Cara Mengobati Hidung Mampet secara Alami

Bagaima sih cara mengobati hidung mampet? Salah satu masalah yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah hidung mampet. Walaupun umumnya dianggap masalah yang tidak terlalu serius tetapi hal ini sangatlah menganggu karena menganggu jalur pernapasan. Masalah hidung mampet atau  tersumbat pada umumnya dialami oleh anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh flu atau infeksi sinus.

Hidung mampet atau hidung tersumbat merupakan penyakit ringan yang dapat menimbulkan peradangan pada lapisan rongga hidung. Peradangan tersebut akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan menimbulkan pembengkakan sehingga hidung menjadi tersumbat.


Penyebab Hidung Mampet

cara mengobati hidung mampet
Sumber Foto:
https://www.youtube.com/watch?v=hSwV7I996PQ
Berdasarkan informasi yang diambil dari mediskus.com, berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya hidung mampet atau hidung tersumbat. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut : [1]

1. Flu
2. Alergi
3. Paparan zat kimia
4. Sinusitis kronis
5. Tumor jinak
6. Septum yang menyimpang
7. Sakit kepala
8. Kehamilan (fluktuasi hormonal)


Cara Mengatasi Hidung Tersumbat secara Tradisional 

Walaupun merupakan penyakit ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya, penyakit tersebut sangatlah menganggu penderitanya karena dapat menganggu aktivitas. Oleh karena itu, penyakit ini harus segera diobati. Inilah beberapa cara yang dikutip dari jellygamatgoldg-gne.com untuk mengobati hidung mampet. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut : [2]

1. Menggunakan Uap Air

Menggunakan uap air dapat dijadikan sebagai alternatif, caranya hanya memerlukan baskom yang berisi air panas. Siapkan handuk untuk menutupi bagian kepala dan dekatkan wajah pada baskom karena uap air tersebut dapat mengobati hidung mampet.

2. Mandi Air Hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat dapat mengencerkan lendir di dalam hidung sehingga mudah untuk dikeluarkan atau mudah untuk ditarik kembali.

3. Minum Air Hangat

Ketika tidak bisa menggunakan cara pertama dan kedua, cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk mengobati hidung mampet adalah dengan minum segelas air hangat, boleh dicampur dengan teh, kopi, susu dan sebagainya. Pastikan suhunya di atas 30 derajat agar uap airnya dapat dihirup ketika ingin diminum.

4. Minum Teh Herbal

Teh herbal biasanya dianggap sebagai obat yang paling aman untuk meredakan hidung tersumbat. Meskipun dapat mengencerkan lendir dan dapat melegakan hidung tersumbat mengkonsumsinya secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping.

5. Mengkonsumsi Makanan Pedas

Mengkonsumsi makanan pedas dapat digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat atau hidung mampet, karena lendir akan terus keluar ketika mengkonsumsi makanan pedas.

6. Makan Sup Ayam

Makan semangkuk sup ayam dapat mengatasi hidung mampet karena di dalamnya terdapat kandungan sistein yang dapat melegakan hidung.

7. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur menggunakan air garam merupakan alternatif terakhir untuk meredakan hidung tersumbat. Ketika ingin berkumur, larutkan satu sendok makan garam ke dalam air hangat.

Selain semua cara tersebut, tidur terlentang dengan posisi kepala yang lebih tinggi dapat melegakan hidung. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan bantal lebih dari satu ketika tidur agar posisi kepala menjadi lebih tinggi.

Itulah, beberapa cara yang dapat diterapkan untuk mengobati hidung mampet. Cara tersebut dapat dilakukan bagi orang yang tidak bisa mengkonsumsi obat dengan rasa yang pahit. Mengobati hidung tersumbat atau hidung mampet tak harus dengan mengkonsumsi obat karena mengkonsumsi obat terlalu sering dan dalam jangka waktu yang terlalu lama dapat menyebabkan ketergantungan serta dapat menimbulkan efek samping. 

Nah, kalau ada kekurangan atau kesalahan dalam artikel cara mengobati hidung mampet  tersebut kami mohon maaf. Selamat mencoba, semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih juga karena sudah bersedia untuk membacanya. :-)

Referensi:
[1] Medikus.com, “Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Mengatasinya” diakses dari http://mediskus.com/penyakit/penyebab-hidung-tersumbat-dan-cara-mengatasinya  09 November 2015
[2] Jellygamatgoldg-gne.com, “10 Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat” diakses dari http://jellygamatgoldg-gne.com/10-cara-mudah-mengatasi-hidung-tersumbat-tanpa-obat/ 09 November 2015

Advertisement:

Baca Juga Artikel Ini: