Salep Penghilang Bekas Cacar Air di Wajah

Hai, dalam kesempatan ini kita akan mengulas mengenai salep penghilang bekas cacar. Nah, daripada penasaran, berikut ini ulasannya, mari disimak yuk!

Cacar air merupakan jenis penyakit kulit yang paling ditakuti oleh kebanyakan orang. Hal ini disebabkan karena penyakit ini akan meninggalkan bekas cacar seperti bintik-bintik hitam bahkan dapat juga menyebabkan bopeng. Bopeng merupakan bekas cacar yang cekung sehingga sulit sekali untuk dihilangkan. Langkah yang berguna untuk mencegah bekas cacar agar tidak bopeng adalah jangan memainkannya.

Salep Penghilang Bekas Cacar Air di Wajah (Gambar Ilustrasi)
Sumber Gambar:
https://en.wikipedia.org/wiki/Chickenpox#/media/File:Chickenpox.png
Sebelum dijelaskan mengenai cara menghilangkan bekas cacar, akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai informasi seputar penyakit cacar. Organiasasi.org mengatakan bahwa cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi virus Varicella zoster yang menyebabkan terjadinya ruam pada kulit berupa bintik-bintik kecil, melepuh dan terasa gatal. Orang yang sudah pernah terkena virus cacar air, tubuhnya akan membentuk antibodi atau sistem kekebalan tubuh terhadap virus Varicella zoster sehingga di kemudian hari orang tersebut tidak akan terserang dan tertular penyakit cacar air. [1]  Itulah sebabnya mengapa penyakit ini hanya akan dialami sekali seumur hidup.

Agar penyakit cacar air tidak berbahaya akibat infeksi bakteri dan komplikasi, sebaiknya jagalah kebersihan tubuh dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, memotong kuku yang panjang, sering mandi, memakai pakaian yang sudah dicuci bersih dan mengganti pakaian jika sudah dirasa kotor atau terasa tidak nyaman. Dengan menjaga kebersihan tubuh, secara otomatis penyembuhan penyakit cacar menjadi lebih cepat.

Apabila penyakit cacar sudah sembuh, hal yang paling disebalkan dan menjadi PR tersendiri adalah bekas yang ditinggalkan oleh penyakit ini, terlebih lagi jika menimbulkan banyak bekas pada area muka. Hal ini tentunya sangat menganggu penampilan dan akan membuat orang yang mengalaminya menjadi kurang percaya diri.

Walaupun bekas cacar tersebut dapat hilang dengan sendirinya karena proses regenerasi kulit, tetapi akan membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan ada beberapa bekas cacar yang tidak dapat hilang dengan sendirinya karena beberapa faktor tertentu, salah satunya adalah bekas yang terlalu dalam (bopeng).

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas cacar adalah dengan menggunakan salep untuk kulit. Namun, kita semua pasti sudah mengetahui bahwa ada banyak sekali salep yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka maupun bekas cacar. Lantas, jenis salep apa yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas cacar?


Salep penghilang bekas cacar lama di muka

Jenis salep yang direkomendasikan untuk menghilangkan bekas luka adalah bioplacenton. Salep ini biasa digunakan untuk menghilangkan bekas luka akibat luka bakar. Akan tetapi, salep bioplacenton juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas cacar terutama pada bagian wajah. Salep ini berbentuk gel dan bersifat dingin ketika digunakan sehingga tidak akan menimbulkan rasa perih.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari dosis-obat.blogspot.co.id, di dalam salep bioplacenton terdapat kandungan neomycin sulfat sebanyak 0.5%, kandungan jelly base dan ekstra plasenta sebanyak 10%. Kandungan ekstra placenta dan neomycin sulfate tersebut merupakan antibiotik yang berfungsi sebagai perawat luka yang efektif. Kandungan ekstra plasentanya sendiri mempunyai kemampuan untuk mempercepat proses regenerasi sel dan mampu menyembuhkan luka. Sementara untuk kandungan neomycin sulfate berguna sebagai antibiotik yang dapat membunuh beragam jenis kuman.[2] 

Salep bioplacenton dapat digunakan tiap 4 – 6 jam sekali sesuai dengan kebutuhan. Walaupun fungsi utamanya adalah mengobati luka bakar dan menghilangkan bekas luka bakar. Namun, salep ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka lainnya dan dapat juga digunakan untuk menghilangkan bekas cacar. Apabila, pembaca masih ragu untuk menggunakan salep ini sebaiknya konsultasikan kepada dokter. Jika benar diperbolehkan salep ini untuk menghilangkan bekas luka, sebaiknya gunakanlah secara bijaksana atau sesuai dengan dosis dan aturan yang berlaku.

Sebelum menggunakan salep ini, penting juga untuk mengetahui dan membaca informasi yang terdapat di balik kemasan produk. Salep bioplacenton merupakan salah satu jenis salep yang tidak dijual bebas di pasaran. Oleh karena itu, salep ini hanya bisa didapatkan di apotik-apotik terdekat di Indonesia. Sedangkan untuk harganya sendiri bervariasi karena tergantung pada ukuran yang dipilih. Untuk kemasan 15 gram, salep bioplacenton dihargai sekitar Rp 12.000 – Rp 15.000,-. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dan harga setiap tempat berbeda-beda.

Nah, itulah tadi pembahasan seputar salep penghilang bekas cacar. Demikianlah, mohon maaf apabila terdapat kekurangan ataupun ada kesalahan. Terima kasih sudah membaca dan meluangkan waktu serta semoga bermanfaat maupun membantu menambah wawasan Anda!

Referensi:
[1] Organisasi.org, “Pencegahan, Penyebab, Gejala, Pengobatan Penyakit Cacar Air – Informasi Kesehatan” diakses dari http://www.organisasi.org/1970/01/pencegahan-penyebab-gejala-pengobatan-penyakit-cacar-air-informasi-kesehatan.html 30 November 2015
[2] “Dosis-obat.blogspot.co.id Bioplasenton Salep/Krin” diakses dari http://dosis-obat.blogspot.co.id/2015/06/dosis-obat-bioplacenton-salepkrim.html 30 November 2015

Advertisement:

Baca Juga Artikel Ini: