard Gmail. Di dalam Dashboard pengguna dapat mengirim email, membaca email dan menerima email.

Bagaimana, cukup mudah kan untuk membuat account Gmail baru? Selain dapat digunakan sebagai mengirim dan menerima email, layanan Google Mail atau Gmail juga mempunyai beberapa keunggulan atau kelebihan menarik jika dibandingkan dengan layanan email lainnya.


Kelebihan Google Mail

Berdasarkan informasi yang dikutip dari sumber tukangjalan.com, berikut ini adalah beberapa kelebihan dari layanan Google Mail atau Gmail yang harus diketahui oleh pembaca. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut : [3]

1. Satu Akun untuk Semua

Inilah kelebihan lain dari layanan dari Google, jika sudah mempunyai satu akun Google maka secara otomatis akun tersebut bisa digunakan untuk layanan Google lainnya seperti Youtube, Blogger, Search Console dan produk Google lainnya sehingga jika ingin menggunakan layanan Google lainnya pengguna tidak perlu membuat akun baru dan tidak perlu log out atau log in terlebih dahulu.

2. Tidak Pernah Kadaluarsa

Gmail dapat digunakan seumur hidup meskipun penggunanya tidak pernah membuka email dalam waktu bulanan bahkan tahunan karena Gmail mempunyai sifat yang tidak bisa kadaluarsa.

3. Memiliki Kapasitas Penyimpanan Besar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Gmail mempunyai kapasitas penyimpanan email yang cukup besar, yaitu sekitar 15 GB dan jika pengguna merasa kurang dengan kapasitas penyimpanan tersebut maka bisa diupgrade hingga 100 GB dengan membayar $1,99 per bulannya.

4. Memanjakan Pengguna

Gmail dapat disinkronisasikan dengan Google Chrome sehingga dapat terhubung dengan data di internet, kemudian bisa menggunakan email lain dengan menambahkan user email pribadi ke dalam Gmail dan di dalam Gmail  dapat digunakan untuk melakukan video call maksimal 10 orang.

5. Lebih Banyak Fitur

Gmail mempunyai lebih banyak fitur seperti Snooze yang berguna untuk menunda membaca email yang masuk di dalam inbox, kemudian saat mengirim email alamat email tujuan secara otomatis akan masuk ke dalam kotak email, dapat melihat file tanpa keluar dari Gmail, Email yang masuk dapat diberi label sehingga bisa dikelompokkan di dalam folder dan tanpa harus melakukan refresh, Email baru bisa langsung terlihat. 

6. Anti Spam Terbaik

Gmail merupakan layanan yang mempunyai anti spam terbaik karena dapat memfilter spam agar tidak masuk ke dalam email. Hal ini tentunya sangat memudahkan penggunanya ketika menerima dan membaca email baru.

7. Lebih Cepat

Menurut hasil research yang diambil di dunia maya atau internet, banyak orang yang mengatakan bahwa Gmail jauh lebih cepat untuk diakses dibandingkan dengan layanan email lainnya seperti Yahoomail dan Hotmail.


Tips Melindungi Akun agar Tetap Aman 

Setelah berhasil membuat akun Gmail dan jika ingin agar akun tersebut tetap aman dari jangkauan para pembobol atau tangan-tangan jail yang ada di luar sana, hal yang harus dilakukan adalah mengganti password atau kata sandi secara berkala. Menurut sumber informasi dari trikmudahseo.blogspot.com ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat atau mengganti password. Jika ingin menggantinya, kata sandi atau password yang sudah pernah digunakan sudah tidak bisa digunakan lagi sehingga perlu membuat kata sandi baru. Adapun kriteria kata sandi yang aman diantaranya adalah : [4]
  • Buatlah sandi atau password dengan menggunakan perpaduan antara abjad dengan angka
  • Kemudian, usahakan abjad yang digunakan terdiri atas huruf kecil dan huruf kapital
  • Masukkan jumlah karakter yang semakin banyak
  • Yang terpenting buatlah sandi yang rumit namun mudah untuk diingat


Cara Ganti Sandi Gmail dengan Mudah

Masih mengutip dari sumber yang sama sebagai referensi, berikut ini juga akan dijelaskan mengenai tata cara ganti sandi Gmail atau password Google Mail:
  • Kunjungi halaman pengaturan akun kemudian arahkan cursor pada sidebar kiri kemudian klik keamanan
  • Kemudian klik bagian tombol ubah sandi di bagian atas halaman, setelah itu pengguna akan diminta untuk memasukkan kata sandi saat ini, kata sandi baru dan konfirmasi sandi baru
  • Setelah berhasil, klik ubah sandi dan password akan terganti dengan sendirinya
  • Ada beberapa kondisi tertentu yang menjadi bahan pertanyaan pengguna akun Gmail, yaitu 


Cara Ganti Sandi Gmail yang Lupa

Bagaimana cara ganti sandi gmail atau password akun jika penggunanya lupa dengan password awalnya? 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah cobalah untuk memastikan dan mengingat-ingat kembali password tersebut. Jika benar-benar sudah lupa, maka ikutilah langkah-langkah berikut yang dianalisir dari sumber duniawp.com. [5]

Langkah awal yang harus dilakukan adalah masuk ke halaman https://www.google.com/accounts/ForgotPasswd”target=“blank”>masalahlogin, kemudian pilihlah “saya tidak tahu sandi saya” lalu masukan alamat email dan klik lanjutkan

Setelah itu, pasti diminta untuk memasukkan kata sandi terakhir dan klik saja “saya tidak tahu” maka pengguna akan di bawa menuju halaman untuk mengkonfirmasi lewat SMS. Namun, jika sudah tidak bisa mengakses nomor hp, maka klik “saya tidak dapat mengakses ponsel” kemudian akan muncul langkah berikutnya yaitu konfirmasi email pemulihan. Jika dengan melakukan email pemulihan tetap tidak bisa, maka lakukan dengan mengkonfirmasi identitas.

Cara Ganti Sandi Gmail / Password di Android

Dengan mengutip sumber informasi dari emiscara.blogspot.co.id, pada artikel kali ini juga akan dijelaskan mengenai tata cara dan langkah-langkah mengganti password Gmail pada perangkat OS Android. Adapun caranya adalah sebagai berikut : [6]
  • Pertama-tama kunjungi halaman ini https://myaccount.google.com/
  • Kemudian login menggunakan username dan password 
  • Selanjutnya scroll ke bawah, lalu tap Sign in to Google/Masuk ke Google di bagian Sign-in & security atau Masuk & keamanan jika menggunakan setting Bahasa Indonesia 
  • Kemudian pilih Password/Sandi lalu masukan password baru anda sebanyak dua kali dan terakhir tap CHANGE PASSWORD
  • Hal penting yang harus dilakukan ketika akun yang digunakan sama dengan akun Google Play Store, maka yang harus dilakukan oleh pengguna adalah memasukkan ulang password ketika membuka atau mengunjungi aplikasi Play Store.

Setelah mengetahui tata cara beserta langkah-langkah untuk mengubah kata sandi atau password Gmail melalui OS Android, sumber yang sama juga menjelaskan tentang tata cara untuk mengubah password email melalui PC. 

Tips Mengubah Password lewat PC (Laptop/Komputer)

Sebenarnya untuk mengganti password Gmail lewat PC, pengguna dapat menggunakan cara yang sama yaitu dengan menggunakan cara di atas dan langsung menuju halaman https://myaccount.google.com/. Apabila ingin menggunakan cara yang lebih cepat lagi, maka disarankan untuk menerapkan tata cara berikut ini, yaitu hanya menggunakan 3 langkah saja.
  1. Kunjungi halaman ini https://accounts.google.com/EditPasswd
  2. Setelah itu log in
  3. Selanjutnya masukan kata sandi baru sebanyak dua kali dan klik Change Password

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengganti password atau kata sandi Gmail, sebaiknya pilih salah satu cara yang menurut pembaca lebih mudah untuk dilakukan.

Ketika sudah mengganti password atau kata sandi Gmail, disarankan agar menggunakan sandi yang rumit namun masih tetap mudah untuk diingat, seperti membuat kata sandi yang menggunakan perpaduan antara angka dan abjad, kemudian menambahkan abjad huruf kecil dan huruf kapital serta membuat kata sandi yang lebih dari 4 karakter.

Cara Mengamankan Password

Supaya password baru mudah untuk diingat atau agar tidak lupa, simpanlah password di dalam catatan khusus seperti notepad, di catatan smartphone atau di dalam buku tulis. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya lengkapi dengan menggunakan akses tambahan, yaitu mengaktifkan verifikasi dua langkah untuk mencegah agar tidak dibajak atau dibobol oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Berdasarkan sumber trikmudaseo.blogspot.co.id, mengatakan bahwa cara melindungi akun Gmail tidak dapat dijadikan bahan jaminan bahwa akun tersebut akan terlindungi 100%. Prinsip kerja dari verifikasi dua langkah ini memang hampir sama seperti token PIN untuk bertransaksi ke e-banking. Adapun cara untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah untuk melindungi akun Gmail adalah sebagai berikut : [7]
  1. Kunjungilah halaman “Setelan Akun Google” kemudian link “Keamanan” pada sidebar dan carilah sesi Verifikasi 2-langkah lalu klik tombol Setelan
  2. Setelah itu, pengguna akan dibawa menuju halaman Start proses aktivasi Verifikasi 2 langkah lalu klik tombol Mulai penyiapan
  3. Kemungkinan, pengguna akan diminta untuk mengakses ulang akun dengan memasukan password, memasukkan nomor Handphone kemudian pastikan bahwa pilihan pesan teks tercentang dan klik tombol Kirim kode
  4. Selanjutnya tunggu SMS dari Google yang berisikan kode berupa 6 digit angka untuk dimasukkan ke dalam kolom Verifikasi centang kolom “Percayai komputer ini” dan lakukan konfirmasi
  5. Berikutnya pengguna akan diberikan kesempatan untuk menambahkan pilihan fleksibilitas untuk mengakses keamanan namun terkadang harus memasukkan password sekali lagi. Sebenarnya pada pilihan ini pengguna dapat menambahkan nomor hp cadangan untuk berjaga-jaga

Dengan mengaktifkan akses verifikasi 2 langkah, akun Google Mail menjadi lebih aman jika dibandingkan dengan menggunakan password biasa saja. Seperti yang sudah diketahui dari informasi di atas, untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah dibutuhkan password atau kata sandi sebagai proses verifikasi ulang.

Walaupun dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah untuk akun Gmail lebih aman, namun tidak menjadi jaminan bahwa akun tersebut akan aman 100% dari para hacker. Sistem keamanan tersebut masih tetap bisa dibobol apabila Handphone, laptop atau perangkat komputer telah dicuri oleh seseorang dan masih bisa dibobol oleh para hacker yang sangat cerdas di bidang IT atau Ilmu Teknologi.

Itulah beberapa informasi yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini mengenai cara ganti sandi gmail. Semoga artikel ini dapat menjawab keingin tahuan pembaca dan dapat memberikan solusi untuk menjawab masalah pembaca tentang informasi seputar Gmail atau Google Mail.  

Referensi:
[1] Tutorialinternet, “Apa itu Gmail / Google Mail ?” diakses dari https://tutorialinternet.wordpress.com/2008/06/03/apa-itu-gmail-google-mail/ 12 Oktober 2015
[2] Ddyusupblogger, “Serba-serbi Gmail” 25 Oktober 2015, diakses dari https://ddyusupblogger.wordpress.com/tag/sejarah-gmail/ 12 Oktober 2015
[3] TukangJalan.com, “17 Kelebihan Gmail Dibanding Dengan Yang Lain” diakses dari http://tukangjalan.com/web/kelebihan-gmail/ 12 Oktober 2015
[4] Trikmudahseo, “Cara Mudah Mengganti Password GMAIL Google” diakses dari http://trikmudahseo.blogspot.com/2013/03/cara-mudah-mengganti-password-gmail.html 12 Oktober 2015
[5] Widi Suseno, “Cara Mengganti Kata Sandi Akun Gmail yang Lupa “ diakses dari http://www.duniawp.com/2015/07/cara-mengganti-kata-sandi-akun-gmail.html 12 Oktober 2015 
[6] Emiscara, “Cara Mengganti Password Gmail di Android dan PC” 30 Mei 2015, diakses dari http://emiscara.blogspot.co.id/2015/05/cara-mengganti-password-gmail-di.html 12 Oktober 2015
[7] Trikmudahseo, “CARA MELINDUNGI AKUN GOOGLE DENGAN VERIFIKASI 2 LANGKAH” diakses dari http://trikmudahseo.blogspot.com/2013/03/cara-melindungi-akun-google-dengan-verifikasi-2-langkah.html 12 Oktober 2015

Advertisement:

Baca Juga Artikel Ini: