Keramik Motif Batu Alam: Harga & Contoh Model

Keramik motif batu alam merupakan salah satu tipe yang cocok diaplikasikan di sebuah rumah ataupun area tertentu. Namun sebelum membahas lebih jauh tentang keramik, kita ulas mengenai rumah terlebih dahulu ya.

Rumah merupakan bangunan yang terdiri dari beberapa ruangan, seperti kamar mandi, dapur, kamar tidur, ruang tamu dan lain-lain. Selain berguna sebagai tempat hunian untuk memberikan perlindungan dari segala cuaca bagi para penghuninya, rumah juga berguna sebagai tempat beristirahat sehingga kebanyakan orang rela untuk merogoh kocek lebih besar agar mendapatkan rumah yang indah dan nyaman.

Bangunan rumah yang ideal adalah rumah yang sehat karena memiliki tata pengaturan udara dan cahaya yang tepat. Coba, bayangkan jika rumah tidak memiliki jendela dan ventilasi udara tentunya rumah akan terasa lembab dan panas. Kondisi panas dan lembab tersebut dapat menumbuhkan lumut sehingga dapat merusak kualitas bangunan.

Di samping mementingkan faktor kenyamanan saat membangun rumah, memikirkan faktor keamanan juga sangatlah penting. Jangan sampai rumah yang dijadikan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga menjadi tempat yang berbahaya. Sebaiknya buatlah sebuah rumah yang aman dan nyaman seperti tidak membuat anak tangga yang terlalu curam serta jangan menggunakan terlali besi untuk jendela karena mencegah lebih baik. Pasalnya, jika membuat anak tangga yang terlalu curam dapat menyebabkan penghuninya terjatuh dan mengalami cidera yang cukup parah. Kemudian, jika menggunakan terlali besi untuk jendela dapat membuat para penghuninya tidak dapat menyelamatkan diri melalui jendela apabila terjadi masalah yang serius seperti kebakaran.

Sementara dari segi keindahan, banyak desain rumah yang dapat digunakan seperti desain minimalis, modern, etnik dan lain sebagainya. Pembaca hanya tinggal menyesuaikan anggarannya, kemudian berkonsultasi dengan ahlinya seperti arsitek. Biasanya arsitek tersebut mempunyai team yang akan menyiapkan semuanya untuk membangun rumah sesuai dengan keinginan konsumen, mulai dari desain rancangan bangunan, bahan material bangunan, furniture dan lain-lain.

Namun, bagi pembaca yang ingin membangun rumah tanpa bantuan arsitek sebaiknya carilah sebanyak mungkin informasi mengenai desain rumah, bahan material yang sesuai, dekorasi, dan furniture. Biasanya, desain rumah yang lebih banyak dicari adalah desain rumah minimalis, desain rumah bernuansa alam dan desain rumah etnik. 

Apabila sudah menemukan desain yang tepat untuk rumah idaman, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih tenaga ahli untuk membangunnya. Ada beberapa cara yang dapat dijadikan pilihan untuk membangun tempat hunian atau rumah. Yang pertama adalah memutuskan untuk membangunnya sendiri, cara ini memang dapat menghemat biaya karena tidak perlu membayar tukang untuk mengerjakannya tetapi kelemahannya adalah akan memakan waktu yang lebih lama.

Cara yang kedua adalah dengan menyewa beberapa pekerja atau tukang bangunan, cara ini memang praktis karena biasanya tukang-tukang tersebut juga bersedia jika diberikan wewenang untuk berbelanja bahan material bangunan tetapi kelemahannya, tukang-tukang tersebut dibayar dengan sistem harian. Apabila, mempekerjakan tukang yang culas biasanya mereka akan mengulur waktu untuk menyelesaikan pekerjaannya agar mendapatkan upah yang lebih banyak. Oleh karena itu, pastikan bahwa pembaca telah mempekerjakan orang-orang yang rajin, bertanggung jawab dan jujur.
Cara yang terakhir adalah, memilih jasa pemborong untuk membangun rumah. Mereka akan bertanggung jawab penuh untuk mewujudkan keinginan kliennya. Kemudian, klien yang bersangkutan dapat mengawasi pekerjaan mereka secara langsung. Walaupun demikian, pastikan bahwa pembaca memakai jasa pemborong bangunan yang sudah berpengalaman dan terpercaya karena perlu biaya ekstra untuk melakukan cara ini.

Kembali lagi pada konsep rumah atau tema rumah yang diinginkan. Rumah dengan konsep minimalis adalah rumah yang mengedepankan penataan yang simpel tetapi memberikan kesan mewah namun elegan. Rumah minimalis biasanya selalu bermain dari segi perpaduan warna dinding, lantai dan furniture. Bahkan konsep minimalis ini juga bisa diterapkan pada rumah yang mempunyai lahan sempit. Rumah dengan konsep seperti ini sudah banyak diterapkan di perumahan Indonesia. 

Sementara untuk rumah dengan konsep etnik merupakan rumah yang bangunan, desain maupun dekorasinya menonjolkan etnik tertentu seperti ukiran kayu, bentuk rumah, warna rumah dan lain sebagainya, sehingga tampak seperti rumah adat tradisional dengan bangunan yang modern. Biasanya, rumah jenis ini lebih banyak menggunakan bahan bangunan dari kayu jati dan jenis kayu lainnya tergantung pada konsep etnik daerah mana yang akan digunakan, seperti etnik Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan atau yang lainnya.

Sedangkan untuk rumah dengan nuansa alam atau natural disini bukanlah rumah yang berada di tengah-tengah hutan belantara seperti yang ada pada cerita dongeng. Sama dengan jenis rumah lainnya, rumah dengan nuansa alam juga merupakan bangunan rumah modern. Bangunan rumah natural atau minimalis memang hampir mirip seperti rumah minimalis. Bedanya adalah rumah jenis ini lebih menonjolkan nuansa alam yang banyak diterapkan di bagian rumah, seperti lantai, dinding, dekorasi maupun furniture. Jika membahas tentang desain rumah minimalis dan etnik sepertinya sudah biasa, sehingga pada kesempatan kali ini akan diulas mengenai desain rumah nuansa alam.

Untuk menciptakan rumah dengan nuansa alami kebanyakan didukung dengan menggunakan keramik batu alam. Keramik batu alam sendiri dapat diaplikasikan di beberapa tempat sesuai dengan keinginan, seperti dinding rumah, lantai bahkan hiasan pagar. 


Keramik Motif Batu Alam

Menurut cariinspirasirumah.blogspot.co.id, penggunaan keramik batu alam yang diaplikasikan pada dinding rumah telah menarik minat banyak orang. Ada berbagai faktor yang membuat banyak orang untuk memilih motif batu alam, salah satunya adalah karena kesan alami, sejuk, dan indah yang dihasilkannya. Di sisi lain, penggunaan keramik batu alam juga dapat membuat rumah terlihat lebih kuat dan kokoh. [1]

keramik motif batu alam
Sumber Gambar:
https://pixabay.com/id/batu-trotoar-batu-ubin-abu-abu-ubin-1140653/

Pada umumnya, penggunaan dan pemilihan keramik dengan motif batu alam akan mempengaruhi terhadap kesan eksterior, interior maupun visualisasi di setiap ruangan. Jika dibandingkan dengan ubin keramik, keramik dengan motif batu alam lebih banyak dicari oleh para konsumen karena dapat membuat rumah terlihat lebih bersih, indah dan kuat. Di tambah lagi, keramik jenis ini mempunyai motif yang beragam yang dapat diaplikasikan di beberapa titik penjuru rumah yang dirasa perlu. 

Seperti yang dianalisir dari sumber rumahidaman123.com, agar tidak memberikan kesan norak saat menggunakan keramik bermotif batu alam sebaiknya pilihlah keramik dengan motif yang sesuai. Berikut ini, ada beberapa tips yang harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika memilih keramik batu alam : [2]

1. Tekstur

Keramik batu alam memiliki banyak tekstur yang dapat dijadikan pilihan, seperti tekstur yang keras, lunak, mengkilap dan lain-lain. Pilihlah tekstur yang sesuai dengan tempat yang akan diaplikasikan. Untuk pemasangan keramik batu alam di ruang tamu atau ruang keluarga pilihlah keramik yang mempunyai tekstur mengkilap untuk menciptakan kesan mewah dan mudah untuk dibersihkan. Sementara untuk kamar mandi dan dapur, pilihlah keramik dengan motif matte atau anti selip untuk menghindari terpeleset.

2. Ukuran

Sama seperti jenis keramik lainnya, keramik dengan motif batu alam juga dibagi menjadi dimensi dan ukuran yang berbeda mulai dari yang berukuran kecil ( 20 x 20 cm) hingga yang berukuran besar (120 x 20 cm). Pemasangan keramik yang sesuai dengan keadaan rumah juga akan menentukan kesan yang diciptakan. Memilih keramik bermotif batu alam dengan ukuran kecil dapat membuat rumah atau ruangan menjadi terlihat lebih luas, jika digunakan pada rumah atau ruangan dengan ukuran yang sempit. Sedangkan pemilihan  keramik dengan motif batu alam akan cocok digunakan untuk rumah atau ruangan berukuran luas.

3. Motif dan Warna

Yang terakhir adalah memilih motif dan warna keramik batu alam yang sesuai. Disarankan agar memilih warna dan motif yang natural agar mudah untuk dipadukan dengan warna dinding rumah. Apabila ingin membuat perbedaan yang tegas antara ruangan satu dengan ruangan lainnya, pembaca bisa menggunakan motif dan warna yang berbeda di setiap ruangan. 

Di luaran sana banyak tersedia pilihan keramik batu alam, mulai dari motif, warna, ukuran dan mereknya. Semakin bagus kualitas yang dimiliki, maka semakin mahal pula harganya. Salah satu keramik batu alam yang paling dicari oleh para konsumen adalah keramik batu andesit, marmer, batu palimanan, batu candi dan lain sebagainya. Jenis-jenis batu alam tersebut pasti membutuhkan cara pemasangan dan perawatan yang berbeda.

Akan tetapi, bila tetap masih kebingungan sebaiknya berkonsultasilah kepada ahli keramik batu alam. Biasanya mereka akan menyarankan jenis keramik yang tepat sesuai dengan keinginan. Kemudian, jangan sungkan untuk bertanya mengenai tata cara bagaimana cara memasang dan cara perawatannya dengan tepat. Karena sangat disayangkan, apabila sudah mengeluarkan banyak uang tetapi sia-sia karena tidak mengetahui tata cara peletakan dan perawatannya dengan benar.

Berdasarkan informasi yang diambil dari batuandesit.info, ada beberapa tips yang harus dilakukan untuk memperkuat kualitas keramik batu alam serta untuk mengurangi biaya perawatan dan cara perawatannya yang tidak mudah. Jika, ingin menggunakan keramik batu alam sebaiknya di lapisi Granilia atau memberikan lapisan tahan cuaca khususnya untuk keramik yang di pasang di luar rumah, seperti dinding luar, dinding pagar, tiang halaman rumah, dan kolam renang. Tak hanya melindungi dan memperkuat keramik, lapisan tersebut juga mampu menghasilkan permukaan yang lebih kesat. [3]


Manfaat atau Fungsi

Beralih pada segi kegunaan, selain dapat memberikan konsep yang natural, indah dan segar pada rumah, penggunaan keramik yang memiliki motif batu alam juga mempunyai banyak kelebihan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan lain yang bisa didapatkan setelah mengaplikasikan keramik dengan motif batu alam, diantaranya adalah :


a. Eksterior Rumah

Bagian luar rumah atau eksterior rumah adalah tempat yang rentan terkena sinar matahari. Apabila hanya menggunakan cat dinding biasa, dinding bagian luar akan mudah pudar ataupun mengelupas. Hal ini berbeda bila menggunakan keramik batu alam untuk eksterior rumah karena dapat memperkuat dinding dan mudah dibersihkan ketika terkena debu ataupun kotoran. 


b. Dapur

Dapur merupakan salah satu ruangan yang selalu digunakan setiap hari karena merupakan tempat untuk memasak. Pada saat memasak biasanya, dinding dapur dan bagian dapur lainnya akan rentan terkena kotoran seperti yang berasal dari cipratan minyak. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pemasangan keramik batu alam di dinding dapur agar kotoran-kotoran tersebut mudah untuk dibersihkan tanpa merusak kualitasnya.

c. Kamar Mandi

Tak hanya dapur, kamar mandi juga merupakan tempat yang rentan untuk kotor. Biasanya dapur memiliki kelembaban yang lebih tinggi dibandingkan dengan ruangan lainnya sehingga sering ditumbuhi lumut. Agar tidak ditumbuhi lumut. Aplikasikan keramik batu alam pada bagian lantai dan dinding kamar mandi.

d. Kolam Renang

Bagi pembaca yang ingin membangun kolam renang di salah satu bagian rumah, gunakanlah keramik batu alam dengan tekstur kasar dan kesat untuk pinggirannya. Karena tak hanya memperindah kolam renang dan mempertegas nuansa alam yang dimiliki, keramik batu alam bertekstur kasar dan kesat tidak akan membuat terpeleset mengingat bahwa kawasan kolam renang selalu licin.

e. Taman

Setiap rumah sebaiknya harus memiliki taman agar membuat lingkungan sekitar menjadi asri, rindang dan sejuk. Selain kolam renang, taman juga merupakan salah satu tempat yang perlu diaplikasikan dengan keramik batu alam. Tak hanya untuk memperindah view taman, keramik batu alam juga dapat difungsikan sebagai jalan setapak di area taman saat tanah disekitarnya menjadi becek terutama pada saat musim hujan.


Harga Jual Jika Ingin Beli

Setelah mengetahui informasi seputar keramik motif batu alam, rasanya tidak afdol jika tidak mengetahui tentang kisaran harganya. Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini juga akan kisaran harga sesuai jenisnya. Informasi ini dianalisir dari sumber keramikterbaru.blogspot.co.id, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini : [4]

  • Batu Alam Candi

Meskipun harga keramik batu alam yang terbuat dari batu candi terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan harga jenis keramik motif batu alam kuning, namun keramik jenis ini banyak dicari oleh konsumen khususnya bagi kalangan menengah atas. Untuk jenis dan motifnya sendiri, keramik batu alam candi memiliki banyak variasi dari segi tampilan, ukuran hingga warna. Keramik candi dihargai sekitar Rp 155.000 per meter perseginya.

  • Batu Kuning

Jenis berikutnya adalah keramik dengan motif batu alam kuning yang dibanderol dengan harga yang relatif mahal. Keramik jenis ini memiliki banyak variasi yang dapat dijadikan pilihan. Walaupun berasal dari bahan yang sama, setiap variasi dibanderol dengan harga yang berbeda. Bepel, RTS, dan RTM merupakan jenis variasi dari keramik motif batu alam kuning. Harga untuk satu meter persegi Bapel dibanderol sekitar 85 ribu rupiah, untuk variasi RTS dibanderol dengan harga 80  ribu rupiah per meter persegi, sedangkan untuk jenis RTM dihargai sekitar 75 ribu rupiah.

  • Batu Biasa


Walaupun merupakan keramik dengan motif batu alam biasa, tetapi keramik jenis ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan keramik batu alam candi dan keramik batu alam kuning. Kemudian, keramik jenis ini biasanya tersedia dalam beberapa model seperti matahari, alur napoli dan alur diagonal. Ketiga model tersebut dibanderol dengan harga yang sama yaitu sekitar Rp 125.000 untuk satu meter perseginya.

Informasi di atas hanya menyebutkan beberapa jenis dari sekian banyak bahan keramik batu alam. Harga tersebut tidak bisa dijadikan sebagai sumber patokan karena kemungkinan besar harga setiap tempat pasti berbeda. Untuk memastikan harganya sebaiknya tanyakan langsung pada penjual keramik, jika membeli dalam jumlah yang cukup banyak biasanya mereka akan memberikan potongan harga.

Hal terpenting yang harus dilakukan sebelum membeli keramik adalah sesuaikan dengan jumlah anggaran yang dimiliki. Banyaknya varian harga dan model keramik yang dijual di pasaran harus membuat pembaca jeli dan cermat ketika memilih keramik. Pastikan terlebih dahulu apakah ingin memilih keramik murah tapi berkualitas tinggi atau memilih keramik berkualitas tinggi kelas atas dengan harga yang mahal. Semua itu tergantung pada pemilihan dan individu masing-masing karena untuk mendapatkan barang dengan kualitas tinggi tidak harus ditukar dengan nilai nominal yang sangat mahal.

Berikutnya, perkirakan jumlah keramik yang akan dibeli dan sesuaikan dengan ukuran ruangan yang akan diaplikasikan. Sebaiknya, jangan membeli keramik dalam jumlah yang kurang dan jangan membeli keramik dalam jumlah yang lebih. Bila membeli keramik dalam jumlah yang kurang, maka akan mengeluarkan lebih banyak biaya untuk pengirimannya. Dan bila membeli keramik dalam jumlah yang terlalu banyak, maka sangat disayangkan jika ada sisanya yang tidak digunakan.

Jika sudah memutuskan untuk membeli keramik dan cocok dengan harganya, kemudian pastikan bahwa keramik yang akan dibeli memiliki layanan garansi untuk mengantisipasi bila ada barang yang cacat atau yang rusak mengingat biaya perawatan keramik batu alam yang mahal. Oleh karena itu, tanyakanlah kepada penjual apakah tokonya memiliki layanan garansi atau purnajual.

Setelah sudah benar-benar cocok dan yakin dengan keramik yang sudah dipilih. Pastikan bahwa tukang yang dipekerjakan memasang keramik-keramik tersebut dengan tepat dan benar pada tempat yang sudah ditentukan sebelumnya. Agar tampilannya menjadi lebih indah, tambahkan dengan permainan warna seperti memadukan dengan warna cat dinding atau memadukannya dengan warna furniture yang ada di sekitarnya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mengaplikasikan keramik dengan motif batu alam tak hanya dapat mempertegas konsep rumah bernuansa alam tetapi juga dapat memperkuat dan memperkokoh bangunan. Tak hanya itu, apabila juga berhasil menerapkan konsep rumah natural tentu akan berimbas pada tingkat kenyamanan yang bertambah bagi para penghuninya.

Jadikan rumah menjadi tempat berkumpul bersama keluarga dan tempat beristirahat seperti berada pada alam terbuka yang indah dengan cara pengaplikasian dan pemilihan desain, furniture, penataan, bahan material serta konsep yang tepat.

Semoga informasi ini berguna sebagai bahan referensi dan bahan pertimbangan para pembaca, khususnya bagi pembaca yang ingin menciptakan atau yang ingin mengubah rumah sederhana menjadi rumah yang memiliki konsep alam atau natural. Namun, bagi pembaca yang tidak ingin dipusingkan dengan semua tata cara dan aturan ini, disarankan untuk membeli rumah berkonsep alam yang sudah jadi.

Lalu pastikan bahwa rumah yang akan dibeli berada pada lokasi yang tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh dari keramaian. Pastikan bahwa jarak rumah dengan jarak rumah tetangga tidak terlalu jauh. Yang terakhir, pastikan bahwa rumah yang akan dibeli memiliki kondisi lingkungan yang cukup baik, diantaranya adalah lahan rumah yang akan dibeli bukan bekas rawa-rawa agar sumber air terjamin kebersihannya. Penting juga untuk memastikan bahwa rumah tersebut bukan lahan sengketa yang belum jelas kepemilikannya dan rumah yang akan dibeli sudah dilengkapi dengan surat-surat dan sertifikat resmi.

Apabila masih belum menemukan rumah berkonsep natural sesuai dengan keinginan, lakukanlah sedikit renovasi atau perubahan untuk mendapatkan desain rumah yang sesuai dengan keinginan. Hal ini bertujuan agar para penghuni rumah merasa nyaman, agar penghuni rumah tidak merasa terlalu asing dan agar penghuni cepat untuk beradaptasi pada lingkungan rumah baru.

Demikianlah informasi seputar keramik motif batu alam yang berhubungan dengan konsep rumah modern bernuasa alami atau natural. 

Referensi:
[1] Cariinspirasirumah, “Keramik dinding motif batu alam” diakses dari http://cariinspirasirumah.blogspot.co.id/2015/05/keramik-dinding-motif-batu-alam.html 09 Oktober 2015
[2] Rumahidaman123.com, “Cara Tepat Memilih Keramik Motif Batu Alam” diakses dari http://rumahidaman123.com/cara-tepat-memilih-keramik-motif-batu-alam.html 09 Oktober 2015
[3] Batuanandesit.info, “Tren Keramik Motif Batu Alam” diakses dari http://batuandesit.info/tren-keramik-motif-batu-alam/ 09 Oktober 2015
[4] Keramikterbaru, “Daftar Harga Keramik Motif Batu Alam”  diakses dari http://keramikterbaru.blogspot.co.id/2015/06/daftar-harga-keramik-motif-batu-alam.html 09 Oktober 2015

Advertisement:

Baca Juga Artikel Ini: