Salep Mebo: Manfaat, Harga, dan Kandungan Obat

Sesuai judul diatas, kini kita akan mengulas seputar salep Mebo. Nah, daripada penasaran, mari kita bahas langsung saja yuk!
Salep Mebo untuk Luka Bakar (ini hanya foto ilustrasi korek api)
Sumber Foto:
https://pixabay.com/id/pertandingan-api-membakar-panas-1063868/
Salah satu jenis luka yang sulit untuk dihilangkan bekasnya adalah luka bakar. Hal ini disebabkan karena luka tersebut membuat jaringan epidermis atau jaringan terluar dari kulit mengalami kerusakan sehingga menyebabkan kulit menjadi terbuka kemudian membentuk jaringan parut yang nampak seperti ada bintik-bintik pada permukaan bekas luka.
Berdasarkan informasi yang diambil dari situs pharmacyshealth.blogspot.co.id, mengungkapkan bahwa luka bakar dibagi menjadi tiga kategori utama menurut penyebab terjadinya, diantaranya adalah sebagai berikut ini :
  • Luka bakar karena tercelup atau karena percikan air panas/minyak/uap
  • Kebakaran kontak akibat menyentuh benda panas atau zat kimia
  • Luka bakar yang disebabkan oleh api, bahan kimia, listrik atau akibat radiasi

Dari situs tersebut juga dikatakan bahwa dari semua kategori tersebut yang paling serius adalah luka bakar yang disebabkan oleh api atau air panas. [1] Apabila tidak diatasi dengan cepat dan tepat akan menyebabkan kondisi kulit yang lebih serius sehingga bekasnya sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan ketika melakukan pertolongan pertama saat mengalami luka bakar.
Menurut ahli medis, pertolongan pertama yang harus dilakukan saat mengalami luka bakar adalah menyiram luka secepatnya dengan menggunakan air bersih bersuhu normal agar jaringan epidermis kulit tidak rusak terlalu parah. Kemudian, berikanlah salep khusus untuk luka bakar yang bisa digunakan pada luka bakar yang terbuka sekalipun. Salah satu jenis salep yang direkomendasikan untuk mengobati dan mengatasi luka bakar adalah Mebo.

Fungsi & Kegunaan Salep Mebo untuk Luka Bakar

Mebo merupakan salah satu jenis salep yang dapat mengobati, mengatasi dan menyembuhkan luka bakar tanpa meninggalkan bekas luka yang menganggu penampilan. 

Komposisi:

Menganalisir informasi dari dosis-obat.blogspot.co.id, salep ini memiliki kandungan atau komposisi berupa Cortex Phellodendri, Rhizoma Coptidis, Radix Scutellariae, berbau sasame oil dan berwarna kuning kecoklatan. 

Indikasi:

Salep ini diindikasikan untuk mengurangi rasa panas akibat luka bakar, mempercepat proses regenerasi jaringan, mengurangi nyeri, mengobati luka bakar, scald dan luka bakar akibat bahan kimia. Namun, salep ini tidak boleh digunakan untuk pasien hipersensitif terhadap kandungan sesame oil. [2]

Harga:

Salep ini tidak dijual bebas, sehingga hanya bisa didapat dan dibeli di apotik atau toko obat saja. Untuk mendapatkan salep ini perlu membelinya dengan harga sekitar 100 ribuan rupiah. Walaupun terbilang cukup relatif mahal namun harga tersebut sebanding dengan manfaat yang didapatkan setelah menggunakannya secara rutin. Akan tetapi, harga tersebut tidak dapat dijadikan sebagai patokan karena harga di setiap tempat berbeda-beda.

Cara Pakai:

Cara penggunaannya pun juga mudah, hanya mengoleskannya secara tipis-tipis pada area yang terkena luka bakar. Gunakan salep ini setiap 4 – 6 jam sekali dalam sehari. Sebelum, menggunakan dan mengoleskannya lagi, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu salep yang menempel pada kulit.
Agar luka bakar cepat sembuh, gunakan secara teratur sesuai dengan dosis dan petunjuk pemakaiannya. Kemudian, bacalah semua informasi dan petunjuk lainnya yang terdapat di balik kemasan salep. Hal terpenting lainnya yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa telah menggunakan produk yang asli. Produk yang asli hanya dijual di apotik atau rumah sakit dan pastikan untuk menggunakan salep ini jauh sebelum tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan.Jika hal tersebut tidak diperhatikan, bisa saja dapat memperparah kondisi luka.
Hasil yang didapatkan tiap individu berbeda karena tergantung pada kondisi tubuh dan luka si pemakai. Jika terjadi alergi, iritasi, kondisi luka semakin parah atau terjadi masalah lainnya segera hentikan pemakaian dan segera periksakan diri ke dokter spesialis kulit.
Nah, demikianlah tadi ulasan seputar salep Mebo. Itulah yang dapat kami sampaikan, kurang lebihnya kami mohon maaf juga apabila ada kesalahan dan terima kasih karena sudah berkenan dan bersedia untuk membaca. Semoga saja informasi tersebut bisa bermanfaat dan membantu memberikan solusi bagi pembaca sekalian! :-)
Referensi:
[1] Pharmacyshealth.blogspot.co.id, “Penggunaan Mebo Pada Luka Bakar” diakses dari http://pharmacyshealth.blogspot.co.id/2012/01/penggunaan-moist-exposed-burn-ointment.html 29 November 2015
[2] Dosis-obat.blogspot.co.id, “Dosis Obat Mebo Salep” diakses dari http://dosis-obat.blogspot.co.id/2014/11/dosis-obat-mebo-salep.html 29 November 2015

Advertisement:

Baca Juga Artikel Ini: