Kenapa Telinga Berdengung Terus Menerus (Berdenging)?

Kali ini, kita akan mengulas tentang penyebab kenapa telinga berdengung. Seperti kita tahu, telinga merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai peranan penting sama seperti organ tubuh lainnya. Telinga termasuk dalam alat indera yang berfungsi untuk mendengarkan. Coba bayangkan, telinga tidak bisa berfungsi maka dampak yang ditimbulkan adalah kehidupan menjadi sepi, tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain dan tidak bisa mendengarkan suara musik. Oleh karena itu sangatlah penting untuk menjaga dan merawat kesehatan telinga sama seperti menjaga kesehatan organ tubuh lainnya.

Penyebab Telinga Berdenging Lama Sebelah Kanan atau Kiri

Ada beberapa masalah yang terjadi pada organ telinga, salah satunya adalah telinga berdengung. Di dunia medis telinga berdengung dikenal dengan nama tinnitus, biasanya tinnitus disebabkan beberapa masalah yang terjadi di dalam tubuh akan hilang dengan sendirinya. Namun, pada kondisi tertentu, tinnitus juga tanda bahwa tubuh sedang mengalami masalah kesehatan yang cukup serius. Mengutip informasi dari deherba.com, berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa penyebab telinga berdengung atau tinnitus : [1]
Kenapa Telinga Berdengung (foto ilustrasi)
Sumber Foto (CC):
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:EAR.jpg

1. Suara Keras

Manusia memiliki batas kemampuan dalam mendengarkan, dengan resonansi mulai dari 20 Hz hingga 20.000 Hz. Jika melebihi itu, maka telinga tidak bisa mentoleransi suara tersebut terlebih lagi jika mendengarkannya secara terus-menerus dalam kurun waktu yang cukup lama. Tak hanya dapat membuat telinga berdengung atau tinnitus, kondisi tersebut juga dapat merusak telinga sehingga akan menurunkan pendengaran. 

2.  Terlalu Stres

Selain dapat mempengaruhi kondisi psikis, terlalu stres juga menjadi salah satu penyebab terjadinya gangguan telinga seperti tinnitus. Adapun gejala stres yang berlebihan adalah seperti perasaan cemas yang berlebihan, nyeri otot, dan juga sering bersikap emosional. Stres yang berlebihan tak hanya dapat mempengaruhi kesehatan telinga, karena juga dapat memperburuk kesehatan organ tubuh lainnya.

3. Alergi

Alergi juga bisa menjadi salah satu penyebab dari tinnitus, karena alergi dapat memicu timbulnya lendir di bagian tengah telinga. Apabila, kondisi tersebut tidak segera ditangani maka akan menyebabkan tekanan menjadi lebih besar lagi dan akan menimbulkan tinnitus hingga infeksi pada telinga.

4. Meniere’s Disease

Meniere’s Disease merupakan gangguan telinga bagian dalam. Sebenarnya, telinga tak hanya berfungsi sebagai alat pendengaran saja melainkan juga berfungsi untuk mempengaruhi keseimbangan tubuh.  Jika mengalami menierse’s disease, maka salah satu gejala yang dirasakan adalah telinga sering berdengung. 

Untuk mengatasi masalah telinga berdengung, salah satunya adalah menghindari penyebabnya. Akan tetapi, jika telinga berdengung terus menerus dalam waktu yang cukup lama dan tidak dapat dihentikan dengan cara alami seperti, meniup telinga, membersihkan telinga, dan meletakkan telinga yang berdengung di atas bantal, langkah yang harus segera dilakukan adalah segera memeriksakan kondisi telinga ke dokter spesialis THT untuk mengetahui gejala serta untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. 

Demikianlah pembahasan seputar penyebab kenapa telinga berdengung, semoga artikel diatas bermanfaat, kalau ada kekurangan atau kesalahan mohon maaf dan terima kasih karena sudah Anda luangkan waktu untuk membaca artikel tersebut. :-)

Referensi:
[1] Deherba, “Apa Penyebab Telinga Berdengung?” diakses dari https://www.deherba.com/menyoal-telinga-yang-berdengung.html 30 Oktober 2015

Advertisement:

Baca Juga Artikel Ini: