Wisata B29 Lumajang Jatim (Senduro)

Wisata B29 Lumajang merupakan salah satu objek menarik yang bisa dikunjungi. Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa yang mempunyai banyak populasi penduduk sehingga termasuk dalam salah satu wilayah kesatuan Indonesia yang mempunyai peran penting dari segala sektor, seperti pertanian, perdagangan, jasa, pariwisata dan lain sebagainya. Jika membahas mengenai sektor pariwisata, kota Lumajang mempunyai panorama alam yang patut diperhitungkan sebagai tempat yang harus dikunjungi oleh wisatawan.

Walaupun tidak terdaftar sebagai salah satu kota yang terbesar di Jawa Timur, kota Lumajang memiliki pesona tersendiri bagi masyarakat Indonesia karena mempunyai panorama pemandangan alam yang indah. Hampir seperti kota Malang, Jawa Timur, secara geografis letak kota Lumajang diapit oleh pegunungan-pegunungan yang terkenal di Jawa Timur.

Pesona alam yang dimiliki oleh kota Lumajang tak kalah menarik dengan kota-kota besar lainnya yang ada di Jawa Timur. Lumajang terkenal dengan hasil perkebunan sayur dan buahnya, terutama buah pisangnya. Ketika musim panen, kota ini mampu memasarkan buah pisang ke luar kota, daerah-daerah lain di Indonesia bahkan ada pula yang di ekspor hingga ke luar negeri.

wisata b29 lumajang (logo kabupaten)
Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Logo_kabupaten_lumajang.jpg

Di kota ini, pisang dan hasil perkebunan lainnya dijadikan sebagai peluang bisnis oleh masyarakatnya karena kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Lumajang membeli sayur dan buah-buahan segar tersebut sebagai oleh-oleh. Selain buah-buahan dan sayuran segar, para wisatawan juga membeli hasil olahan buah dan sayuran tersebut, seperti keripik pisang dan lain sebagainya. Hasil olahan tersebut sebagai oleh-oleh khas kota Lumajang Jawa Timur.

Kota ini mempunyai nama Kabupaten yang sama dengan nama kotanya, yaitu Lumajang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Probolinggo bagian utara, kabupaten Jember bagian Timur, Samudera Hindia di bagian selatan dan kabupaten Malang di bagian barat. Oleh karena itu, sebagian besar penduduknya kebanyakan berasal dari suku Jawa dan Madura.

Menurut eastjava.com, nama Lumajang berasal dari kata Lamajang yang merupakan negaradi pada tahun 1255 M. Kota ini memiliki luas sekitar 1790,90 Km2 adalah salah satu kabupaten yang terletak di kawasan tapal kuda karena di bagian barat laut Lumajang diapit oleh gunung-gunung di Jawa Timur yaitu Gunung Semeru, Gunung Bromo, Gunung Lamongan dan Gunung Tengger. Sementara di bagian timur kabupaten Lumajang mempunyai letak geografis yang lebih rendah sehingga memiliki beberapa pantai seperti pantai Dampar, pantai Watu Pecak, pantai Bambang, pantai Wotgalih dan masih banyak lagi. [1]

Berkat letak geografisnya yang diapit oleh pegunungan dan pantai-pantainya, tak heran jika Lumajang menjadi kota tujuan wisata di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Pada musim kemarau atau pada musim panas, kota ini sering dijadikan sebagai rute pendakian menuju puncak gunung Bromo oleh para pencinta alam lokal maupun mancanegara.

Wisata B29 Lumajang di desa Argosari, Kecamatan Senduro

Berdasarkan informasi yang dikutip dari bromotravelguide.co, dari sekian banyak destinasi wisata Gunung Bromo yang perlu dikunjungi adalah puncak B-29 yang berada pada ketinggian sekitar 3676 mdpl. B-29 merupakan puncak tertinggi yang berada di kawasan lautan pasir Bromo dengan ketinggian 2900 mdpl. Puncak ini berada di sisi tenggara Gunung Bromo yang secara administrasi terletak di desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Kabarnya, untuk menuju pada puncak tersebut harus melewat rute perjalanan yang cukup sulit karena harus melewati jalanan yang berliku dan berkelok-kelok. [2]

Walaupun demikian, rute perjalanan yang begitu sulit tersebut akan terbayarkan dengan pemandangan indah yang akan dilihat pada puncak B-29. Sebagai pemanasan di sepanjang perjalanan menuju puncak Lumajang B-29, pendaki akan melihat pemandangan yang menyejukkan mata karena di sekitar kecamatan Senduro banyak terpampang perkebunan sayur-sayuran. Jika lelah, pendaki juga dapat beristirahat sejenak untuk bercengkrama dengan para petani yang ramah. Biasanya para petani tersebut juga akan dengan senantiasa mau mengajak para wisatawan untuk ikut memanen buah dan sayur-sayuran di sana ketika musim panen tiba.

Kabar lain datang dwishuhuf.blogspot.co.id yang mengatakan bahwa julukan yang tepat untuk Puncak B-29 “Lumajang adalah Negeri di Atas Awan”. Hal ini disebabkan karena ketika menjelang sore hari puncak perbukitannya sering diselimuti oleh kabut putih yang cukup tebal sehingga pemandangan nampak hanya beberapa meter di depan mata. kemudian, di pagi hari ketika matahari terbit pendaki dapat melihat sunrise yang indah. Ketika sudah berada di puncak B-29 Lumajang pendaki dapat merasakan sensasi pemandangan yang menakjubkan, dimana awan putih seperti berada di bawah kaki dan disekitarnya akan terlihat pemandangan lainnya seperti Gunung Semeru, Gunung Bromo, Gunung Batok dan Puncak Pananjakan. [3]

Setelah puas untuk menyaksikan pemandangan indah yang terdapat di Puncak B-29 Lumajang. Menurut beberapa pengalaman para pendaki, mereka masih dapat bereskplorasi dengan melanjutkan pendakian menuju objek wisata lainnya seperti ke Ranupane, Ranu kumbolo, hingga menuju ke Puncak Semeru dan tempat-tempat lainnya karena jalurnya masih berhubungan satu sama lainnya. Hal ini dapat  dijadikan sebagai pengalaman yang tidak terlupakan karena pendaki dapat mengeksplor tempat-tempat yang berbeda dengan panorama keindahan yang beragam. 

Genius.com menjelaskan bahwa rute dan akses perjalanan menuju puncak B-29 Lumajang memang masih baru terdengar oleh para wisatawan. Namun, akses perjalanan tersebut dapat dipermudah dengan menggunakan kendaraan bermotor dengan jarak 40 km dari pusat kota Lumajang yang dapat ditempuh dengan waktu 2 jam perjalanan. Jika sudah berada di kawasan wisata desa Argosari, Kecamatan Senduro, Lumajang wisatawan bisa meneruskan perjalanan menggunakan sepeda motor ekstra atau sebaiknya melanjutkan dengan melakukan pendakian karena pada musim hujan wisatawan tidak diperbolehkan untuk membawa sepeda motor menuju puncak karena berbahaya dan jalannya sangat licin. [4]

Meskipun rute perjalanannya dapat diakses dengan mudah, namun sebelum memutuskan untuk melakukan pendakian menuju puncak B-29 Lumajang sebaiknya para wisatawan membawa perbekalan yang cukup. Selain itu, para wisatawan dianjurkan untuk melakukan latihan fisik terlebih dahulu seperti melakukan olahraga agar tubuh tetap fit saat mendaki. Kemudian, jika tidak ingin terjadi sesuatu yang tidak diinginkan sebaiknya selalu patuhilah semua peraturan yang sudah dibuat oleh masyarakat setempat.

Wisata B29 Lumajang menjadi salah bukti bahwa Indonesia merupakan negara yang begitu kaya akan hasil alam dan mempunyai pesona alam yang begitu menakjubkan dari Sang Pencipta. Puncak B-29 juga tidak kalah indahnya dengan pemandangan indah yang ada di luar negeri. Sebagai manusia, bersama-sama mari dilestarikan dan dijaga agar semua keindahan ini tidak luntur termakan jaman dan massa.

Hal penting yang harus selalu diingat dan harus selalu diterapkan adalah cintailah alam kita, jangan buang sampah sembarangan serta jangan merusak alam. Alam harus tetap terjaga kelestariannya agar dapat dilihat oleh generasi berikutnya.

Itulah sedikit informasi pariwisata tentang wisata B29 Lumajang, semoga informasi ini dapat dijadikan sebagai sumber referensi harian pembaca terutama bagi para pembaca yang mencintai kegiatan traveling.

Referensi:
[1] eatsjava, “Kabupaten Lumajang” diakses dari http://www.eastjava.com/tourism/lumajang/ina/about.html 07 Oktober 2015
[2] Bromo Travel Guide, “Pesona Puncak B29 Lumajang” diakses dari http://www.bromotravelguide.co/2014/05/b-29-lumajang.html 07 Oktober 2015
[3] IWD, “B29 Lumajang Argosari Pesona Puncak di Wisata Bromo” diakses dari http://dwishuhuf.blogspot.co.id/2014/12/b29-lumajang.html 07 Oktober 2015
[4] Wonderful Bromo, “Puncak B29 Argosari Lumajang” diakses dari http://genius.com/Wonderful-bromo-puncak-b29-argosari-lumajang-annotated 07 Oktober 2015

Advertisement:

Baca Juga Artikel Ini: