Cara Mengatasi Wifi Limited Access di Windows 8

Jika ada masalah limited, mungkin Anda bertanya bagaimana sih cara mengatasi wifi limited? Mari kita bahas dalam artikel berikut ini aja yuk!

Pada jaman sekarang internet sudah menjadi kebutuhan oleh setiap orang, dengan adanya internet masyarakat dapat browsing, download, upload hingga chatting. Karena dapat diakses dengan mudah membuat semua kalangan bisa menggunakannya, mulai dari anak-anak hingga orang yang sudah berumur sekalipun.

Mengakses internet dapat dilakukan dengan bermodalkan koneksi. Untuk mendapatkan koneksi tersebut dibutuhkan tarif data yang dibeli dengan menggunakan pulsa. Semakin bagus dan semakin cepat koneksi layanan yang digunakan, maka semakin cepat pula internet bisa diakses.

Cara Mengatasi Wifi Limited
Sumber Gambar:
https://pixabay.com/id/wifi-wlan-jaringan-sambungan-468295/
Selain menggunakan paket data dan biaya, internet juga dapat diakses menggunakan Wifi. Berdasarkan informasi yang dikutip dari id.wikipedia.org, Wifi merupakan sebuah teknologi terkenal yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi internet berkecepatan tinggi. Wifi juga didefinisikan sebagai produk jaringan Wilayah Lokal Nirkabel (WLAN). [1]

Pada saat ini sudah banyak tempat yang sudah menyediakan layanan Wifi, diantaranya seperti kampus, sekolah, mall, kantor, restaurant, taman kota hingga warung-warung yang ada di pinggir jalan. Tempat-tempat yang menyediakan layanan Wifi lebih diminati oleh masyarakat untuk mengakses internet. Bahkan, beberapa orang bisa berada dalam waktu yang sangat lama di tempat yang telah disediakan layanan Wifi. Dengan adanya Wifi, kebutuhan masyarakat untuk mengakses internet menjadi lebih mudah  dan menjadi lebih cepat dari layanan yang menggunakan paket data atau tarif biaya. Wifi biasanya dimanfaatkan bagi orang-orang yang tidak mempunyai paket data internet dan mereka juga memanfaatkan Wifi untuk menghemat paket data yang mereka miliki. 

Cara Mengatasi Wifi Limited di Laptop

Wifi tak hanya tersedia sebagai fasilitas umum di beberapa tempat saja, Wifi juga dapat dipasang di rumah dan dapat digunakan bersama dengan seluruh penghuni rumah. Selain itu, fasilitas layanan Wifi juga telah tersedia salam smartphone OS Android dan  iOS. Dengan demikian, pemilik data pada koneksi smartphone dapat membagikan paket data internet miliknya melalui layanan Wifi.

Namun, tidak semua Wifi diakses dengan mudah karena ada beberapa yang dilengkapi dengan password atau kata sandi. Oleh karena itu, jika berada di tempat dengan fasilitas Wifi yang mempunyai keamanan password. Apabila Wifi memang diperuntukkan untuk umum, biasanya mereka akan memberitahukan passwordnya.

Setelah membahas Wifi untuk fasilitas umum dan Wifi pada smartphone. Pada artikel kali ini juga akan dibahas mengenai Wifi yang ada pada PC/Laptop yang mempunyai fungsi yang sama dengan jenis Wifi lainnya.

Meskipun mempunyai jaringan dan koneksi yang lebih cepat, Wifi juga mempunyai kekurangan salah satunya yaitu kondisi Limited atau yang tidak tersambung. Hal ini akan menjadi pekerjaan rumah tersendiri saat terjadi pada Wifi Laptop Windows 8.

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasinya adalah mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Kemungkinan, keadaan Wifi yang Limited disebabkan karena terdapat masalah pada Wirless Connection. Biasanya masalah Wifi Limited ditandai dengan status ‘Limited’ yang muncul saat hendak menghubungkan jaringan wirless atau hotspot.

Setelah mengetahui penyebabnya, lakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Pada artikel ini akan diberikan beberapa yang dapat digunakan untuk mengatasi Wifi yang berada dalam keadaan Limited. Inilah cara pertama yang dikutip dari dimasalfaridzi.me untuk mengatasi Wifi Limited setelah mengupgrade Windows 8.1. 

Menurut situs tersebut untuk menghilangkan Wifi Limited harus dilakukan dengan cara mengganti driver lain yang lebih kompatibel dengan hardware yang digunakan. Berikut ini adalah langkah-langkahnnya : [2]

Cara Pertama

  1. Buka device manager kemudian expand bagian network adapters dan klik kanan adapter wifi (misal : Broadcom 802.11) kemudian klik kanan dan klik update driver
  2. Setelah itu, akan muncul window baru dengan 2 pilihan update, pilihlah yang ada di bawah (Browse my computer for drive software) kemudian, klik let me pick a list of drivers on my computer dan hilangkan centang show compatible hardware
  3. Setelah muncul tampilan baru, silahkan pilih driver yang sekiranya kompatibel dengan hardware wifi yang dimiliki. 
Namun, jika cara tersebut masih belum bisa mengatasi Wifi dengan keadaan Limited. Berikut ini ada tips lagi yang diambil dari sumber informasi yang berbeda. Inilah cara untuk mengatasi Wifi Limited yang dikutip dari sumber asrizal.web.id. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini : [3]


Cara Kedua:

  1. Buka Control Panel > Network and Sharing Canter > pilihlah koneksi Wifi > Wireless Properties > Security > Advance Setting, kemudian checklist pada Enable Federal Information Processing Standards (FIPS) compliance for this network.
  2. Setelah itu, koneksikan kembali pada jaringan Hotspot, jika status limited berubah menjadi connected maka berhasil tetapi jika tetap sama cobalah dan perhatikan kembali. 


Cara Ketiga :

  • Klik kanan pada Start Button, kemudian klik ‘Command Prompt (Admin)” lalu akan muncul jendela UAC, klik saja YES. 
  • Kemudian ketiklah kode perintah berikut ini, lalu tekan Enter


netsh int tcp set heuristics disabled

netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled

netsh int tcp set global rss=enabled


  • Terakhir, ketikkan kode berikut untuk memastikan hasil:



netsh int tcp show global


  • Kemudian, akan muncul tampilan dengan rincian data

  • Langkah yang terakhir, adalah restart perangkat dan mencobanya untuk mengkoneksikan ke Hotspot

Semoga salah satu cara ini berguna untuk mengatasi masalah Wifi dalam keadaan Limited. Disarankan, untuk mencoba cara kedua terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memakai cara ketiga dan pertama. Perhatikan langkah-langkahnya agar tidak terjadi kekeliruan, semoga bermanfaat. Kalau ada kesalahan atau kekurangan kami mohon maaf dan terima kasih atas waktunya buat membaca artikel cara mengatasi wifi limited tersebut.

Referensi:
[1] Wikipedia, “Wi-Fi” diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi 09 November 2015
[2] Www.dimasalfaridzi.me, “Mengatasi Wifi Limited Setelah Upgrade Windows 8.1” diakses dari http://www.dimasalfaridzi.me/2014/02/mengatasi-wifi-limited-setelah-upgrade.html 09 November 2015
[3] Asrizal.web.id “Cara Mengatasi Limited Wifi Pada Windows 8.1” diakses dari http://www.asrizal.web.id/2015/03/cara-mengatasi-limited-wifi-pada.html 09 November 2015

Advertisement:

Baca Juga Artikel Ini: