Desain Rumah Ukuran 6x12 Meter (Contoh Minimalis)

Desain Rumah Ukuran 6x12 Meter akan kita bahas dalam artikel kali ini. Seperti yang kita tahu, setiap manusia perlu mencukupi kebutuhan hidupnya, berupa sandang, pangan dan papan. Sandang merupakan pakaian yang dikenakan sehari-hari, pangan adalah makanan yang dikonsumsi dan papan merupakan tempat tinggal. 

Sejak jaman purbakala hingga modern, manusia membutuhkan rumah ataupun tempat tinggal. Rumah merupakan kebutuhan wajib yang harus dimiliki oleh seseorang karena dijadikan sebagai tempat berlindung dari bahaya yang mengancam, seperti hujan, panas dan lain sebagainya. Oleh karena itu, mereka menciptakan bangunan seindah mungkin agar merasa nyaman ketika berada di dalamnya.

Ingin memiliki rumah yang luas tetapi hanya mempunyai lahan tanah kecil? Jika, iya hal ini dapat diwujudkan dengan mengatur desain rumah sekedemikian rupa menjadi terlihat luas. Untuk mewujudkannya diperlukan desain dan tatanan rumah yang tepat.

Contoh Desain Rumah Minimalis Ukuran 6x12 m

Sebagai salah satu contoh, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai desain rumah berukuran 6 x 12.  Rumah yang berukuran 6 x 12 biasanya disebut dengan rumah tipe 21. Menurut, rumahminimalismodern36.com rumah dengan tipe ini mempunyai dimensi yang kecil tetapi dapat didesain dengan tampilan yang optimal. Dari segi eksterior pastikan agar rumah memperoleh pencahayaan yang cukup dan untuk interiornya disarankan untuk menggunakan ukuran kecil agar rumah terlihat lebih luas. [1]

Desain Rumah Ukuran 6x12
Sumber Gambar:
https://pixabay.com/id/rumah-negara-pedesaan-perkebunan-304190/

Kemudian, usahakan agar rumah tidak menggunakan banyak penyekat karena akan memberikan kesan ruangan yang sempit. Sebaiknya gabungkan beberapa ruangan yang diperlukan menjadi satu, seperti tidak memberi batas antara ruang tamu dengan ruang keluarga dan tidak memberi batas antara dapur dan meja makan. Perhatikan pula pada bagian lantai, agar rumah terlihat lebih luas sebaiknya gunakanlah keramik yang berukuran kecil dan yang tidak memiliki banyak motif. Apabila menggunakan keramik berukuran besar pada ruangan yang kecil akan memberikan kesan seperti dipaksakan begitu saja.

Sementara dari segi warna, pilihlah warna cat yang lebih netral atau yang tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Di salah satu dinding ruangan, gunakanlah warna yang kontras atau gunakan wallpaper yang menarik untuk memberikan aksen yang segar. Ada cara lain yang dapat digunakan untuk membuat rumah kecil terlihat lebih luas, yaitu dengan memakai penyekat ruangan berupa cermin.

Selain mengatur pencahayaan yang masuk ke dalam rumah, buatlah rumah menjadi lebih sejuk dengan menyisakan sedikit lahan di bagian belakang untuk dibuat menjadi taman. Pastikan agar taman memiliki diberikan bukaan agar sinar matahari dan pemandangan taman dapat masuk serta terlihat dari dalam rumah.

Mempunyai rumah dengan lahan yang sempit bukanlah penghambat untuk menciptakan rumah bernuansa mewah dan elegan. Dengan desain dan dekorasi yang tepat rumah sederhana berukuran 6 x 12 bisa berubah menjadi hunian yang terlihat begitu indah, nyaman dan elegan.

Semoga artikel tentang Desain Rumah Ukuran 6x12 Meter ini bermanfaat, kalau ada kekurangan ataupun kesalahan mohon dimaafkan. Terima kasih juga karena sudah berkenan untuk membacanya!

Referensi:
[1] Rumahminimalismodern36.com “Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Ukuran 6 X 12 M” 5 April 2014, diakses dari http://rumahminimalismodern36.com/05/desain-rumah-minimalis-1-lantai-ukuran-6-x-12-m.html 08 Oktober 2015

Advertisement:

Baca Juga Artikel Ini: