Salep Betason N: Harga, Manfaat, Kandungan & Indikasi

Sesuai topik diatas, kali ini kami akan memberikan review tentang salep Betason. Berikut ini adalah sekelumit penjelasannya, disimak ya!

Salep Betason untuk mengatasi masalah kulit (gambar ilustrasi struktur kulit)
Sumber Gambar (CC):
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:501_Structure_of_the_skin.jpg
Hampir semua orang pasti pernah mengalami permasalahan kulit atau yang sering disebut penyakit kulit, mulai dari masalah yang ringan hingga masalah yang berat. Biasanya, hal ini dialami oleh mereka yang kurang menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan di sekitarnya sehingga membuat kulit terkena infeksi yang disebabkan oleh kuman, bakteri, virus hingga jamur.

Selain dengan menjaga kebersihan, langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi penyakit kulit adalah dengan memeriksakan kondisi tubuh ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Biasanya, dokter akan memberikan salep atau obat sesuai dengan kondisi dan keluhan pasien. Salah satu jenis salep yang biasa diberikan oleh dokter untuk pasien yang menderita penyakit kulit yang dianggap agak serius adalah betason. 

Salep Betason-N: Betamethasone Neomycin


Orang-orang yang sudah ahli di dunia medis dan apoteker tentu sudah tidak asing lagi dengan betason. Berbeda dengan masyarakat pada umumnya yang merupakan orang awam yang tidak mengerti tentang produk salep ini, bahkan ada pula yang sama sekali belum mengenalnya. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dihadirkan informasi seputar salep merk betason untuk menjawab kebingungan pembaca. 

Komposisi

Cukup wajar apabila kebanyakan orang tidak mengenal betason karena salep ini tidak dijual bebas dan hanya dijual di apotik dan harus digunakan dengan resep dokter. Mengutip informasi dari www.nulis.in, salep ini memiliki komposisi yang terdiri dari kandungan Betametason – 17 – Valerat sebanyak 1 mg dan kandungan Neomisin Sulfat sebanyak 5 mg. kandungan Betametason merupakan suatu 9-fluorokortikosteroid yaitu senyawa dari golongan kortikosteroid yang sangat efektif untuk mengobati kulit. Sementara, kandungan neomisin dikenal sebagai anti-biotik yang aktif memerangi bakteri penyebab radang kulit. [1]


Indikasi

Informasi selanjutnya datang dari apotiktambakrejo.com, yang mengungkapkan bahwa salep betason -N diindikasikan untuk mengobati penyakit kulit yang dapat menyebabkan radang akut maupun sub akut, seperti eskim atau eskema, eskim/eskema infantile. Dermatitis atopik, dermatitik kontak, demantitis hepertiformis, dermatitis venenata, interrigo,sebrorohoeuc dermatitis dan alergi. [2]

Kegunaan / Khasiat / Fungsi

Dengan menggunakan salep tersebut secara rutin dan teratur, maka gangguan penyakit kulit akan segera sembuh dan hilang setelah pengobatan menggunakan salep dimulai. Hal ini disebabkan karena betason mempunyai efek anti-radang yang kuat sehingga dapat menjamin penyembuhan infeksi skunder yang biasanya terjadi dan menyertai penyakit kulit yang menyebabkan radang.

Aturan Pakai

Cara pemakaiannya sama dengan cara pemakaian salep pada umumnya, yaitu digunakan 3 – 4 kali sehari dengan cara mengoleskannya pada bagian kulit yang sakit atau bisa juga dipakai dan digunakan sesuai dengan petunjuk dokter. Pasalnya, salep yang diproduksi oleh Kima Farma ini harus digunakan atau dipakai sesuai dengan resep dokter.


Efek Samping

Meskipun berguna untuk menyembuhkan gangguan penyakit gatal pada kulit, salep ini juga mempunyai efek samping. Menganalisir informasi dari apotikantar.com, adapun efek samping yang bisa ditimbulkan oleh salep ini diantaranya adalah iritasi, rasa nyeri, kulit kering, perubahan atrofi lokal pada kulit, gatal, maserasi kulit, infeksi sekunder, striae, miliaria, ototoksik, nefrotosik, dermatitis perioral, dermatitis kotak alergi, erupsi, akne dan lain-lain. [3]

Itulah yang dapat dijadikan sebagai salah satu alasan mengapa, salep ini hanya boleh digunakan dan dipakai dengan resep atau anjuran dari dokter. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan salep ini secara rutin dan teratur sesuai dengan petunjuk pemakaian. Namun, setiap individu akan mendapatkan waktu penyembuhan yang berbeda-beda karena tergantung pada kondisi pasien yang menggunakannya. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya bacalah semua informasi di balik kemasan.

Harga

Hal terpenting lainnya yang harus dilakukan adalah pastikan bahwa telah membeli salep betason-N yang asli. Produk yang asli yang dijual di apotik dan di dokter spesialis kulit. Untuk satu salep kemasan 5 gram x 1 x 1 dibanderol sekitar Rp 12.000,- saja. Harga tersebut terbilang murah untuk salep yang mempunyai banyak manfaat untuk mengobati gangguan penyakit kulit. Namun, perlu diingat bahwa harga di setia tempat berbeda-beda dan harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sehingga harga yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat dijadikan patokan. 

Nah, demikianlah tadi informasi tentang salep betason. Terima kasih sudah membaca, mohon maaf bila terdapat kesalahan dan semoga bermanfaat!

Referensi:
[1] Nulis.in, “Betason-N Krim Indikasi Harga Sifat & Hal yang Harus Diperhatikan” diakses dari http://www.nulis.in/2014/06/betason-n-krim-indikasi-harga-sifat-hal-yang-harus-diperhatikan.html 30 November 2015
[2] Apotiktambakrejo.com, “Betason-N Krim 5 gram” diakses dari http://www.apotiktambakrejo.com/product/25/484/BETASON-N-KRIM-5GRM 30 November 2015
[3] Apotikantar.com, “Betason-N Cream 5 g” diakses dari http://www.apotikantar.com/betason-n_cream_5_g 30 November 2015

Advertisement:

Baca Juga Artikel Ini: