Wisata Rasa Surabaya & Alamat Toko


Wisata rasa Surabaya atau wisata kuliner dan oleh-oleh merupakan hal yang sayang dilewatkan apabila bersinggah ke sana. Sebagai Ibu Kota di provinsi Jawa Timur, Surabaya merupakan kota besar pertama di Jawa Timur jika dilihat dari jumlah populasi penduduknya. Sama seperti Jakarta, Kota ini juga merupakan salah satu kota metropolitan yang mempunyai peranan penting untuk Indonesia dari sektor perekonomian, perdagangan, pendidikan, bisnis dan lain-lain.

Dari segi letak, Surabaya berada sekitar 796 km sebelah timur Jakarta dan 415 km sebelah barat laut kota Denpasar, Bali. Kota Surabaya terletak di tepi pantai utara dan berhadapan langsung dengan laut Jawa dan selat madura. Kota yang memiliki jumlah penduduk sebesar 2.909.257 jiwa (2015) ini memiliki luas sekitar 333,063 km². Surabaya juga merupakan kota metropolitan terbesar nomor dua setelah Jakarta.

Jalur transportasi kota ini dilayani oleh Bandar Udara Internasional, yaitu Juanda. Dari transportasi laut, tersedia dua pelabuhan di kota ini yaitu Pelabuhan Ujung dan Pelabuhan Tanjung Perak. Dari jalur darat, jalan raya kota Surabaya terhubung dengan rute-rute menuju kota lainnya di Jawa Timur. Kemudian, terdapat juga terdapat beberapa ruas jalan tol yang menghubungkan antara kota Surabaya-Malang, Surabaya-Porong, Porong-Gempol, Gempol-Pasuruan dan Pandaan-Malang.

Ada satu jembatan yang sangat terkenal di kota Surabaya, yaitu Jembatan Suramadu. Jembatan ini merupakan jalur penghubung antara Surabaya dengan Madura. Jembatan Suramadu dicatat sebagai jembatan terpanjang di Indonesia. Di malam hari Jembatan ini nampak lebih indah karena terdapat banyak lampu-lampu yang menghiasinya, sehingga banyak wisatawan yang tertarik hanya untuk melewatinya dan langsung kembali lagi.

Selain bus, taksi dan angkutan darat lainnya ada yang menarik dari kota Surabaya karena memiliki transportasi umum khas Surabaya, yakni Angguna. Angguna mempunyai bentuk khas, seperti taksi namun tidak menggunakan AC. Walaupun penggunaannya masih dibatasi tetapi wisatawan bisa mencoba naik angguna untuk berkeliling di kota Surabaya.

Kabarnya, pemerintah kota Surabaya akan segera merencanakan pembangunan sistem angkutan masal cepat (AMC) atau Mass Rapid Transit (MRT). Rencananya, bentuk AMC Surabaya seperti kereta monorel atau trem. Kemudian, pemerintah kota Surabaya akan merencanakan penerapan sistem ERP yaitu sistem jalan berbayar pada pengguna kendaraan pribadi agar masyarakat dapat beralih pada sistem AMC untuk menghindari kemacetan. Menurut informasi yang diketahui dari salah satu media cetak di Surabaya, yaitu Jawa Pos. Kabarnya rute  monorel AMC direncanakan di kawasan Sentra Bulak-PTC (Pakuwon Trade Center) dan untuk rute Trem direncanakan akan dibangun di Terminal Joyoboyo-Jalan Panglima Sudirman.

Semoga, sistem transportasi masal yang direncanakan tersebut cepat untuk direalisasikan mengingat bahwa setiap harinya di jam-jam tertentu kota Surabaya juga cukup sering mengalami kemacetan walaupun tidak parah seperti kota Jakarta. Dan sepertinya, masyarakat kota Surabaya juga mendukung rencana tersebut asalkan transportasi AMC telah dilengkapi dengan sarana keamanan dan kenyamanan yang dibutuhkan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan ketika berada atau naik di dalam kendaraan umum.

Di tanah air sendiri, Surabaya dikenal dengan sebutan sebagai kota pahlawan karena penduduknya pada jaman dahulu dengan gagah berani berhasil merebut kota Surabaya dari Pemerintah Hindia Belanda. Bahkan pada insiden tersebut, penduduk kota Surabaya berhasil menewaskan Jendral AWS Mallaby dan berhasil melakukan perobekan bendera Belanda (merah, putih, biru) menjadi bendera Indonesia (merah, putih) hingga saat ini, setiap tahunnya peristiwa tersebut selalu diperingati sebagai peristiwa 10 November bagi masyarakat Indonesia.

Dari sisa-sisa jaman sejarah tersebut, ada beberapa tempat sejarah yang dapat dikunjungi diantaranya adalah hotel Majapahit (Hotel Orens) yang merupakan tempat perobekan bendera. Kemudian, ada tempat yang menjadi saksi bisu dari perjuangan arek-arek Suroboyo saat melawan penjajah, yaitu Jembatan Merah yang legendaris. Mungkin, karena begitu legendarisnya Jembatan Merah di Surabaya ini dijadikan sebagai salah satu lagu Keroncong yang diciptakan langsung oleh Mbah Gesang yang merupakan legenda musik keroncong di Indonesia.

Beralih pada sektor lingkungan, walaupun termasuk kota metropolitan lingkungan kota Surabaya cukup asri dan bersih. Di setiap sudut-sudut kotanya terdapat taman yang dapat dikunjungi diantaranya seperti Taman Bungkul, Taman Flora 1, Taman Flora 2, Taman Pelangi dan lain-lain. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Surabaya masih mempunyai banyak jantung kehidupan alam di sela-sela deretan gedung pencakar langitnya. Taman Bungkul merupakan salah satu taman yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk bersepeda warga Surabaya setiap hari Minggu. Sementara itu, ada salah satu taman yang sering digunakan sebagai tempat praweding  yaitu Taman Flora 2 atau yang lebih dikenal dengan Kebun Bibit 2.

Taman-taman tersebut biasanya juga sering dijadikan sebagai tempat berkumpul pemuda-pemudi di Surabaya serta ada pula yang menjadikannya sebagai berkumpul bersama keluarga karena cukup rindang, sejuk dan bersih. Biasanya taman-taman tersebut sering dijadikan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu di akhir pekan, seperti untuk berpiknik, berekreasi, berolahraga, berfoto, bersantai dan melakukan kegiatan positif lainnya.

Dari sektor pariwisata, Surabaya memang tidak mempunyai pemandangan alam yang indah seperti kota Malang, Jawa Timur. Namun, kota ini mempunyai wahana hiburan yang dapat dijadikan sebagai tempat wisata yang patut dikunjungi seperti WaterPark dan Surabaya Karnival. Meskipun sarana Surabaya Karnival baru saja dibangun namun sudah mampu memikat hati para wisatawan. Kota ini juga memiliki kebun binatang yang cukup terkenal, yaitu Kebun Binatang Surabaya yang biasa dikenal dengan nama Bonbin. Di depan Kebun Binatang Surabaya terdapat menumen ikan Sura dan Buaya yang merupakan lambang kota, monumen tersebut sering dijadikan sebagai tempat berfoto selfie bagi para wisatawan.

Bagi para wisatawan yang hobi berbelanja, kota Surabaya memiliki bangunan mall-mall yang megah dan mewah diantaranya seperti Ciputra Word Surabaya, Royal Plaza, Pakuwon Trade Center, ITC Surabaya dan masih banyak lagi. Selain mempunyai pusat perbelanjaan yang modern, kota ini juga mempunyai pusat perbelanjaan tradisional seperti Pasar Atom, Pasar Kapas Kerampung, Pasar Turi dan pasar-pasar tradisional lainnya.

Apabila ingin memutuskan untuk bermalam di kota ini, Surabaya mempunyai banyak hotel dengan kualitas berbintang seperti hotel Sangrilla, hotel Utami, hotel JW Mariot dan masih banyak lagi. Hotel tersebut dapat memberikan semua fasilitas lengkap sesuai dengan kemauan pengunjung.

Kota Surabaya juga patut diacungi jempol karena masyarakatnya masih mempertahankan dan melestarikan kesenian dan kebudayaannya. Setiap satu tahun sekali selalu diadakan acara FCD atau Festival Cak Durasim yang diadakan di Gedung Cak Durasim Surabaya. Tak hanya itu, terdapat pula Festival Seni Surabaya (FSS) yang menyuguhkan segala macam pertunjukan seni seperti pameran lukisan, musik, seminar sastra, teater, tari, pameran kaos, pameran batik dan lain seabagainya. Kemudian, biasanya acara ini juga diramaikan dengan pemutaran film layar tancap, bazaar dan lain-lain. Festival Seni Surabaya (FSS) dilakukan setahun sekali pada bulan Juni di Gedung Balai Pemuda Surabaya.

Jika berkunjung ke kota Surabaya atau sudah berada di kota Surabaya rasanya tidak lengkap apabila belum mencoba wisata rasa Surabaya ataupun kuliner khas kota Pahlawan ini. Dari segi masakan, Surabaya mempunyai aneka makanan yang khas seperti Tahu Campur, Tahu Tek, Tempe Penyet, Lontong Balap, Rawon, Kari Kambing, Kerengsengan dan lain sebagainya. Untuk makanan jenis salad, Surabaya mempunyai salad tradisional yang khas seperti urap, rujak cingur, gado-gado dan pecel semanggi. Sementara untuk jajanan tradisional yang khas dari kota Surabaya adalah bikang, leker, getas, kue lapis dll. Sedangkan, untuk minuman khas Surabaya yaitu Tahwa, STMJ, Ronde dan Angsle.

Wisata Rasa Surabaya: Alamat Lokasi Kuliner Jajanan Khas

Karena sudah menginjak informasi mengenai dunia kuliner di kota Surabaya, penulis akan menjelaskan tentang wisata rasa Surabaya. Di kota ini, terdapat beberapa jajaran tempat yang direkomendasikan karena memiliki kuliner atau makanan dengan rasa yang super nikmat. Menurut anekatempatwisata.com, berikut ini adalah beberapa nama tempat wisata kuliner Surabaya yang jadi opsi untuk didatangi. [1]

wisata rasa surabaya
Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Rujak_Cingur.jpg

1. Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Sebagai makanan khas kota Surabaya, rujak cingur merupakan salah satu makanan yang paling dicari oleh wisatawan dari luar kota hingga wisatawan mancanegara. Bagi yang ingin mencicipi rujak cingur sebaiknya datanglah ke rumah makan Rujak Cingur Ahmad Jaiz yang berada di Jalan Ahmad Jaiz No 40. Rasa rujaknya sangat khas dan berbeda dengan rujak kebanyakan karena rujak cingur ini mempunyai rasa yang lebih enak, empuk dan juga lebih kenyal.

2. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Jika ingin makan lontong balap khas kota Surabaya, sebaiknya datanglah ke rumah makan Lontong Balap Garuda Pak Gendut yang terdapat di Jalan Prof. Dr Moestopo yang sudah ada sejak tahun 1956 lalu ini memiliki rasa yang mengunggah selera.

3. Mie Pecun

Nama Mie Pecun merupakan kepanjangan dari nama Mie Pedas Bukan Racun. Makanan jenis ini merupakan mie instan yang memiliki tingkat kepedasan bervariasi yang dapat disesuaikan dengan selera konsumen dan mie ini disajikan dengan aneka bahan pelengkap, seperti kornet, telur, udang, sayur dan lain-lain. Jika ingin menikmati makanan ini datanglah ke Jalan Aanjasmoro  Surabaya.

Wisata Rasa Surabaya: Kuliner Lainnya

Walaupun bukan salah satu makanan khas Kota Pahlawan, namun di kota ini juga terdapat tempat wisata rasa lainnya yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh wisatawan. Menurut halopemuda.com, inilah beberapa tempat wisata kuliner lainnya yang juga boleh dikunjungi saat berada di kota Surabaya, Jawa Timur. [2]

1. Zangrandi Ice Cream

Setelah puas pergi berjalan-jalan menyusuri kota Surabaya yang panas, untuk menyejukkan diri disarankan agar datang ke Zangrandi Ice Cream yang terletak di Jalan Yos Sudarso. Kedai es krim ini mempunyai menu yang populer yaitu Noddle Ice Cream yang mempunyai bentuk seperti mie instan yang disajikan dengan taburan pasta, buah cherry segar dan pasta sehingga dapat menghilangkan rasa panas di tengah teriknya kota Surabaya.

2. Soto Lamongan Cak Har

Walaupun bukan merupakan salah satu makanan khas dari Surabaya tetapi Soto Lamongan Cak Har banyak disukai oleh penduduk asli Surabaya hingga para wisatawan. Pasalnya, makanan berkuah kuning ini memiliki rasa yang lebih gurih dengan santannya yang lebih kental.

3. Kepiting Cak Gundul 1992

Kabarnya, setelah sukses di kota Pasuruan dan Pandaan usaha makanan Kepiting Cak Gundul 1992 mencoba peruntungannya di Surabaya. Selain olahan kepiting, rumah makan yang terletak di Jalan Kupang Indah Surabaya ini juga menyajikan berbagai olahan seafood lainnya.

4. Nasi Bebek “Sayang Anak” Cak Yudi

Rumah makan yang terletak di kawasan Tanjung Perak Surabaya ini setiap harinya selalu kehabisan bebek karena memiliki rasa yang khas dan dilengkapi dengan sambal pencit / sambal mangga muda.

5. Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Di jalan Walikota Mustajab No 36, Surabaya terdapat salah satu tempat wisata kuliner yang polpuler. Tempat makan ini menyediakan sate yang terdiri dari daging ayam, daging sapi, jeroan, udang dan sumsum. Sate tersebut dipadukan dengan kelapa parut kemudian di bakar secara bersamaan. 

Setelah menikmati wisata rasa Surabaya, rasanya kurang afdol jika belum membeli oleh-oleh khas yang di bawa pulang untuk orang-orang terdekat. Selain dikenal dengan sebutan kota Pahlawan, Surabaya juga terkenal sebagai surga bagi para pencinta kuliner. Ada satu kuliner khas dan sedang populer pada saat ini, yaitu almond crispy cheese.

Almond Crispy Cheese Wisata Rasa Surabaya Jl Mayend Sungkono

Berdasarkan sumber informasi yang dikutip dari infovesta.com, almond crispy cheese yang lumayan terkenal di kota Surabaya adalah merek “Wisata Rasa” yang tokonya terdapat di Jl Mayjend Sungkono No. 135 Surabaya. Camilan renyah ini tersedia dalam 3 varian rasa diantaranya adalah rasa original, cokelat dan green tea. Sementara untuk satu kotak almond crispy cheese dibanderol dengan harga sekitar Rp 45.000. [3]

Oleh-oleh khas Surabaya 

Selain almond cheese, di Surabaya juga terdapat aneka makanan lainnya yang dijadikan sebagai oleh-oleh khas. Dianalisir dari situs yang sama yaitu, anekatempatwisata.com tetapi dari informasi yang berbeda, berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat dijadikan oleh-oleh setelah mengunjungi kota Surabaya. [4]

a. Spikoe Resep Kuno

Spikoe atau spiku merupakan kue lapis yang masih memakai resep kuno sehingga cita rasanya masih belum berubah, untuk mendapatkan kue yang enak ini datanglah ke Jalan Rungkut Madya No. 41.

b. Guna-guna Snack

Guna-guna Snack merupakan merk dari beberapa jajanan seperti singkong balado, keripik kentang pedas manis, baso goreng, samosa, keripik buah naga dan aneka pastry lezat lainnya yang dapat dijadikan oleh-oleh setelah berkunjung ke kota Surabaya.

c. Kerupuk Ikan Kenjeran

Pantai Kenjeran, Surabaya memiliki hasil laut yang melimpah sehingga dijadikan peluang bisnis oleh masyarakat sekitar dengan mengolah aneka seafood menjadi aneka kerupuk yang gurih dan enak, diantaranya adalah kerupuk cumi, kerupuk ikan, kerupuk rumput laut dan lain sebagainya.

d. Bunarendang

Sebenarnya Bunarendang adalah singkatan dari Burger Nasi Rendang yang dibentuk menyerupai burger dengan rendang basah yang terdapat di dalam bulatan nasi. Makanan ini dapat dijadikan sebagai oleh-oleh dan bisa dihangatkan terlebih dahulu jika ingin menyantapnya.

e. Abon Sapi Padmosusastro

Jika ingin membeli abon sapi sebagai oleh-oleh, sebaiknya pergilah ke jalan Padmosusastro untuk mendapatkan abon sapi yang lezat serta tersedia dalam dua varian rasa yaitu pedas dan manis.

f. Jenang dan Sirup Mangrove

Biasanya mangrove atau tumbuhan bakau hanya bisa dilihat, namun di kota Surabaya tanaman ini bisa dinikmati sebagai jenang dan sirup segar sehingga dapat dibeli sebagai oleh-oleh unik yang khas.

g. Siropen Telasih

Siropen telasih merupakan minuman yang tidak menggunakan pemanis buatan sama sekali, sebagai oleh-oleh khas Surabaya minuman ini hadir dalam beberapa varian rasa, seperti cocopandan, frambosen, mawar, vanili dan jeruk keprok. 
h. Kue Bikang Peneleh dan Cakue Peneleh

Berdasarkan informasi yang diambil dari nisahome.com, ada oleh-oleh lain yang dapat dibawa pulang dari kota Surabaya. Jika ingin membelinya disarankan untuk datang ke lokasi oleh-oleh bikang di Jalan Peneleh No 32-34 Surabaya. Di tempat tersebut terdapat kue bikang berwarna-warni dan pembeli bisa melihat proses pembuatannya secara langsung. Selain kue bikang peneleh, ada cakue peneleh yang cukup legendaro yang berlokasi di Pasar Atom Lt. Dasar Antara Tahap III & IV, Surabaya. Toko ini membuat cakue berisi udang yang digoreng hingga garing. [5]

i. Sambal Bu Rudy

Bagi para pencinta pedas, jika di kota Surabaya jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Surabaya yaitu Sambal Bu Rudy. Sambal ini mempunyai rasa yang berbeda dengan sambal lainnya karena dapat membuat penikmatnya merasa ketagihan untuk selalu memakannya. Sambal ini sangat khas dengan rasa bawangnya sehingga cocok sekali di bawa pulang sebagai oleh-oleh khas dari kota pahlawan. [6]

Apabila sudah berjalan-jalan dan berwisata rasa di kota Surabaya, kemudian jika sudah membeli oleh-oleh khas Surabaya berupa makanan ada baiknya jika membeli juga membeli cinderamata khas Surabaya, yaitu kaos unik dan batik mirota. 

Kaos unik tersebut dikenal dengan nama kaos Cak Cuk, kata Cak sendiri merupakan nama sebutan untuk pria dewasa dalam bahasa Suroboyoan, sedangkan kata Cuk merupakan umpatan kotor bahasa Suroboyoan. Selain unik, desain kaos ini juga lucu karena menggunakan desain dengan kata-kata misuh, selengekan, desain bonek dan desain esek-esek lainnya. Oleh karena itu, kaos ini dianggap sesuai dengan ciri khas masyarakat asli kota Surabaya. 

Sementara mirota batik merupakan toko dimana mereka menjual batik-batik khas Surabaya dan aneka souvenir nusantara lainnya, seperti topeng, ukiran dan lain-lain. Tak hanya itu, di sini juga tersedia barang-barang elektronik kuno yang masih bisa digunakan seperti radio dan mesin ketik. Jika datang ke toko ini, pengunjung dapat menemukan aneka souvenir dari nusantara dari Sabang sampai Merauke yang dapat dijadikan oleh-oleh sehingga tidak perlu repot-repot datang ke tempat aslinya karena di Surabaya sudah tersedia lengkap. 

Sesudah puas mengunjungi kota Surabaya dengan membawa oleh-oleh untuk keluarga dan orang-orang terdekat, pasti akan dijamin bahwa wisatawan akan rindu untuk datang kembali ke kota Sura dan Buaya ini. Kalaupun dapat mengunjungi kota Surabaya kembali, pastikan bahwa tidak melewatkan untuk mampir dan menikmati aneka kuliner khas Surabaya lainnya.

Meskipun Surabaya merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia yang panas, namun jika sudah berkunjung ke kota ini pasti rasa panas tersebut tidak dapat dirasakan karena wisatawan asik berwisata tempat dan wisata rasa di kota Surabaya, Jawa Timur. Akan tetapi, bagi yang ingin berwisata rasa Surabaya sebaiknya carilah sumber informasi terlebih dahulu tentang tempat-tempat atau alamat yang menyediakan aneka kuliner yang nikmat. Pasalnya, di kota ini banyak sekali rumah makan, restoran, kedai-kedai, bahkan warung yang menyediakan aneka kuliner yang begitu nikmat.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata rasa Surabaya beserta informasi mengenai ruang lingkup kotanya. Lantas, bagaimana? Apakah masih tertarik untuk mengunjungi kota Surabaya untuk menghabiskan waktu libur atau berakhir pekan? Dan apakah sudah mengetahui tempat-tempat yang akan dikunjungi di kota Pahlawan ini? Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca yang ingin berkunjung ke kota Surabaya. Terima kasih.

Referensi:
[1] Anekatempatwisata.com, “10 Tempat Wisata Kuliner di Surabaya yang Wajib Dikunjungi” 2 Februari 2015, diakses dari http://anekatempatwisata.com/10-tempat-wisata-kuliner-di-surabaya-yang-wajib-dikunjungi/ 07 Oktober 2015
[2] Bactiar Nur Yusuf, “16 Tempat Wisata Kuliner Surabaya Paling Enak” 18 Juni 2015, diakses dari http://halomuda.com/tempat-wisata-kuliner-surabaya/ 07 Oktober 2015
[3] Invofesta.com, “Renyah bisnis oleh-oleh keripik keju khas Surabaya” 21 Agustus 2015, diakses dari http://www.infovesta.com/infovesta/news/readnews.jsp?id=202dd61a-291d-11e4-a389-e41f13c31ba2 07 Oktober 2015
[4] Anekatempatwisata.com, “10 Oleh-oleh Khas Surabaya yang Paling Terkenal” 3 Maret 2015, diakses dari http://anekatempatwisata.com/10-oleh-oleh-khas-surabaya-yang-paling-terkenal/ 07 Oktober 2015
[5] Nisahome, “10 Oleh-oleh khas Surabaya ala Tim Nisah’s Home” 23 Oktober 2014, Diakses dari http://nisahome.com/10-oleh-oleh-khas-surabaya-ala-tim-nisahs-home/ 07 Oktober 2015
[6] Infopiknik.com, “Sambal Bu Rudy Oleh Oleh Khas Surabaya” diakses dari http://infopiknik.com/sambal-bu-rudy-oleh-oleh-khas-surabaya/ 07 Oktober 2015


Advertisement:

Baca Juga Artikel Ini: