Desain Kamar Kost Ukuran 3x3 (Interior)

Artikel saat ini akan mengulas mengenai desain kamar kost ukuran 3x3. Jadi, kalau berminat, baca sampai selesai ya!

Bagi masyarakat yang hidupnya merantau, kamar kost merupakan rumah bagi mereka. Pelajar ataupun mahasiswa merupakan salah satu kalangan masyarakat yang menghuni kamar kost. Karena difungsikan sebagai rumah, kamar kost harus diciptakan senyaman mungkin untuk tempat beristirahat setelah melakukan segudang aktivitas di luar.

Bersyukurlah bagi orang yang bisa menyewa kamar kost dengan desain berkualitas karena mereka tidak perlu repot-repot untuk mengubahnya agar menambah kenyamanan penghuninya. Namun, berbeda dengan mereka yang hanya menyewa kamar kost dengan harga murah dan sederhana.

Fungsi kamar kost sendiri menjadi lebih penting bagi pelajar dan mahasiswa karena biasanya mereka diharuskan untuk mengerjakan tugas dengan deadline semalam. Oleh karena itu, suasana kamar kost harus nyaman agar mendukung konsentrasi saat belajar atau pada saat mengerjakan tugas.

Desain Interior Kamar Kos Kosan Sederhana Minimalis

Karena kamar kost memiliki ukuran ruangan yang terbatas, salah satunya berukuran 3 x 3 meter sebaiknya manfaatkan ukuran ruangan tersebut dengan tepat. Menurut arsitekbangunrumah.com, agar menciptakan kamar kost yang lebih luas dan lebih lega ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah, menggunakan furniture multifungsi, tata letak dan warna cat. [1]

Menggunakan furniture multifungsi maksudnya adalah memilih furniture seperti tempat tidur yang mempunyai banyak laci dan memilih meja belajar yang memiliki rak buku. Kemudian, pilihlah beberapa warna yang serasi tetapi jangan terlalu banyak menggunakan warna gelap. Disarankan agar memadukan warna netral dengan warna lembut seperti warna hijau pastel dengan warna putih untuk menciptakan nuansa elegan dan rasa nyaman bagi penghuni kost. Sementara untuk tata letaknya, lakukan penataan yang tepat sesuai ukuran ruangan. Selain itu, juga disarankan agar menggunakan furniture dan perabot berukuran kecil agar tidak membuat ruangan terlihat sesak.

Desain Kamar Kost Ukuran 3x3
Sumber Gambar:
https://pixabay.com/id/kamar-tidur-tempat-tidur-kamar-690129/
Di samping itu semua, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan seperti mengatur sirkulasi udara dan mengatur pencahayaan ruangan. Supaya kamar kost tidak terlihat lembab dan gelap, pasanglah ventilasi, kaca dan korden. Hal ini bertujuan agar cahaya dan udara di luar kamar dapat masuk ke dalam ruangan.

Namun, sebelum memutuskan untuk mendesain dan mengubah kamar kost sesuai dengan keinginan dapatkan ijin serta persetujuan dari pemilik kamar kost. Bila tidak diijinkan untuk mendesain atau merenovasi secara keseluruhan sebaiknya ubahlah saja desain dan tata letak di dalam ruangan, seperti dengan membeli furniture dan perabot baru yang dirasa diperlukan.

Buatlah diri senyaman mungkin seperti berada di rumah sendiri, jangan sampai desain kamar kost yang ditempati mempengaruhi kualitas istirahat yang dibutuhkan. Mengingat bahwa kamar kost bukanlah milik pribadi sebaiknya lakukan perubahan atau desain sewajarnya saja karena sewaktu-waktu kamar tersebut akan ditinggalkan sehingga akan berpengaruh pada pengeluaran budget.

Semoga bermanfaat, terima kasih sudah membaca mengenai Desain Kamar Kost Ukuran 3x3. Mohon maaf kalau ada kesalahan atau kekurangan. Terima kasih sudah membaca!

Referensi:
[1] Arsitekbangunrumah.com, “Tips Menata dan Contoh Desain Kamar Tidur Kost 3×3 dan 2×3” diakses dari http://arsitekbangunrumah.com/tips-menata-dan-contoh-desain-kamar-tidur-kost-3x3-dan-2x3/ 8 Oktober 2015

Advertisement:

Baca Juga Artikel Ini: