Kegunaan Fisheye: Camera, Clip & 3 in 1 untuk HP Android

Sesuai dari judul diatas, kali ini kita akan membahas mengenai kegunaan fisheye camera. Nah, daripada penasaran, langsung saja kita bahas dalam artikel dibawah ini!

Saat ini pasti HP Android bukanlah barang baru lagi buat Anda. Dengan segala kecanggihannya, HP Android memenuhi semua kebutuhan, termasuk dalam bidang fotografi.

Dikutip dari Plimbi, lensa adalah salah satu hal yang memiliki peran paling penting dalam fotografi. Karena lensalah yang bertugas memfokuskan cahaya pada obyek. Lensa terbagi atas beberapa jenis, diantaranya Prime, Zoom, Tele, Makro, Fisheye, Wide Angle dan sebagainya. (1) 
P
ada ulasan artikel kali ini akan membahas lensa fisheye untuk kamera digital biasa untuk fotografi dan clip camera mini buat HP Android dan Blackberry.

Lensa Fisheye untuk Kamera Digital 

Menurut BELAJAR FOTOGRAFI, mengapa lensa tersebut dinamakan fisheye? Fisheye yang artinya mata ikan ini persis seperti bentuk fisik lensa yang pada bagian depan optiknya menyembul keluar sehingga disebutlah sebagai lensa fisheye. Lensa ini memiliki keunggulan sebagai lensa ultra wide-angle dengan hasil distorsi visual foto hemisperik atau  foto lebar panoramik. Keunggulan lainnya sari lensa fisheye jika dibandingkan lensa lainnya adalah hasil dari desain produksi dan distorsi lensa ini tidak perlu dikoreksi lagi. (2)


Kegunaan Fisheye 

Dikutip dari amazine, lensa fisheye memiliki fungsi antara lain:
kegunaan fisheye
Sumber Foto (CC):
https://www.flickr.com/photos/luder5/3854449498
  • Hasil dari jepretan lensa fisheye dapat dipadu dengan program seperti photoshop dengan hasil gambar 360 derajat langit dan cakrawala.
  • Lensa fisheye memiliki sudut pengambilan hingga 180 derajat, sehingga mampu menghasilkan gambar pada panorama langit.
  • Lensa ini dapat juga dipakai untuk menjepret panorama alam dan akan memberi hasil gambar distorsi unik.
  • Karena garis pada lanskap dapat dibuat secara dramatis dan tidak realistis, maka lensa fisheye  sering dipakai dalam fotografi artistik. (3)

Lensa 3 in 1 untuk HP 

Sedangkan dilansir dari HeroShop romdankurkur, ponsel dengan lensa 3 in 1 dapat membantu Anda yang gemar fotografi. Ponsel dengan 3 lensa sekaligus, yaitu Fisheye, Wide dan Macro akan memberikan efek terbaik secara bergantian. Fisheye memberikan efek cembung, Wide memberikan efek foto yang menghasilkan skala sudut lebih lebar, sedangkan Macro dapat mengambil fokus pada obyek secara detail tanpa blur, sehingga gambar yang dihasilkan tampak lebih nyata. 

Penggunaan lensa 3 in 1 ini juga tidak rumit. Yaitu hanya dengan menyesuaikan lensa yang berbentuk seperti penjepit tersebut dengan kamera ponsel yang Anda miliki. Lensa 3 in 1 yang terdiri dari fisheye, wide dan makro merupakan support bagi hampir semua HP Android dan Blackberry. Penggunaan lensa 3 in 1 ini adalah universal, yaitu dapat digunakan untuk semua jenis handphone, seperti Samsung, Cross, Experia, iPad, iPhone, HTC dan masih banyak lagi. Keunggulan lainnya, lensa ini dapat dipakan untuk kamera depan dan belakang. (4)

Lensa Fisheye 180 Clip Jepit untuk Android & Blackberry 

Menurut photokecil.web.id, juga terdapat model lain, yaitu fisheye yang khusus untuk HP. Lensa fisheye bisa dipasang di semua jenis HP, tak terkecuali HP yang pada bagian belakangnya terdapat farm kamera atau permukaannya tidak rata. Walaupun dilihat dari segi tampilannya berbeda, namun lensa tersebut memiliki fungsi yang sama seperti layaknya lensa fisheye lainnya. (5) 

Itulah beberapa pembahasan mengenai artikel kegunaan fisheye. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Mohon maaf jika ada kekurangan atau kesalahan dalam artikel tersebut dan terima kasih karena sudah bersedia buat membaca.

Referensi:
1. Plimbi Editor, "Mengenal Apa Itu Lensa Fisheye Beserta Kegunaannya", Plimbi, diakses dari http://www.plimbi.com/review/125141/lensa-fisheye pada tanggal 7 Pebruari 2016. 
2. NN, "Mengenal Lensa Fisheye", BELAJAR FOTOGRAFI, diakses dari http://belfot.com/lensa-fisheye/ pada tanggal 7 Pebruari 2016. 
3. NN, "Apa itu Lensa Fisheye? Sejarah, Teknik & Jenis Lensa Fisheye" diakses dari http://www.amazine.co/12916/apa-itu-lensa-fisheye-sejarah-teknik-jenis-lensa-fisheye/  pada tanggal 7 Pebruari 2016. 
4. Romdan Kurniawan, "Lensa 3in1 (makro, wide, fisheye) 3 in 1 universal fish eye", HeroShop romdankurkur, diakses dari http://romdankurkur.blogspot.co.id/2014/05/lensa-3in1-makro-wide-fisheye-3-in-1.html  pada tanggal 7 Pebruari 2016. 
5. Ahmad Rivai, "Lensa Fisheye 180 Clip - Jepit, Untuk Semua HP (Nokia, Samsung, Sony, Ericson, Oppo, Cross, Advan, Sony Ericson, Blackberry dll)", Berkelana Ke Dunia Mikroskopik, diakses dari http://www.photokecil.web.id/2014/01/lensa-fisheye-180-clip-jepit-sehingga.html pada tanggal 7 Pebruari 2016.

Advertisement:

Baca Juga Artikel Ini: