Jenis Ikan Guppy Lokal Termahal di Indonesia & Luar

Bagi para pencinta ikan hias, tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan guppy. Ikan hias jenis ini banyak disukai oleh masyarakat karena memiliki warna dan coraknya yang begitu cantik. Kabarnya, semakin cantik warna dan coraknya maka semakin mahal pula harganya. Tak hanya itu saja, ikan ini juga mempunyai ukuran yang mungil sehingga tak jarang orang yang gemas ketika melihatnya.

Jika dilihat sekilas, memang ikan guppy terlihat mirip dengan ikan cupang. Namun, kedua spesies ikan ini sangatlah berbeda. Ikan guppy identik dengan corak dan warnanya yang lebih beragam jika dibandingkan dengan ikan cupang. Ikan guppy merupakan salah satu jenis ikan hias yang populer di dunia karena kemampuannya yang mudah beradaptasi dan mudah untuk berkembang biak.

Ada hal menarik dengan ikan guppy, yaitu mempunyai liukan-liukan yang indah saat berenang di dalam aquarium. Ikan guppy juga mempunyai sifat yang senang untuk berinteraksi dengan pasangan dan kelompoknya. Terlebih lagi, saat ikan ini sedang memamerkan penampilannya di depan lawan jenisnya. Itulah beberapa alasan yang menjadikan ikan ini sangat dicari sebagai ikan hias di rumah karena siapapun yang melihatnya akan terkesan. 

Sebelum dijadikan sebagai ikan hias yang terkenal dan banyak dicari oleh orang, cara.pro mengatakan bahwa sebenarnya ikan guppy berasal dari ikan liar yang disilangkan dengan ikan jenis lainnya sehingga menghasilkan jenis ikan guppy baru yang semakin cantik. Ikan guppy termasuk ikan yang masuk dalam Family Poeciliidae. [1]

Alamtani.com mengatakan bahwa habitat asli ikan guppy adalah di danau dan sungai berair tenang. Ikan jenis ini juga dapat bertahan di dalam air payau dengan kadar garam tinggi. Karena ikan guppy banyak dicari sebagai ikan hias dan memiliki harga yang mahal, hal ini dijadikan peluang bagi sebagian orang untuk membudidayakan ikan guppy. Adapun cara untuk membudidayakan ikan guppy adalah sebagai berikut : [2]
  1. Sebelum membudayakan ikan guppy, pilihlah wadah atau tempat yang diperlukan, yaitu 2 wadah pemisahan indukan, 1 wadah tempat pemijahan, 1 wadah tempat penetasan dan 1 wadah sebagai tempat pendederan. Sesuaikan luas dan ukuran wadah dengan banyaknya ikan yang akan dipijahkan.
  2. Selanjutnya, memilih indukan yang akan dipijahkan (betina dan jantan minimal umur 4 bulan), untuk menghasilkan warna dan bentuk ikan yang bagus ditentukan dengan faktor genetis. Kemudian sebelum dipijahkan, indukan jantan dan betina harus dipisahkan terlebih dahulu, dan berikan makanan berupa daphnia atau moina 2 hari sekali agar indukan tetap fit dalam proses pemijahan.
  3. Sebelum melakukan proses pemijahan, isilah wadah menggunakan air bersih yang telah diendapkan sehari dengan jedalaman air 25 cm, pemijahan dapat dilakukan secara masal dengan perbandingan jantan dan bentina 1 : 5, masukkan indukan betina terlebih dahulu di pagi hari kemudian masukkan indukan jantan di sore hari, baisanya proses ini berlangsung selama 4-7 hari.
  4. Siapkan wadah penetasan dengan mengisinya menggunakan air bersih dan aerasi (jangan terlalu kuat). Pisahkan indukan betina ke dalam wadah penetasan benih dan ganti sepertiga airnya dengan air baru setiap 1-3 hari sekali serta berikan pakan 2 hari sekali berupa daphnia atau moina. Dalam satu kelahiran ikan guppy bisa menghasilkan 30-100 anakan.
  5. Pisahkan anakan ikan guppy ke dalam kolam pendederan, di ruang terbuka untuk membentuk warna yang cemerlang pada tubuh ikan guppy, tambahkan tanaman air seperti eceng gondok untuk tempat bertedu, berikan aerasi pada kolam pendederan, isi air kolam dengan air setinggi 40 cm dan perlu diperbarui setiap 3 hari sekali.

Bagi yang merasa kebingungan untuk membedakan ikan guppy jantan dan betina, pada artikel kali ini juga dijelaskan bagaimana cara membedakan ikan guppy jantan dan betina. Untuk membedakannya bisa diketahui dari ciri-cirinya, dikutip dari jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.co.id, berikut ini adalah ciri-ciri ikan guppy jantan dan betina : [3]

Sumber Gambar:
https://en.wikipedia.org/wiki/Guppy#/media/File:Guppy_coppia_gialla.jpg

Ikan Guppy Jantan

  • Mempunyai ukuran dan postur tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan ikan guppy betina
  • Memiliki warna yang cenderung lebih cerah dan lebih terang dibandingkan dengan ikan guppy betina

Ikan Guppy Betina

  • Mempunyai ukuran dan postur tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan ikan guppy jantan
  • Memiliki warna yang lebih gelap dan lebih redup dibandingkan dengan ikan guppy jantan

Walaupun merawat dan membudidayakan ikan guppy tidak sulit untuk dilakukan, namun pemeliharannya harus tetap dijaga terutama dari segi nutrisi dan kebersihan airnya. Tidak semua ikan guppy diberikan makan dengan jenis pakan yang sama. Untuk ikan guppy anakan atau ikan guppy kecil, pilihlah makanan dengan bentuk yang lebih kecil seperti cacing merah berukuran kecil. Sementara untuk ikan guppy mudah dan dewasa bisa diberi makan dengan pakan berupa pelet dan tambahan nutrisi lainnya seperti pakan. Bagi yang merasa kebingungan saat memberi pakan, sebagainya tanyalah kepada orang yang telah sukses memelihara dan membudidayakan ikan guppy.

Kemudian, perhatikan kebersihan air sebagai tempat tinggal ikan guppy. Jika diperlukan, gantilah sepertiga airnya setiap 1 – 3 hari sekali. Sangat disayangkan, jika sudah membelinya dengan harga yang mahal tetapi ikan ini menjadi mati sia-sia karena proses perawatannya yang salah. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya tanyalah informasi sebanyak-banyaknya dari penjual tentang tata cara merawat ikan guppy dengan baik dan benar. Kebanyakan dari mereka pasti dengan senantiasa mau menjelaskan mengenai cara merawat dan memelihara ikan guppy.

Menurut ngasih.com dan hati-aquarium.blogspot.co.id, terdapat lebih dari 40 lebih varian ikan guppy yang merupakan hasil persilangan atau hybrid dengan jenis ikan lainnya. Kemudian, ikan guppy tersebut telah dikembangbiakan oleh para peternak ikan hias di Indonesia sehingga menjadi beberapa model ikan guppy yang cantik, indah dan pastinya harga yang dibanderol sesuai dengan kecantikan yang dimiliki oleh ikan. [4] [5]

Jika tertarik untuk membeli dan memelihara ikan guppy sebagai ikan hias, sebaiknya ketahuilah beberapa tipe ikan guppy yang indah dan cantik ini. Informasi ini berguna untuk memberikan solusi agar pembaca tidak merasa bingung ketika ingin membeli ikan guppy. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk membelinya pastikan terlebih dahulu bahwa harganya sesuai dengan budget yang dimiliki. Apabila harganya, dirasa terlalu mahal cobalah untuk menawarnya.


Jenis Ikan Guppy

Masih berasal dari dua sumber informasi yang sama, berikut ini adalah beberapa jenis dari ikan guppy yang tercantik dan termahal :

1. Green Red Dragon

Jenis ikan guppy yang menjadi primadona dibandingkan dengan semua  guppy lainnya yang ada di Indonesia adalah ikan Guppy Green Red Dragon. Harga untuk ikan guppy jenis ini sangat fantastis, yaitu bisa mencapai 1 juta rupiah untuk 3 ekor ikan saja. Ikan guppy jenis ini identik dengan bentuk sirip ekor yang melebar ke samping yang disebut dengan ekor delta.

2. German Platinum Crown Tail

Ikan guppy jenis ini diklaim mempunyai ekor yang berbeda dengan ikan guppy jenis lainnya, karena mempunyai ekor yang aneh dan unik. Bentuk ekornya memang sekilas mirip dengan mahkota atau sisir, oleh karena itulah yang menjadi alasan mengapa ikan guppy jenis ini dinamakan crown tail. 


3.  Albino Full Red Swallow Ribbon

Ikan guppy jenis ini identik dengan bentuk ekornya yang terlihat memanjang seperti pita, dengan adanya ekor dengan bentuk seperti pita membuat ikan ini banyak dicari sebagai ikan hias karena akan nampak sangat indah saat meliuk-liuk di dalam aquarium. Kemudian, karena memiliki ekor pita tersebut membuat ikan guppy jenis ini dikenal dengan nama ribbon. 

4. Halfmoon

Ikan guppy jenis ini terkenal karena mempunyai ekor melebar dengan bentuk setengah lingkaran, ikan ini juga terlihat seperti mengkipas-kipaskan ekornya saat meliuk dan berenang di dalam aquarium. Dan karena lebar dan bentuk ekornya tersebut yang membuat ikan guppy jenis ini dikenal dengan sebutan halfmoon atau setengah lingkaran.

5. Super Red Singapore

Pada dasarnya, ikan guppy jenis ini mempunyai ukuran dan postur tubuh sama seperti ikan guppy jenis lainnya. Namun, untuk membedakannya, ikan guppy jenis ini mempunyai warna merah cerah pada bagian tubuhnya dan ditambah lagi dengan sirip atas dan ekornya yang panjang.

6.Black Cobra Tail

Ikan ini juga hampir sama dengan guppy pada umumnya. Namun, yang menjadi ciri khas ikan guppy jenis ini adalah terletak pada warna ekornya yang hitam menyerupai warna ular kobra, sehingga tak heran mengapa ikan guppy jenis ini dikenal dengan nama black cobra tail.

7.   Black Moscow

Selanjutnya ada ikan guppy bernama Black Moscow. Berbeda dengan ikan guppy black cobra tail yang mempunyai warna hitam di bagian ekornya saja, tetapi ikan guppy jenis ini memiliki warna hitam pekat di bagian seluruh tubuhnya. Bahkan, ketika terdapat batu hitam di dalam dasar aquarium ikan guppy jenis ini tidak terlihat.

8. Full Black Thailand

Ikan guppy jenis ini hampir sama dengan ikan guppy black Moscow, karena sama-sama mempunyai warna hitam di seluruh bagian tubuhnya. Namun, yang membedakannya adalah tempat asalnya karena ikan guppy jenis ini berasal dari negara gajah, atau Thailand.

9.  Blue Moscow Albino

Ikan Guppy jenis ini juga berasal dari negara Moscow, namun dengan warna dan bentuk yang berbeda. Jika dilihat dari tubuhnya, ikan guppy blue Moscow albino memiliki perpaduan warna pink bercampur dengan warna ungu dan memiliki ekor yang panjang sehingga membuat ikan ini terlihat sangat elegan layaknya ikan bangsawan ketika berenang.

10. Ikan Guppy Cobra

Kabarnya, ikan guppy jenis ini paling banyak dicari oleh pencinta ikan hias. Hal ini disebabkan karena ikan guppy cobra identik dengan tubuh dan ekornya yang mempunyai corak batik.

11.   Metal Lace Thailand

Berdasarkan namanya, pembaca pastinya sudah mengetahui bahwa ikan guppy jenis ini berasal dari negara Thailand. Ikan guppy metal lace Thailand memiliki ekor dengan corak garis-garis dengan warna yang cenderung mengarah pada warna metal sehingga semakin terlihat menyala saat ikan guppy jenis ini berenang di dalam aquarium.

12. Full Platinum

Sesuai dengan namanya, ikan guppy jenis ini mempunyai ciri-ciri fisik yang identik dengan warna platinum yang ada di seluruh bagian tubuhnya. Kemudian, ikan guppy full platinum mempunyai sirip atas dan ekor yang panjang.

13. Metal Red King Kobra Halfmoon

Sesuai dengan namanya, ikan ini mempunyai warna metal red dan identik dengan ekornya yang panjang indah dengan bentuk setengah lingkaran. Ikan guppy jenis ini juga banyak dicari oleh para pencinta ikan hias.

14.  Platinum Blue

Sesuai dengan namanya, ikan guppy platinum blue mempunyai warna biru platinum yang indah dan mempunyai ekor panjang. Karena memiliki ekor panjang tersebut membuat ikan guppy jenis ini semakin menarik untuk dilihat.

15. Red Blonde

Meskipun mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Akan tetapi, ikan guppy jenis ini tetap terlihat indah dan menawan karena mempunyai ekor berwarna merah terang.

16. Red Mozaic

Ikan guppy jenis ini mempunyai warna yang hampir sama dengan guppy red blonde, namun ikan guppy red moazaic mempunyai postur tubuh yang lebih memanjang dan dibalut dengan warna merah terang dan memiliki corak keping batu di bagian ekornya sehingga terlihat seperti mozaik.

17. Redlace Snakeskin

Yang terakhir ada ikan guppy jenis redlace snakeskin, ikan guppy jenis mempunyai sirip atas dan ekor yang panjang dengan corak batik merah yang begitu menawan.


Sebenarnya masih banyak jenis ikan guppy lainnya, namun pada kesempatan kali ini hanya disebutkan beberapa diantaranya saja. Bagi pembaca yang ingin membeli dan membeli ikan guppy pastikan bahwa sudah mempunyai tempat yang memadai seperti aquarium. Dengan memelihara ikan guppy, pemiliknya tidak hanya bisa melihat kecantikannya saja tetapi juga dapat melakukan eksperimen dengan melakukan proses pemijahan untuk menghasilkan spesies baru. Semoga artikel ini bermanfaat, kalau ada kesalahan dan kekurangan mohon maaf dan terima kasih karena sudah meluangkan waktu buat membacanya. :-)

Referensi:
[1] Cara.pro, “Ini Dia 18 Jenis Ikan Guppy Termahal dan Tercantik yang Pecinta Ikan Hias Harus Tahu”15 September 2015, diakses dari http://cara.pro/jenis-ikan-guppy/ 26 Oktober 2015
[2] Alam Tani, “Cara praktis budidaya ikan guppy” diakses dari http://alamtani.com/budidaya-ikan-guppy.html 26 Oktober 2015
[3] Jual beli hewan peliharaan, “Bedanya ikan guppy betina dan ikan guppy jantan” diakses dari http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.co.id/2014/07/perbedaan-ikan-guppy-jantan-dan-betina.html 26 Oktober 2015
[4] Nyai Ngasih, “Jenis Ikan Guppy Termahal dan Terbaik” diakses dari http://www.ngasih.com/2014/09/11/jenis-ikan-guppy-termahal-dan-terbaik/ 26 Oktober 2015
[5] Ahmad Alqil Al Banna, “13 Jenis Ikan Hias Guppy” diakses dari http://hati-aquarium.blogspot.co.id/2014/04/13-jenis-jenis-ikan-hias-guppy.html 26 Oktober 2015

Advertisement:

Baca Juga Artikel Ini: