Salep Oxytetracycline Kegunaan / Manfaatnya buat Apa? Ini Dia!

Hai sobat, kali ini kita akan memberikan ulasan atau review tentang salep Oxytetracycline. Nah, daripada penasaran, langsung saja simak dan baca artikel berikut ini yuk!

Salep Oxytetracycline
Sumber Foto:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:1Veertje_hand_burn.jpg
Ketika melakukan berbagai aktivitas, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan kulit manusia rentan untuk terluka. Salah satu, masalah yang sering terjadi saat beraktivitas adalah luka bakar. Biasanya, luka bakar disebabkan karena seseorang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan api, air panas, minyak panas dan benda panas lainnya. 

Tak hanya rentan terkena luka seperti luka bakar, kulit juga rentan untuk terluka apabila terkena goresan benda tajam maupun benda tumpul. Hal ini disebabkan karena kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh sehingga jika ada sesuatu pada tubuh, kulit yang akan pertama kali merasakannya. Oleh karena itu, disarankan agar tetap berhati-hati ketika menjalankan aktivitas apapun terutama saat menjalankan aktivitas yang memiliki resiko tinggi. 

Fungsi & Khasiat Salep Oxytetracycline

Ketika terlanjur terluka, kulit akan mudah terkena infeksi sehingga harus diatasi dan diobati dengan tepat untuk terhindar dari infeksi yang berbahaya seperti tetanus. Ada salah satu merk salep yang dapat digunakan untuk mengatasi infeksi luka, mengatasi luka bakar, mengatasi infeksi kulit dan dapat mencegah terjadinya infeksi akibat pembedahan. Salep tersebut dikenal dengan nama Oxytetracycline dan sering disebut dengan Oksitetrasiklin. 


Harga Produk

Berdasarkan informasi yang diambil dari apotik.medikastore.com,  Oxytetracycline dibanderol dengan harga sekitar Rp 2.500 – Rp 3.000 saja. Namun, harga tersebut tidak bisa dijadikan patokan karena masing-masing tempat menjualnya dengan harga yang berbeda. Meskipun berbeda kemungkinan harganya juga tidak akan terpaut jauh dengan harga yang sudah disebutkan. Salep dengan kemasan 5 gram tersebut bisa didapatkan di apotik-apotik terdekat di seluruh wilayah Indonesia. [1] 

Walaupun berguna untuk mengatasi dan mencegah terjadinya infeksi, salep ini juga mempunyai efek samping tersendiri sehingga pemakaiannya harus sesuai dengan petunjuk yang ada di balik kemasannya. Salep ini baik digunakan sebelum tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasannya dan gunakan salep ini dengan mengoleskannya 2 – 3 kali sehari pada kulit yang mengalami infeksi. Sebelum memakainya, disarankan untuk membersihkan terlebih dahulu bagian yang ingin diobati agar tidak terkontaminasi dengan kotoran, kuman dan bakteri yang menempel.

Nah, itulah tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai salep Oxytetracycline. Terima kasih karena sudah membaca, bila terdapat kekurangan ataupun kesalahan kami mohon maaf dan semoga bermanfaat ya! :-)

Referensi:
[1] Apotik.medicastore.com, “Obat Oxytetracycline – Salep Kulit” diakses dari http://apotik.medicastore.com/obat/oxytetracycline-salep-kulit 25 November 2015

Advertisement:

Baca Juga Artikel Ini: